Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa Program Kedokteran

By 08/11/2018 Jerman

Biaya Kuliah di Jerman Tanpa Beasiswa – Pernahkah Anda berangan-angan untuk belajar S1 atau S2 bahkan S3 di Jerman? Banyak universitas terkenal segala jurusan tersedia di Jerman bahkan jika Anda bisa lancar dalam studi kesempatan mendapatkan beasiswa terbuka sangat lebar.

Ada banyak beasiswa yang disediakan pemerintah Jerman atau swasta yang bisa diikuti. Tapi apakah semua biaya sudah tercover jika penerimaan beasiswa?

Jika seseorang mendapatkan beasiswa maka biaya kuliah, tempat tinggal hingga transportasi akan ditanggung. Beberapa beasiswa juga telah menyediakan uang saku untuk setiap penerima beasiswa. Jadi bila dihitung-hitung biaya yang dikeluarkan untuk diri sendiri sangat minim.

Lalu bagaimana jika Anda ternyata tidak lolos dalam mendapatkan beasiswa? Jika masih berniat untuk bisa kuliah di Jerman khususnya untuk jurusan kedokteran Anda harus tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan.

Apakah biayanya juga mahal seperti kuliah kedokteran di Indonesia yang mencapai ratusan juta rupiah? Belum lagi masa studi yang sangat lama akan menambah beban biaya yang dikeluarkan.

biaya kuliah di jerman tanpa beasiswaSebagai bocoran berikut ini biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa pada beberapa universitas kedokteran.

1. Johannes Gutenberg University Mainz

Universitas ini memiliki sekitar 31.500 siswa yang berasal dari 120 negara. Sekolah ini merupakan salah satu inversitas terbesar yang ada di Jerman dan memiliki kedisiplinan akademik yang tinggi.

Baca Juga:  8 Kebiasaan Orang Jerman ketika Berada di Restoran

Sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik, sekolah ini menjadi satu atap dengan rumah sakit universitas yang bernama sama. Fasilitas ini memudahkan para siswa untuk bisa praktek di rumah sakit secara langsung.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk sekolah di sini? Untuk jurusan kedokteran Anda perlu mengeluarkan uang sebesar 500 hingga 600 euro. Baiya tersebut setara dengan 7 juta rupiah per semesternya.

2. Universitas Heidelberg

Sama seperti Universitas Mainz, di Heilderberg para mahasiswa juga berkesempatan untuk magang dan bekerja di rumah sakit universitas Heidelberg.

Rumah sakit dan sekolah ini adalah yang paling lama atau tertua yang sudah didirikan lebih dari 60 tahun. Sekolah ini yang paling terkenal dan paling banyak diminati ada sekitar 29 ribu siswa yang bersekolah di berbagai jurusan salah satunya kedokteran.

Tidak seperti universitas Mainz, biaya untuk bisa menempuh satu semester di universitas ini sedikit lebih mahal yakni mencapai 600 hingga 700 euro. Jika dirupiahkan mencapai 9 jutaan rupiah.

kuliah di jerman3. Universitätsmedizin Berlin

Berada di ibukota Jerman, universitas ini juga memiliki rumah sakit yang terbesar di Jerman. Universitas ini menampung 7 ribu siswa hanya khusus untuk jurusan kedokteran.

Selain itu peralatan yang digunakan adalah peralatan modern. Tidak heran jika universitas ini banyak dipilih untuk penelitian dan pengembangan obat bahkan teknik dalam kedokteran.

Baca Juga:  4 Kata Bijak Bahasa Perancis yang Terkenal dan Artinya

Kualitas pengajaran sesuai dengan biaya kuliah yang dibebankan yakni mencapai 750 euro per semesternya yakni sekitar 10 jutaan per semesternya.

4. Universität Leipzig

Sebagai universitas yang paling tua di Jerman, pengajaran dan juga materi kedokteran yang disampaikan universitas ini cukup maju. Anda tidak akan kecewa jika masuk jurusan kedokteran di universitas Leipzig. Terdapat juga rumah sakit universitas yang bisa digunakan praktek oleh mahasiswa.

Biaya untuk bisa masuk dan sekolah di sini per semesternya mencapai 500 euro sekitar 7 juta rupiah.

Nah inilah daftar biaya kuliah di Jerman tanpa beasiswa di beberapa universitas kedokteran ternama. Biaya hidup dan tempat tinggal juga perlu diperhitungkan karena akan berbeda di setiap lokasi universitas.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply