Mengintip Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki, Mahalkah?

By 01/07/2020 Turki
Biaya Hidup di Turki

Biaya Hidup di Turki – Dunia akademik yang semakin meluas membuat lebih banyak pilihan bagi mahasiswa internasional untuk mengembangkan ilmunya. Turki menjadi salah satu destinasi terbaik untuk mahasiswa yang sedang mencari pendidikan berkualitas tinggi. Apabila dilihat dari sejarahnya, Turnip Adalah negara yang memiliki sejarah panjang.

Negara yang berada di timur dan barat Eropa dan Asia ini sangat strategis. Turki juga menjadi negara yang memiliki relasi baik dengan negara-negara barat setelah merdeka tahun 1923. Ada begitu banyak sistem yang diadaptasi seperti ekonomi yang membuatnya bertumbuh dengan pesat.

Universitas di Turki memiliki teknik pengajaran modern sehingga cocok untuk mahasiswa internasional. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris dan Turki dalam perkuliahan. Jadi, apakah kamu ingin mempertimbangkan Turki sebagai salah satu negara tujuan belajar? Yuk ketahui berapa biaya kuliah dan biaya hidup di Turki yang harus kamu keluarkan.

Mengapa Memilih Kuliah di Turki?

Kuliah di Turki

Ketika bingung memilih negara mana yang menjadi tujuan kuliah kamu, maka cara terbaik menilainya adalah mengetahui kelebihan yang akan kamu dapatkan. Baik itu dari segi ranking universitas, kebudayaan di negara tersebut hingga bagaimana biaya kuliah dan hidup selama di sana. Ada begitu banyak yang perlu diperhitungkan dan Turki tidak luput untuk bisa dipertimbangkan.

Ada segudang alasan mengapa kuliah di Turki akan menguntungkan di masa depanmu. Lulusan universitas Turki diakui di seluruh dunia, jadi jika kamu ingin bekerja di negara lain pasti akan dilirik. Apa saja alasan kuliah di Turki menguntungkan?

1. Negara Multibudaya yang Baik untuk Memperluas Jaringan

Secara geografis Turki terletak di antara wilayah timur dan barat, jal inilah yang membuat begitu banyak budaya bersatu di sini. Setiap tahunnya lebih dari 50 ribu mahasiswa dari negara lain belajar ke Turki. Mereka berasal dari Eropa, Afrika, Timur Tengah, Asia hingga Amerika.

2. Masyarakat Turki yang Ramah dan Bersahabat

Takut untuk menghadapi penduduk setempat yang sulit dipahami? Jangan khawatir, orang Turki terkenal dengan keramahannya. Mereka mudah menerima orang asing dan sangat humanis.

3. Keadaan Alam yang Patut Dijelajahi

Bagaimana jika kamu kuliah di tempat yang banyak tempat liburannya? Kondisi alam Turki sangat terawat dan terjangkau mulai dari pegunungan dan pantai hingga perkotaan. Selama liburan semester kamu tidak perlu pulang dan bisa menjelajahi keindahan alamnya.

4. Kualitas Pendidikan yang Diakui Dunia

Tidak luput dari pandangan tentunya adalah kualitas pendidikan. Ada begitu banyak universitas di Turki yang menawarkan berbagai bidang ilmu yang bisa dipilih mahasiswa internasional. Kualitasnya pun diakui, buktinya Menurut The Times Higher Education, terdapat 22 universitas di Turki yang masuk 500 terbaik di dunia.

5. Kehidupan Mahasiswa di Turki

Karena masyarakat Turki sangatlah terbuka dan bersahabat, setiap tahun universitas selalu mengadakan festival, kompetisi olahraga, konser dan festival musim semi. Ada begitu banyak kegiatan mahasiswa yang membuat kehidupan pelajar jadi lebih menyenangkan.

Biaya Kuliah di Turki bagi Mahasiswa Internasional

Biaya Kuliah di Turki bagi Mahasiswa InternasionalTidak ketinggalan alasan yang paling penting adalah biaya kuliah dan hidup selama menjalani kehidupan sebagai mahasiswa. Biaya kuliahnya sendiri bervariasi tergantung di universitas mana kamu bersekolah, apakah universitas negeri atau swasta. Pertanyaan ini akan selalu menjadi hal penting bagi mahasiswa.

Bagi mahasiswa yang masuk ke universitas swasta biaya bisa lebih mahal yaitu 3.500 TL hingga 14 ribu TL. Jika dirupiahkan menjadi 75 hingga 300 juta.

Perbandingan yang sangat besar dengan universitas negeri yaitu hanya 1700 TL hingga 10700 TL atau setara dengan 3,6 – 22,5 juta rupiah. Turki adalah negara yang sangat terkenal dengan pendidikan yang tidak mahal, oleh karena itu banyak diminati.

Baca Juga:  Berapakah Biaya Hidup di Perancis Tanpa Beasiswa?

Biaya tersebut adalah biaya per tahun untuk program sarjana yang biasanya dibutuhkan 4 tahun untuk menyelesaikan.

Untuk program master sendiri biaya yang dibutuhkan juga sama, hanya saja yang berbeda adalah waktu menyelesaikan pendidikan. Untuk program master biasanya dibutuhkan dua tahun, sedangkan program PhD membutuhkan 3 tahun penelitian.

Bagi kamu yang berhasil masuk ke universitas swasta jangan khawatir oleh biaya tersebut. Karena ada banyak pilihan beasiswa yang diselenggarakan oleh universitas, swasta hingga pemerintah yang bisa kamu dapatkan.

Biaya Hidup di Turki untuk Mahasiswa

Biaya Hidup di Turki untuk MahasiswaJika biaya kuliah di Turki saja murah dan terjangkau, bagaimana dengan biaya hidupnya? Apakah biaya hidup sebagai mahasiswa di Turki juga murah? Biaya hidup ini bervariasi tergantung dengan gaya hidup seperti apakah yang ingin kamu jalani.

Apakah kamu ingin tinggal di apartemen dengan dapur supaya bisa memasak. Atau kamu ingin tinggal di asrama kampus? Semua hal itu menentukan apakah kamu bisa menghemat pengeluaran.

Pada dasarnya, biaya hidup di Turki per bulan tidaklah mahal, jika dijumlahkan rata-rata bisa mencapai 3 ribu TL – 4 ribu TL atau setara dengan 7 hingga 10 juta rupiah. Sebagai gambaran berikut ini rincian pengeluaran apa saja yang dibutuhkan seorang mahasiswa di Turki.

Baca Juga:  7 Cara Kuliah di Luar Negeri dengan Biaya Lebih Murah

1. Akomodasi

Tempat tinggal bisa menjadi acuan pertama saat menghitung biaya hidup di Turki dalam rupiah. Untungnya negara Turki memiliki berbagai jenis akomodasi yang terjangkau. Termasuk asrama universitas atau apartemen. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak universitas untuk menanyakan soal asrama.

Biasanya biaya asrama adalah 300TL hingga 500 TL per bulan atau setara 600 ribu – 1 juta rupiah. Beruntung jika kamu mendapatkan asrama karena sudah lengkap dengan furniture, wifi dan laundry.

Sedangkan jika kamu tidak mendapatkan asrama, maka harus mencari apartemen. Supaya lebih murah, pilih apartemen yang dihuni oleh teman. Biaya apartemen atau sewa rumah per bulannya adalah 750 – 1.000 TL atau setara 1,7 – 2,3 juta rupiah.

2. Transportasi

Selanjutnya yang harus dihitung adalah biaya transportasi. Jika kamu mendapatkan tempat tinggal yang dekat kampus maka biaya transportasi akan berkurang. Kamu bisa berjalan kaku untuk ke kampus.

Tapi jika mendapatkan tempat yang jauh maka bus bisa menjadi alternatif yang murah. Sekali jalan, biaya bus untuk mahasiswa adalah 1,5 TL atau Rp. 3.500.

Apabila biaya transportasi per bulan untuk ke kampus dengan bus saja maka kamu membutuhkan biaya sebesar 60 TL atau Rp. 140.000. Tambahkan juga biaya transportasi ketika kamu hendak bepergian ke daerah lain saat liburan atau pergi dengan teman.

Baca Juga:  7 Langkah Kuliah di Jerman Gratis Dengan Beasiswa

3.. Konsumsi

Biaya makan di Turki sangat murah, baik itu jika kamu memasak sendiri atau makan di restoran. Berbeda dengan kehidupan di Jerman yang lebih murah jika kamu memasak sendiri.

Menu makan di kantin untuk mahasiswa adalah 5TL atau 10 ribu rupiah. Kamu juga bisa memilih untuk makan sendiri di rumah karena biasanya masjid di Turki membagikan sembako yang isinya beras, mie, telur, minyak, dll.

Jika tidak mendapatkan jatah dari masjid, kamu juga bisa berbelanja sendiri. Roti di Turki berharga 1,25 TL atau sekitar 2 ribuan. Buah dan sayuran per kilonya 2 – 10 TL atau dua ribu hingga dua puluh ribu.

Gula dan garam dijual dengan harga 4 TL atau setara 8 ribuan rupiah. Apabila di total biaya hidup di Turki yang berkucupan untuk konsumsi hanya 80 TL atau 180 ribu rupiah.

4. Akses Internet

Internet kini telah menjadi kebutuhan pokok yang akan mempermudah kamu untuk mengerjakan banyak tugas kuliah.

WiFi biasanya juga sudah disediakan di area kampus yang bisa diakses secara gratis. Jadi kamu hanya membutuhkan akses internet melalui paket data ketika bepergian atau di rumah. Untuk biaya paket data bervariasi mulai dari 20 TL yang setara dengan 45 ribu rupiah.

5. Listrik, Air dan Gas

Biaya lain selain akomodasi yang juga penting adalah keperluan rumah seperti listrik, air, dan gas. Biaya ini juga tergantung dengan pemakaian.

Rata-rata untuk biaya listrik mencapai 73 TL yang setara Rp. 45.000. Biaya air 20 TL setara dengan Rp. 42.000. Biaya gas sebanyak 200 TL atau sama dengan 114 ribu rupiah. Gas sangat penting untuk menjadi penghangat ketika musim dingin tiba.

Nah sudah jelas bukan bahwa biaya hidup di Turki dalam rupiah masih cukup terjangkau. Apalagi jika kamu mendapatkan beasiswa dan bisa kuliah di universitas negeri. Maka semua biaya hidup ini akan tercover oleh beasiswa, jadi kamu tidak mengeluarkan banyak uang.

×