Berapa Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah

By 13/12/2018 Jerman

Biaya Kuliah di Jerman dalam Rupiah – Mendapatkan beasiswa atau tidak bagi kamu yang ingin kuliah di Jerman harus tahu berapa biaya kuliah dan hidup selama di sana. Mengetahui jumlah biaya hidup di sana akan mempermudah untuk bersiap-siap dalam hal materi untuk bisa mencukupi kebutuhan dengan baik.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi selama tinggal di Jerman selain dari biaya pendidikan. Tempat tinggal, biaya makan, biaya transportasi dan juga visa. Pembiayaan yang diberikan dari beasiswa seringkali terbatas, biasanya beasiswa menanggung biaya akomodasi, visa dan juga pendidikan. Biaya transportasi biasanya terbatas untuk antar kampus saja menggunakan bus.

Sisanya kamu harus menyiapkan biaya sendiri khususnya untuk makan sehari-hari. Bagi yang memiliki keluarga dan akan diajak bersama ke Jerman maka ada biaya lebih lagi yang harus diperhitungkan.

Biaya di kota besar tentu akan berbeda dengan biaya di kota kecil. Per bulannya bagi kamu yang tinggal di kota besar seperti Berlin, Frankfurt atau Dusseldorf biaya yang dibutuhkan adalah 900 hingga 1.400 euro per bulannya yakni 12 hingga 19 juta tergantung gaya hidup. Sedangkan untuk biaya di pinggiran kota seperti Leipzig, Hannover, Freiburg membutuhkan biaya 750 hingga 1.100 euro sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah.

biaya kuliah di jerman dalam rupiah

Berikut ini rincian biaya kuliah di Jerman dalam rupiah yang perlu kamu perhitungkan:

Baca Juga:  Cara Belajar Bahasa Jerman dan Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Biaya pendidikan

Ada beberapa universitas negeri dan swasta yang bisa dipilih, masing-masing memiliki ketentuan biaya berbeda. Misalnya saja untuk universitas gratis kamu bisa memilih kampus Ludwig Maximilian University of Munich dan Humbolt University of Berlin. Ada juga Heidelberg university yang membutuhkan biaya 6 ribu euro per tahun atau setara dengan 85 jutaan.

Biaya pendidikan cukup murah bisa kamu dapatkan di technical university of Munich yakni sekitar 2.000 euro per tahun atau 28 jutaan. Nah sudah jelas bukan berapa biaya pendidikan yang harus dikeluarkan. Bahkan kamu bisa memilih universitas ternama dengan gratis tanpa beasiswa. Cukup penuhi segala persyaratan yang ditentukan dan kamu bisa berkuliah di sana.

2. Tempat tinggal

Tempat tinggal adalah biaya paling tinggi yang harus dipenuhi. Biaya paling murah didapatkan jika kamu tinggal di kampus atau mendapatkan asrama. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 150 euro sekitar 2 jutaan.

Bagi kamu yang menyewa apartemen dan tinggal sendiri bisa memakan baya 360 euro sekitar 5 jutaan. Sedangkan untuk kamu yang membawa anak dan keluarga membutuhkan biaya setidaknya 400 euro sekitar 6 juta.

Bagi kamu yang ingin hemat sebaiknya memilih tinggal di asrama kampus namun tidak sedikit yang ingin tinggal di sana. Akan ada banyak pesaing untuk bisa tinggal di asrama.

makan di jerman

3. Makan

Makan adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya. Biaya untuk makan selama sebulan jika Anda membeli makanan dengan harga murah bisa membutuhkan biaya sekitar 170 euro sekitar 2,5 juta lebih. Namun akan lebih hemat jika kamu bisa memasak sendiri dibandingkan harus membeli makan di restoran.

Baca Juga:  Perbedaan Universitas dan Ausbildung di Jerman Ini Perlu Diketahui

4. Transportasi

Jika kamu hanya akan berpergian di dalam kota saja biaya transport yang dikeluarkan adalah 50 euro yakni 71 ribu rupiah. Namun kamu bisa menyewa sepeda jika ingin lebih hemat lagi. Bersepeda di jalanan Jerman juga sangat indah dan aman.

Nah inilah biaya kuliah di Jerman dalam rupiah yang harus dipenuhi. Dalam program beasiswa sperti DAAD kamu bisa mendapatkan sokongan biaya sampai 600 euro. Jika bersekolah di tempat yang gratis beasiswa yang didapatkan bisa digunakan untuk biaya hidup.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply