Informasi Terbaru Biaya Kuliah di Turki dengan Jalur Mandiri

By 29/07/2020 Turki
biaya kuliah di turki

Biaya Kuliah di Turki – Belajar di luar negeri? Siapa yang tidak ingin apalagi jika bisa kuliah di negara maju seperti Amerika dan Inggris. Tapi kamu harus mempersiapkan diri dan juga finansial yang tidak sedikit. Dibandingkan negara-negara tersebut Turki adalah salah satu tempat yang tidak terlalu terdengar menarik apalagi untuk studi.

Turki lebih sering menjadi tujuan negara wisata karena ada banyak tempat bersejarah di sana. Tapi bukan berarti juga Turki tidak memiliki daya tarik dari segi pendidikannya. Walaupun tidak terdengar santer seperti Inggris dan Amerika, negara Turki juga membuka jalur untuk mahasiswa negara lain supaya bisa kuliah di sana.

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan Turki perlu masuk ke dalam daftar pilih seperti biaya kuliah di Turki dan hidup yang tidak mahal. Cukup banyak juga mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 di Turki. Jika kamu tertarik, perlu nih untuk jadi wacana.

Mengapa Memilih Turki sebagai Tujuan Studi

Memilih Turki sebagai Tujuan Studi

Alasan untuk melanjutkan studi di Turki bukan hanya karena biayanya saja yang murah. Ada beberapa alasan lainnya mengapa Turki perlu dipertimbangkan sebagai tempat kuliah di masa depan. Yuk simak beberapa alasannya berikut.

1. Sistem edukasi yang maju

Banyak universitas terbaik di Turki yang didirikan belum lama tetapi sudah memiliki peringkat terbaik di dunia. Tidak banyak orang tahu bahwa Turki telah menjadi negara maju di beberapa bidang. Secara umum, Turki telah memiliki perekonomian dan pendidikan yang maju sejak lama.

Memulai dari tahun 1980 kebanyakan universitas di Turki telah masuk peringkat 40 besar dunia khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan alam. Pada tahun 2010 saja Turkti masiuk ke dalam 17 negara terbaik dalam bidang penelitian science.

2. Bisa belajar dengan bahasa Inggris

Tak seperti Jerman, Perancis atau Italia yang mengharuskan mahasiswa internasional untuk menguasai bahasa asli mereka. Jika kamu kuliah di Turki bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. Jadi untuk masuk kamu cukup mempersiapkan skor TOEFL atau IELTS yang tinggi sesuai persyaratan yang diajukan.

Baca Juga:  Tak Perlu Pikir Panjang untuk Kuliah di Turki, Ini Caranya

3. Pusat berbagai macam budaya

Belajar ke Turki bisa memperluas pandangan kamu tentang budaya. Hingga saat ini, Turki telah menjadi rumah belajar bagi mahasiswa yang berasal dari 180 negara.

Artinya ada begitu banyak kebudayaan yang berpadu di negara ini. Selain itu, letak negara Turki yang berada di antara Eropa dan Asia membuatnya memiliki sejarah budaya menarik untuk dipelajari.

4. Ekonomi dan politik yang kuat

Walaupun masih sebagai negara berkembang, Turki menduduki peringkat ke 16 sebagai negara terkuat dari segi ekonomi dan politik. Fakta ini menjadikan Turki sebagai negara yang terbaik untuk belajar. Kamu bisa mendapat pendidikan kelas internasional tetapi dengan biaya lebih rendah dibandingkan negara di Uni Eropa.

Perkiraan Biaya Kuliah di Turki dengan Jalur Mandiri

Melanjutkan pendidikan di Turki memang menguntungkan, tapi bagaimana dengan biaya kuliahnya? Turki mematok harga murah untuk mahasiswa internasional dan tidak dibedakan dengan mahasiswa lokal.

Sebagai gambaran, biaya kuliah di Fakultas Universitas Suleyman Demirel hanya 3,5 juta per semesternya. Bukankah jauh lebih murah dibandingkan dengan kuliah kedokteran di Indonesia yang mencapai ratusan juta?

Jika ingin bisa kuliah di Turki dengan biaya murah sebaiknya kamu memilih jalur mandiri. Melalui jalur ini artinya kamu akan mengurus berbagai keperluan sendiri, mulai dari ujian masuk, mencari berbagai informasi hingga diterima. Selain jalur mandiri, ada juga melalui agen tapi jika memilih agen kamu perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Agen bisa dibilang sebagai penyalur mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Kamu akan diberikan pilihan universitas mana yang diinginkan kemudian dibantu sampai masuk. Bisa dibilang cara praktis karena kamu hanya perlu membayar agen saja. Tapi kembali lagi, jika melalui agen kamu akan minim informasi mengenai langkah-langkah masuknya dan biayanya sangat tinggi.

Rincian Biaya Kuliah di Turki dengan Jalur Mandiri

Rincian Biaya Kuliah di Turki dengan Jalur Mandiri

Jalur mandiri selain murah membuat kamu tahu informasi lengkap mengenai proses pendaftaran di universitas Turki. Selain itu kamu juga tahu benar berapa biaya yang memang seharusnya dikeluarkan. Kamu juga bebas memilih jurusan dan universitas sesuai yang diinginkan.

Rincian biaya kuliah di Turki untuk beberapa universitas negeri yang perlu dipersiapkan secara umum adalah sebagai berikut:

1. Biaya kuliah per semester

Apabila dibandingkan, biaya kuliah di universitas negeri lebih murah dibandingkan university swasta. Jadi sebaiknya prioritaskan pilihanmu ke universitas negeri. Untuk biaya kuliah di universitas negeri yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Turki membutuhkan biaya 100 sampai 200 dolar Amerika. Jika dirupiahkan biayanya mencapai 1,5 juta sampai 3 juta rupiah per semesternya.

Biaya tersebut dibebankan untuk mahasiswa Turki dan mahasiswa dari wilayah Kazakhstan, Mongolia, Ukraina, Uzbekistan, Moldova, Macedonia dan negara sekitar. Sedangkan karena berasal dari Indonesia maka biaya yang dibebankan adalah untuk mahasiswa internasional. Besaran biayanya adalah 300 sampai 600 dolar Amerika atau setara dengan 4,5 juta sampai 9 juta.

Apabila ingin mengambil jurusan dengan pengantar bahasa Inggris, biasanya akan lebih mahal yakni 600 – 1.500 dolar.

Biaya tersebut juga bisa loh dibantu dengan beasiswa baik itu full atau tidak. Jika kamu tidak mendapatkan beasiswa Turki full, biasanya beasiswa akan membantu 30-40% dari biaya kuliah. Selama kuliah kamu juga bekerja part time untuk bisa sebagai tambahan membayar biaya kuliah.

Baca Juga:  Mengintip Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki, Mahalkah?

2. Biaya hidup selama di Turki

Tak hanya biaya kuliah saja yang dipertimbangkan, kamu juga harus merinci berapa biaya hidup yang harus dipenuhi. Tenang saja, sama seperti biaya kuliah di Turki biaya hidupnya cukup murah atau terjangkau. Mulai dari akomodasi, kamu bisa sewa rumah tipe studio yang biayanya sekitar 500-800 lira jika dirupiahkan menjadi 1,75 juta hingga 2,8 juta per bulannya.

Biasanya untuk sewa rumah kamu perlu melakukan deposito selama dua bulan jadi siapkan biaya dua kali lipat dari sewa bulanan. Selanjutnya adalah kebutuhan listrik, gas, air dan WiFi bulanan bisa mencapai 340 – 625 lira. Siapkan juga uang belanja bulanan untuk konsumsi makanan sebesar 100 lira. Kamu bisa memasak sendiri di rumah supaya lebih hemat.

Untuk transportasi jika kamu tidak terlalu sering bepergian ke luar kota bisa berlangganan bus sebesar 85 lira. Kamu bisa pulang pergi ke kampus menggunakan angkutan umum.

Virtu Education Memudahkan Kuliah di Turki Jalur Mandiri

cara kuliah di turki dengan jalur mandiri

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk kuliah setelah dilihat biaya kuliah di Turki yang begitu murah? Belum lagi biaya hidupnya yang cukup terjangkau untuk mahasiswa. Jika kamu ingin masuk dengan jalur mandiri, sebaiknya persiapkan diri dari sekarang. Kamu bisa mengikuti program kuliah di Turki melalui Virtu Education.

Baca Juga:  10 Universitas Terbaik di Turki, Mana Pilihanmu?

Bersama Virtu kamu akan dibimbing dan dijelaskan bagaimana cara kuliah di Turki melalui jalur mandiri. Tenang saja berbeda dengan agen, karena kamu tidak akan membayar mahal. Semua informasi lengkap diberikan serta trik bagaimana dapat lulus ujian masuk ke universitas negeri.

Satu hal lagi, sudah banyak mahasiswa yang masuk ke universitas di Turki melalui Virtu. Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini untuk masa depan kamu yang lebih baik.

×