Biaya, Syarat, dan Jurusan Kuliah di Jerman

By 06/12/2018 Jerman
syarat kuliah di jerman

Syarat Kuliah di Jerman – Bagi seorang mahasiswa yang memperhitungkan lingkungan kuliah, selain kampus itu sendiri, Jerman menjadi salah satu negara yang tepat dipilih. Dengan fasilitas umum yang memadai, kehidupan berbudaya, dan cara pandang masyarakatnya yang produktif tidak heran jika negara federal ini menjadi destinasi pendidikan.

Tidak kurang dari 300 ribu mahasiswa yang berasal dari berbagai dunia telah datang ke Jerman untuk menempuh pendidikan. Jumlah tersebut semakin bertambah seiring bergantinya tahun. Dengan begitu, secara otomatis Jerman akan menjadi tempat dengan komunitas manusia plural yang cukup baik.

Keramahannya pada mahasiswa internasional tidak hanya terletak pada mutu pendidikannya, namun juga dari kebijakan yang menguntungkan mahasiswa. Salah satu yang paling memudahkan adalah kebijakan kuliah gratis untuk semua universitas pada jenjang strata-1.

Biaya Kuliah di Jerman

Semua 13 negara bagian dan 3 kota setara negara bagian di Jerman telah mengambil keputusan untuk mengratiskan biaya kuliah di universitas yang terletak di wilayah mereka. Hal itu tidak terkecuali untuk mahasiswa yang berasal dari luar Jerman.

Namun, jangan juga dikira Anda lalu bisa berangkat dengan kaos oblong begitu saja. Tentu saja masih ada beberapa biaya kecil yang harus dibayarkan, yaitu untuk membayar student card seharga sekitar 250 euro per bulannya.

Student card tersebut akan berguna bagi Anda saat menghadiri festival, menggunakan fasilitas umum seperti bus, atau pun untuk masuk museum. Dengan student card tersebut, Anda sudah bebas biaya.

Nah, lupakan soal pembiayaan kuliah di Jerman karena semua itu gratis alias bebas biaya. Yang perlu Anda perhatikan justru persyaratan lain yang harus terpenuhi, seperti sebagai berikut.

biaya kuliah di jerman

1. Tabungan sebagai Jaminan Visa Studi

Meskipun tidak digunakan, tetapi kamu diharuskan untuk memiliki simpanan sebanyak 8700 euro di buku tabungan. Uang itu dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, namun harus kembali ke jumlah tersebut setiap akhir tahun. Hal itu digunakan supaya dapat dipastikan kamu adalah warga asing yang siap tinggal di Jerman.

Baca Juga:  Mengenal Budaya Jerman dari Arsitektur, Seni dan Sosial

2. Biaya untuk Asuransi Kesehatan

Jangan disamakan dengan kuliah dalam negeri yang mengizinkan mahasiswanya terkena maag setiap akhir bulan, universitas di Jerman meminta agar kesehatan mahasiswanya dapat terjamin melalui asuransi kesehatan. Rata-rata biaya asuransi untuk kesehatan adalah sebesar 80 euro per bulan.

3. Biaya Sewa Tempat Tinggal

Sama seperti di kebanyakan tempat, harga sewa kamar di Jerman juga bergantung pada eksklusivitasnya. Selain itu juga tergantung di mana kota letak kos-kosan tersebut.

Rata-rata mahasiswa di sana akan menghabiskan sekitar 210 euro per bulan untuk membayar tempat tingal. Itu belum termasuk listrik yang bisa mencapai 100 euro per bulannya.

4. Biaya Makan Sehari-Hari

Pengeluaran uang untuk makan sehari-hari adalah biaya yang biasanya ditekan bagi mereka yang ingin menghemat budget. Namun, perlu Anda ketahui bahwa musim di Jerman berbeda dari musim di Indonesia. Ada beberapa cuaca yang tidak memungkinkan Anda tidak makan daging. Seirit-iritnya Anda, setidaknya akan mengeluarkan sekitar 200 euro per tahun.

perlengkapan kuliah5. Biaya Peralatan Belajar

Beberapa kampus di Jerman sudah memberikan kebijakan fotocopy gratis, namun beberapa yang lain tidak. Jika Anda harus melakukan fotocopy berbayar, harus Anda tahu bahwa teknik semacam itu di sana tidaklah murah. Untuk itu, perlu disiapkan biaya untuk keperluan bahan belajar setidaknya 30 euro per bulan.

