Berapakah Biaya Hidup di Perancis Tanpa Beasiswa?

By 24/01/2019 May 6th, 2019 Perancis
biaya hidup di perancis

Biaya Hidup di Perancis – Kuliah di luar negeri tanpa beasiswa pasti sudah terbayangkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan. Mulai dari biaya sekolah, tempat tinggal, makan dan juga transportasi. Tanpa adanya beasiswa hidup sambil kuliah di luar negeri tampaknya mustahil. Namun tidak ada yang mustahil juga usaha dan upaya dikerahkan dari sekarang juga.

Perancis adalah salah satu negara yang bisa masuk ke dalam daftar untuk meneruskan kuliah selain Inggris. Kuliah di Perancis sama halnya dengan kuliah di Jerman, biaya kuliah sangat murah bahkan adapula yang gratis

Baca Juga:  Belajar Kata Kerja Bahasa Perancis Dengan Mudah Disini
.

Kuliah di Perancis sangat menguntungkan, terletak di benua Eropa memudahkan untuk perjalanan wisata murah ke negara lain seperti Italia dan Swedia. Selain berkuliah, kamu juga bisa bertemu dengan banyak orang. Banyak mahasiswa antar negara yang juga berkuliah di Perancis jadi jangan sampai kamu sia-siakan kesempatan ini.

biaya hidup di perancis dalam rupiah
Berapakah Biaya Hidup di Perancis Tanpa Beasiswa?

Kembali pada biaya hidup di Perancis ketika kamu berkuliah dan tidak mengandalkan beasiswa. Apa yang pertama kali harus dipertimbangkan? Syarat tinggal di Perancis adalah visa. Visa ini sangat penting, karena kamu akan tinggal di Perancis karena alasan sekolah maka kamu bisa mendapatkan visa pelajar yang lebih murah.

Masa penggunaan pun akan disesuaikan dengan lama studi di sana. Selain visa ada beberapa biaya yang perlu dipertimbangkan yakni berikut ini:

Baca Juga:  5 Nama Universitas Negeri di Perancis yang Terkenal

1. Biaya kuliah

Biaya kuliah yang dibebankan tergantung dengan universitas baik itu swasta atau negeri. Jika kamu mendapatkan kampus swasta maka biaya akan lebih mahal karena beberapa universitas negeri ada yang gratis bahkan lebih murah setengah harga daripada universitas swasta.

Per tahunnya perlu biaya 250 hingga 300 euro. Mahasiswa yang sudah membayar uang tersebut tidak perlu repot memikirkan masalah uang buku, uang organisasi dan lain-lain.

2. Tempat tinggal

Di manakah kamu bersekolah dan di mana kota tersebut? Setiap kota memiliki biaya hidup khusus untuk tempat tinggal yang berbeda. Jika kamu akan tinggal di kota besar seperti Paris, Lyon atau Merasaille maka biaya studio saja mencapai 200 euro hingga 300 euro.

Berbeda jika kamu tinggal di kota kecil seperti Nice maka biaya tempat tinggal hanya mencapai 150 euro saja. Semakin mahal tempat tinggal biasanya banyak fasilitas yang didapatkan dengan ruangan yang cukup besar. Semakin dekat dengan kampus maka harga sewa akan semakin mahal.

3. Transportasi

Kebanyakan mahasiswa yang akan berangkat kuliah akan jalan kaki atau menggunakan sepeda. Berjalan kaki sambil menikmati keindahan dan kebersihan kota di mana tempat tinggal kamu akan sangat menarik. Cara ini ditempuh juga untuk berhemat.

Baca Juga:  5 Nama Universitas Negeri di Perancis yang Terkenal

Jika ingin pergi ke kota yang agak jauh bisa menggunakan bus dengan tarif sekitar 30 euro per bulannya. Cukup murah apabila kamu mendapatkan tempat tinggal yang dekat dengan kampus.

berapa biaya hidup di perancis4. Komunikasi

Memperlancar jaringan membutuhkan komunikasi menggunakan sms atau telepon. Biaya komunikasi cukup murah di Perancis yakni kurang dari 5 euro.

5. Makan dan belanja

Setiap kampus biasanya sudah menyediakan kantin dan biaya untuk makan di kantin lebih murah dibandingkan makan di restoran. Biaya makan di kantin biasanya sekitar 3 euro sekali makan. Jika kamu ingin memasak dan belanja kebutuhan rumah maka perlu sekitar 2 hingga 3 euro setiap belanja.

6. Biaya tidak terduga

Biaya hidup di Perancis tidak boleh terlewatkan dari biaya tidak terduga. Misalnya saja untuk obat pada saat sedang sakit atau membutuhkan biaya keluar kota mendadak karena penelitian maka dibutuhkan biaya 60 euro yang harus disimpan dengan baik.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply