Mau Sukses Lulus Seleksi? Coba Ikuti Bimbel CPNS Ini

By 16/05/2020 Indonesia
bimbel cpns

Bimbel CPNS – Ada banyak faktor yang mempengaruhi kelulusan dalam mengikuti tes CPNS. Penerimaan Pegawai Negeri Sipil di Indonesia ini terdiri dari beberapa rangkaian tes yang diadakan selama beberapa bulan.

Karena diikuti oleh jutaan masyarakat Indonesia, maka untuk bisa lulus pun masing-masing individu akan mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan diri menjadi salah satu faktor penentu selain keberuntungan yang bisa kamu lakukan untuk bisa lulus dari tes CPNS. Belajar, belajar dan belajar mungkin terdengar klise tapi nyatanya dengan belajar kamu bisa lebih siap untuk menghadapi rangkaian tes yang cukup panjang.

Ada banyak sekali cara belajar dan yang dianggap paling efektif adalah dengan mengikuti bimbel CPNS. Melalui bimbel kamu akan meningkatkan kesempatan lulus semua rangkaian tes dengan lebih mudah dan percaya diri.

Apa saja manfaat dan materi yang dipelajari selama bimbel? Bagaimana cara bisa lulus tes CPNS dengan mudah? Temukan jawabannya disini.

Manfaat Mengikuti Bimbel CPNS

bimbingan belajar cpns
Banyak yang mengira bahwa manfaat utama mengikuti bimbel adalah memastikan bahwa kamu lulus tes nantinya.

Tidak ada garansi bahwa kamu pasti lulus jika mengikuti bimbel. Karena tujuan mengikuti kursus adalah untuk lebih mematangkan materi tes dengan belajar. Tidak ada jaminan dan jika tempat kursus CPNS menjanjikan hal tersebut kamu perlu meragukannya.

Baca Juga:  7 Tips Mencari Tempat Kursus CPNS untuk Persiapan Terbaik

Manfaat ikuti kursus CPNS bukan untuk bersantai dan kamu pasti lulus tes. Justru selama beberapa bulan sebelum tes kamu harus terus berusaha dan belajar.

Beberapa manfaat lain justru akan didapatkan yang nantinya membantumu untuk bisa mengerjakan tes dengan lebih mudah. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Memberikan Motivasi supaya Lulus

Motivasi sangatlah penting bagi siapa saja yang mengikuti tes CPNS. Tanpa memiliki motivasi kamu tidak akan bisa mengerjakan tes dengan lebih percaya diri.

Melalui bimbel kamu akan mendapatkan berbagai macam motivasi, bahkan ada kelas khusus untuk meningkatkan motivasi. Jadi bukan hanya sekedar belajar mengerjakan soal dan mendengarkan pembahasannya saja.

2. Modul Belajar yang Sudah Disusun Rapi

Perbedaan yang sangat besar sangat dirasakan ketika kamu belajar sendiri dengan mengerjakan soal di buka dengan mengikuti kursus.

Jika belajar sendiri, kamu tidak mendapatkan modul yang telah disusun dengan tepat. Melalui modul kamu akan lebih paham dan susunan materi yang harus dipelajari sangat jelas. Modul sangat membantu kegiatan belajar untuk mempermudah materi tes dipelajari.

3. Belajar dengan Tenaga Ahli Langsung

Bimbel yang berkualitas selalu menyediakan tenaga pengajar yang profesional. Bukan sekedar tutor yang menjelaskan dan kisi-kisi soal saja tetapi juga berpengalaman mengerjakan tes CPNS.

Melalui pengalaman ini, para tutor akan membagikan tips dan trik mereka ketika mengerjakan. Sehingga kamu cukup mencontoh semua tips dan trik yang diberikan supaya bisa lulus semua tes.

4. Latihan Mengerjakan Tes

Satu hal yang tidak ketinggalan manfaat mengikuti bimbel CPNS adalah kamu bisa mengikuti try out. Pengalaman mengerjakan tes dan mengetahui skor yang dimiliki sangat penting untuk mengetahui kelemahan dan membiasakan diri dengan situasi tes.

Di tempat kursus kamu bisa mengikuti latihan tes ini agar terbiasa dan mengetahui kelemahan mana saja yang harus diperbaiki.

Semua manfaat ini akan kamu dapatkan jika memilih tempat kursus terbaik dan tepat. Disamping itu kursus akan memberikan lebih banyak dampak positif dalam mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS.

Materi Tes CPNS yang Harus Dipelajari di Bimbel

Materi Tes CPNS
Masuk pada materi, di dalam modul yang akan kamu dapatkan ada banyak sekali materi yang diberikan. Masing-masing materi adalah cerminan dari tes yang akan dihadapi kelak. Dalam rangkaian tes, ada tiga tahapan yang akan kamu hadapi yaitu seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar (SKD) dan seleksi kemampuan bidang (SKB).

Di tempat bimbingan belajar CPNS kamu bisa belajar untuk siap menghadapi SKD dan SKB. SKD sendiri adalah seleksi dasar dengan sistem computer assisted test atau CAT.

Dalam tes SKD ada tiga jenis pokok tes yang masing-masing akan menjadi materi di tempat bimbel. Berikut ini ketiga materi yang akan disusun rapi dalam modul belajar.

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Materi yang paling banyak dipelajari adalah mengenai wawasan kebangsaan. Saat tes kamu akan diuji soal mengenai nasionalisme, bahasa Indonesia, integritas dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu menghafalkan undang-undang dasar 1945, pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan semua mengenai sistem tata negara akan dipelajari.

2. Tes Intelegensia Umum (TIU)

Selain mengenai pengetahuan kebangsaan, materi yang juga banyak dipelajari adalah tentang kemampuan intelegensi.

Tes ini bisa dibilang seperti psikotes karena tujuannya untuk mengetahui kemampuan seperti verbal, numerik, berpikir logis, analitis dan mental.

Kemampuan berhitung dan membaca akan sering diperlihatkan melalui tes. Jadi materi belajar yang banyak diberikan adalah seputar tes tersebut.

Baca Juga:  Berencana Mendaftar CPNS untuk Lulusan SMA? Ini Persiapannya

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Pada bagian akhir tes CAT, kamu akan mengerjakan soal yang menguji kepribadian. Di soal ini tidak ada jawaban yang benar dan salah karena tujuannya adalah mengukur kepribadian. Walaupun kelihatannya tes ini tidak menentukan nilai, tapi juga menentukan kelulusan. Kamu akan belajar mana saja jawaban yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Materi yang berhubungan dengan TKP adalah kemampuan mengendalikan diri, orientasi dengan orang lain, integritas diri, profesionalisme, sosial budaya, teknologi informasi, dll.

Tips Mencari Tempat Bimbel CPNS Berkualitas

Tips Mencari Tempat Bimbel CPNS Berkualitas
Mengingat mengikuti bimbingan belajar begitu bermanfaat tentunya kamu harus segera mencari yang terbaik. Ada begitu banyak pilihan bimbel, namun supaya tidak salah memilih ikuti beberapa tips mencarinya berikut ini:

1. Ketahui dahulu fasilitas yang diberikan

Fasilitas menjadi faktor penting untuk menilai apakah tempat kursus tersebut berkualitas atau tidak. Fasilitas standar yang setidaknya harus dimiliki adalah kelas yang nyaman, tidak bising dari suara kendaraan atau dari luar.

Ruang kelas juga ber AC supaya tidak panas untuk meningkatkan konsentrasi. Setiap kelas juga hanya terdiri maksimal 15 siswa saja supaya kegiatan belajar mengajar lebih nyaman.

2. Siapa Saja Pengajar yang Menjadi Tutor?

Kenali juga siapa yang akan menjadi tutor untuk mengajar di setiap kelas. Lihat apa saja pengalaman dari masing-masing tutor, jika perlu ikuti satu kelasnya untuk mengetahui bagaimana teknik pengajaran yang dilakukan.

Jika kamu merasa nyaman maka bisa langsung mengikuti kursus. Teknik mengajar yang nyaman akan mempengaruhi apakah kamu nantinya bisa belajar dengan nyaman dan fokus.

3. Lokasi Tempat Bimbel

Lokasi juga menjadi penentu yang sangat penting. Jika terlalu jauh maka akan mempengaruhi kegiatan dan bisa mengurangi fokus belajar. Karena untuk menuju tempat yang terlalu jauh akan mempengaruhi masalah fisik. Selain masalah fisik, kamu juga akan menghabiskan waktu untuk perjalanan.

Kecuali tempat kursus tersebut menawarkan kelas kursus yang privat yang membuat kelas belajar bisa dilakukan di rumah. Sangat penting untuk mengikuti bimbel CPNS supaya lebih termotivasi dan mengikuti rangkaian tes dengan lebih maksimal.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×