Perkiraan Biaya Hidup di Jepang Untuk Tki Dari Indonesia

By 27/09/2021 Jepang
biaya hidup di jepang untuk tki

Berapa biaya hidup di Jepang untuk TKI Indonesia? Sebab sebagai salah satu negara maju di Asia, Jepang menjadi salah satu incaran dari banyak orang yang ingin menuntut ilmu, belajar hingga bekerja.

Walaupun begitu, tentu saja anda harus mengetahui berapa sih kira-kira kisaran biaya hidup di Jepang, supaya rencana anda untuk bekerja di Jepang berjalan lancar.

Hal ini karena ada banyak orang yang berpendapat jika biaya hidup di Jepang ini mahal, apalagi untuk masyarakat Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh beberapa masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Jepang untuk tujuan liburan.

Setidaknya mereka mengatakan bahwa harus mengeluarkan biaya Rp 100 ribu untuk sekali makan. Untuk itu, anda harus benar-benar bisa mengelola keuangan dengan benar agar bisa bertahan di Jepang saat bekerja menjadi TKI.

Alasan Yang Membuat Biaya Hidup Di Jepang Mahal

Alasan Yang Membuat Biaya Hidup Di Jepang Mahal
Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Jepang menempati posisi ketiga dari negara dengan biaya hidup termahal di Asia tahun 2020. Dimana rata-rata masyarakat Jepang memerlukan biaya Rp 72 juta untuk yang sudah berkeluarga.

Sementara untuk yang masih lajang atau belum menikah membutuhkan biaya Rp 41 juta setiap tahunnya untuk biaya hidup sehari-hari.

Baca Juga: Cara Magang Ke Jepang Tanpa Biaya Dan Keuntungannya

Untuk tempat tinggal di Jepang sendiri, kebanyakan tinggal di apartemen dengan ruangan kecil yang tidak memiliki tempat parkir. Sementara untuk biaya parkir kendaraan di Jepang bisa mencapai Rp 80 ribu per jamnya.

Selain itu, jika anda melihat dari ruang lingkup yang terjadi di Jepang. Rumah di Jepang juga jarang mempunyai tempat parkir.

Hal ini karena kebanyakan masyarakat Jepang cenderung lebih suka memakai transportasi umum.

Untuk biaya sewa dari tempat tinggal di Jepang juga bisa dibilang mahal. Bahkan untuk anda yang ingin menyewa apartemen dengan ukuran 45 meter persegi saja, anda harus membayar biaya Rp 11 juta per bulannya.

Biaya tersebut juga belum termasuk biaya kompor gas, listrik dan kebutuhan rumah lainnya yang jika ditotalkan bisa mencapai 1 juta rupiah per bulan.

Perkiraan Biaya Hidup Di Jepang Untuk TKI

Perkiraan Biaya Hidup Di Jepang Untuk TKIKarena menjadi salah satu negara paling maju di Asia, bahkan di DUnia tentu saja Jepang menjadi rumah untuk berbagai macam perusahaan kelas atas dari bidang industri seperti telekomunikasi, otomotif hingga elektronik.

Oleh sebab itu, tentu saja tidak heran jika banyak orang berminat tinggal atau bekerja di Jepang. Nah untuk anda yang ingin bekerja di Jepang, sebaiknya anda harus menyimak dulu perkiraan biaya hidup di Jepang untuk TKi yang sudah saya tuliskan dibawah ini.

Biaya Untuk Tempat Tinggal

Tentu saja hal paling utama yang harus anda pikirkan saat ingin pergi bekerja di Jepang adalah biaya untuk tempat tinggal.

Dimana biaya untuk akomodasi pastinya akan menjadi pengeluaran yang cukup besar setiap ulannya.

Ada beberapa pilihan hunian di Jepang yang bisa anda pilih, mulai dari asrama, apartemen hingga mansion. Untuk para pekerja atau TKI  Jepang, biasanya mereka akan menyewa apartemen.

Tentu saja harga sewa dari apartemen ditentukan oleh kota, dan juga lokasi apakah berada di lokasi yang strategis, luas dan juga tipe bangunan yang anda pilih.

Untuk di kota yang kurang begitu terkenal, rata-rata harga sewa apartemen yang paling mahal adalah sekitar 20.000 Yen per bulan. Sementara untuk di kota besar, biasanya harga sewa apartemen adalah 40.000 Yen per bulan.

Tentu saja harga sewa di apartemen Tokyo jauh lebih mahal, untuk harga sewa apartemen tertinggi di Tokyo bahkan bisa mencapai 80.000 Yen per bulan.

Untuk sewa apartemen memang hal yang pas untuk kalian yang mungkin masih lajang. Namun untuk anda yang ingin membawa keluarga ke Jepang, rumah adalah hunian yang tepat.

Baca Juga: 7 Info Lowongan TKI Jepang Untuk Lulusan SMA Dan SMK

Tagihan Utilitas Perbulan

Dengan memilih untuk menyewa tempat tinggal seperti apartemen di Jepang, tentunya terdapat biaya tambahan seperti biaya utilitas. Yang mana biaya utilitas ini menjadi salah satu jenis pengeluaran yang tidak mungkin bisa dihindari setiap bulannya.

Jumlah dari tagihan utilitas per bulan dari setiap orang juga berbeda-beda. Hal tersebut kembali lagi pada pemakaiannya.

Untuk rata-rata tagihan gas dan juga listrik di Jepang adalah 2.500 Yen per bulan. Untuk anda yang ingin menggunakan penghangat ruangan, tagihan anda bisa membengkak hingga dua kali lipat.

Biaya Makan dan Minum

Kebutuhan pokok lainnya yang tidak kalah penting untuk bisa bertahan hidup di Jepang tentu saja adalah makanan dan minuman.

Dimana biaya ini tentu saja juga berbeda-beda tergantung dari setiap orang, tergantung dari gaya hidup.

Nah tentu saja untuk anda yang ingin menghemat, pilihan paling murah adalah memasak makanan sendiri.

Anda bisa membeli bahan baku makanan di Seven Eleven, Family Mart dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan harga bahan baku makanan di Indonesia.

Untuk anda yang ingin lebih murah lagi dalam urusan makanan, anda bisa mengunjungi restoran atau rumah makan warteg ala Jepang dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan maan ramen di restoran.

Biaya Transportasi TKI di Jepang

Selanjutnya, guna menunjang mobilitas sehari-hari tentu saja anda juga membutuhkan transportasi.

Dimana terdapat dua jenis alat transportasi di Jepang yakni transportasi umum dan transportasi pribadi.

Untuk pekerja yang berada di Kota, menggunakan transportasi umum adalah pilihan yang tepat.

Hal ini karena selain hemat, dengan menggunakan transportasi umum juga bisa lebih cepat daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Hal ini karena sistem transportasi umum di Jepang sudah terstruktur dengan maksimal. Kereta menjadi salah satu kendaraan umum yang paling banyak digunakan, dimana anda bisa berlangganan tiket bulanan sekitar 10.000 sampai 25.000 Yen perbulan.

Namun untuk anda yang bekerja di desa, mempunyai kendaraan pribadi misalnya seperti sepeda atau mobil adalah pilihan yang tepat. Namun tetap perhatikan juga biaya asuransi serta bensin untuk anda yang memiliki kendaraan pribadi di Jepang.

Sebab tarif bahan bakar dan juga asuransi di Jepang ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan tarif di Indonesia.

Biaya Untuk Komunikasi

Perkiraan biaya hidup di Jepang untuk TKI yang selanjutnya adalah masalah biaya untuk komunikasi.

Dimana agar tetap bisa terhubung dengan keluarga dan kekasih di tanah air, tentu saja anda harus membeli paket data untuk smartphone.

Untuk bisa mendapatkan nomor baru, anda harus mengikuti sistem kontrak di Jepang dengan biaya sekitar 11.000 Yen per bulan. Jika anda sudah memiliki nomor Jepang, anda hanya harus membeli paket data bulanan dengan harga 4.000 Yen per bulan.

biaya hidup di Jepang untuk tki ini sebenarnya bisa dihemat lagi dengan cara memanfaatkan wifi yang berada di tempat umum. Anda juga bisa berlangganan internet Wifi dengan tarif 3.000 sampai 7.000 Yen per bulan.

Asuransi Kesehatan Dan Belanja Bulanan

Menjadi salah satu upaya dari antisipasi, setiap orang yang berada di Jepang tentu saja harus memiliki asuransi. Nah biaya dari iuran asuransi ini berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung juga dari berapa pendapatan bulanan anda.

Untuk pekerja TKI di Jepang, biasanya mereka sudah mendapatkan asuransi kesehatan dari perusahaan tempat mereka bekerja. Jadi anda tidak perlu memikirkan biaya asuransi kesehatan di Jepang.

Sebagai seorang perantau, tentunya anda juga harus berbelanja kebutuhan harian. Kebutuhan harian tersebut seperti bahan masakan, persediaan cemilan, perlengkapan rumah dan perlengkapan kebersihan.

Untuk budget dari belanja setiap orang tentu saja juga berbeda-beda, hal ini juga tergantung dari kebutuhan. Sistem dari belanja juga bervariasi.

Misalnya anda bisa memilih untuk berbelanja untuk kebutuhan mingguan atau bulanan, rata-rata untuk kebutuhan bulanan anda harus mengeluarkan biaya mencapai 45.000 Yen per bulan.

Biaya Kebutuhan Sosial Di Jepang

Banyak orang yang terkadang kelewatan dalam memikirkan anggaran atau biaya hidup di Jepang untuk kebutuhan sosial. 

Padahal terkadang biaya ini adalah biaya yang tidak terduga serta bisa memakan pengeluaran bulanan yang cukup banyak.

Sama seperti kebutuhan lainnya, untuk biaya sosial masing-masing orang tentu saja memiliki kebutuhan yang berbeda. UNtuk anda yang sering nongkrong dengan teman, tentu saja pengeluaran anda akan semakin banyak.

Belum lagi jika anda suka nongkrong di tempat yang mahal dan juga high class. Dimana kebanyakan orang membutuhkan 30.000 yen per bulan untuk mencukupi kebutuhan sosial.

Kebutuhan sosial ini juga tidak hanya sekedar nongkrong di Cafe saja, tapi juga seperti nonton bioskop, datang ke tempat hiburan dan kebutuhan lainnya.

Perkiraan Gaji Tenaga Kerja Asing Di Jepang

Perkiraan Gaji Tenaga Kerja Asing Di JepangSetelah anda mengetahui berapa perkiraan biaya hidup di Jepang untuk TKI, tentu saja anda juga harus mengetahui berapa perkiraan gaji tenaga kerja asing yang ada di Jepang.

Dimana seperti yang sudah disebutkan di atas, jika biaya hidup di beberapa tempat atau kota disesuaikan dengan upah minimum dari setiap pekerja yang ada di kota tersebut.

Nah jika kita lihat, Tokyo adalah ibu kota Jepang, tentu saja standar gaji di Tokyo juga paling tinggi jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Jepang. Namun hal ini tentu saja juga sebanding dengan biaya hidup di kota tersebut.

Setidaknya terdapat dua sistem penggajian yang ada di Jepang. Yang pertama adalah dihitung per jam, yang kedua dihitung per bulan. Dimana rata-rata pekerja di Jepang mendapatkan bayaran 1013 Yen per jam di Tokyo.

Dengan angka yang cukup tinggi tersebut, tentu saja wajar jika ada banyak orang yang berminat untuk bekerja di Jepang.

Bayangkan saja, hanya bekerja sebulan saja di Jepang, anda sudah bisa membeli motor baru di Indonesia.

Bagaimana jika bekerja selama bertahun-tahun di Jepang, sudah pasti saat anda pulang bisa membangun rumah di kampung halaman anda.

Nah lalu untuk anda yang ingin mendaftar sebagai TKI di Jepang dengan mudah dan aman, anda bisa mengandalkan layanan yang diberikan oleh Virtu Education.

Dimana Virtu Education sudah terkenal sejak dahulu memberikan pelayanan dan membantu banyak masyarakat Indonesia yang ingin belajar atau berkarir di luar negeri, termasuk juga di Jepang.

Jangan ragu bersama Virtu Education, sebab bersama Virtu Education, impian anda untuk bekerja di Jepang tidak hanya akan menjadi mimpi di siang bolong, namun kenyataan.

 

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×