6. Biaya untuk Pakaian

Enaknya tinggal di Indonesia adalah bisa menggunakan kaos oblong di semua musim. Namun, di Jerman hal itu tidak berlaku. Anda harus memiliki baju khusus di musim dingin, juga baju khusus di musim panas. Untuk itu, masalah pakaian harus dianggarkan juga, sekitar 30 euro per bulan atau sesuai gaya berpakaian yang Anda lakukan.

Baca Juga:  4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya

Jurusan Kuliah di Jerman

Kamu tidak perlu membandingkan betul-betul antara satu universitas dengan universitas lain di Jerman. di negara itu, antar universitas tidak memiliki perbedaan yang jomblang seperti di Indonesia. Yang perlu Anda perhatikan hanya apakah jurusan kuliah di Jerman yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

Nah, berikut ini adalah universitas yang banyak didatangi mahasiswa karena menyediakan jurusan yang beragam.

1. Universitas Teknik Munchen atau Technische Universitas Munchen.

Kampus ini diunggulkan oleh mahasiswa yang menyukai riset. Jurusan yang ada pada kampus terunggul Jerman ini seperti teknik, kedokteran, ilmu alam, dan ekonomi.

2. Universitas Ruprecht-Karls Heiderberg atau Ruprecht-Karls-Universitat Heiderberg

Universitas yang ada satu tempat di bawah Technische Universitas Munchen ini terletak di Kota Heidelberg. Meskipun bukan yang terbaik, namun terbukti sebagai yang tertua di Jerman dan tetap menjalankan fungsinya tanpa henti dari awal berdiri.

kampus jerman

3. Universitas Ludwig –Maximilians atau Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen

Lagi-lagi terletak di Munchen, Ibukota Bevaria. Karena menjadi salah satu kampus yang bergengsi di Eropa, kampus ini pun dijuluki sebagai kampus riset. Kampus inilah yang mengangkat nama Kota Munchen sebagai kota terkemuka.

4. Institut Teknologi Kit, Karlsruher atau Kit, Karlsruher Institus Fur Technologie

Pada ranking dunia, universitas ini keluar masuk 100 peringkat terbaik. Meskipun begitu, mahasiswa yang menginginkan pendidikan teknologi menjadikan kampus ini sebagai favorit.

5. Universitas Freie atau Freie Universitat Berlin

Baca Juga:  8 Tempat Wisata di Jerman yang Bisa Dikunjungi Saat Berlibur

Sebagai kota yang penting, Berlin juga menyumbang lembaga pendidikan yang menjanjikan sengan kajian paling terkenalnya adalah soal ilmu sosial. Walaupun begitu, Universitas Freie masih 200 besar terbaik kampus di dunia.

6. Universitas Humboldt atau Humboldt-Universitat Berlin Zu

Masih terletak di Berlin, Humboldt-Universitat Berlin Zu juga menjadi salah satu tujuan mahasiswa. Kajian ilmu yang ditawarkan di sana adalah bidang ekonomi, sejarah, dan ilmu pengetahuan alam.

jurusan kuliah jerman

7. Universitas Freiburg atau Universitat Freiburg

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa universitas di Jerman memiliki kualitas yang rata-rata hampir sama. Begitu juga dengan universitas Freiburg. Meskipun tidak termasuk jajaran universitas terbaik, namun kampus yang satu ini dituju mahasiswa dengan disiplin ilmu yang diharapkan adalah ilmu alam, ilmu sosial, dan humaniora.

8. Rheinisch-Westfalische Technische Hochschule Aanchen

Salah satu kota di negara bagian Jerman, Aachen, juga menyumbangkan satu nama dalam perihal kampus terbaik ranking dunia. Meskipun peringkat dunianya tidak kurang dari 100, namun universitas ini dikenal sebagai salah satu pendiri IDEA League.

9. Universitas Georg-August atau Georg-August-Universitat Gottingen

Kampus tua ini sudah ada sejak tahun 1734. Ketika itu, raja George II-lah yang membangunnya. Kini, universitas ini memiliki ranking dunia 168.

10. Universitas Eberhard Karls atau Eberhard Karls Universitat Tubingen

Jika Anda seorang mahasiswa yang memperhitungkan lingkungan di mana kampus itu berada, maka universitas yang satu ini dapat dicoba. Anda akan merasa nyaman dengan fakta bahwa kebanyakan warga di sekitarnya adalah orang terpelajar.

Nah, untuk kalian yang masih ragu dengan biaya, syarat dan jurusan kuliah di Jerman, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu mengenai bahasa hingga perencanaan selama di Jerman, di Virtu Education.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply