Kondisi Bentang Alam Jerman Dilihat dari Letak Geografisnya

By 14/08/2019 Jerman
bentang alam jerman

Bentang Alam Jerman – Jerman adalah negara yang berlokasi di Eropa Barat yang berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara. Berada di antara negara Belanda dan Polandia serat di Selatan berbatasan dengan Denmark. Dilihat dari areanya, Jerman memiliki luas daratan 348.672 sq km dan luas permukaan berair adalah 8.350 sq km.

Jerman memiliki lanskap yang naik terus dari wilayah utara ke selatan. Geografi jerman berkisar dari tanah rawa di bawah permukaan laut dari ujung hingga Pegunungan Alpen. Wilayah pegunungan tertutup salju yang letaknya berada di bagian selatan.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Banyaknya permukaan yang berbagai ditambah dengan adanya sumber air tawar sangat membantu masyarakat yang rajin memanfaatkan bentang alam Jerman untuk berbagai kebutuhan. Misalnya pembuatan alat transportasi hingga lokasi pariwisata.

kondisi bentang alam jerman
Kondisi Bentang Alam Jerman Dilihat dari Letak Geografisnya

Terdapat empat bentang alam di seluruh wilayah Jerman yang bisa dipahami mengapa akhirnya negara ini sangat terkenal. Berikut ini empat kategori bentang alam di Jerman yang perlu Anda ketahui.

1. Sungai

Ada dua sungai terbesar yaitu sungai Rhine dan Danube yang keduanya menjadi saluran air paling penting di Eropa. Sungai Rhine memiliki panjang 820 mil dan alirannya terpanjang sepanjang perbatasan Jerman. Naik dari Pegunungan Alpen Swiss dan bermuara di Laut Utara dengan Rotterdam, belanda.

Sungai ini dapat dilayari hingga wilayah Basel Swiss dan terhubung dengan pilihan anak sungai yang luas. Ujung sungai Rhine telah menjadikan Rotterdam sebagai pelabuhan laut tersibuk di Eropa. Sedangkan sungai Donau sendiri memiliki panjang lebih dari 1.800 mil.

Sungai ini bermula dari Hutan Hitam Jerman selatan dan melati 16 negara lain sebelum mencapai Rumania Laut Hitam. Kapal pesiar dan wisata perahu selalu melakukan perjalanan sepanjang sungai ini.

Baca Juga:  Bentuk, Sejarah, Lambang, dan Sistem Pemerintahan Jerman

2. Pegunungan

Bentang alam Jerman lainnya adalah pegunungan, dimana yang terkenal adalah Alpen dan Ranges. Keduanya memiliki ketinggian hampir 10.000 kaki dengan letaknya di bagian selatan yaitu berbatasan dengan Swiss.

Beberapa pegunungan kecil mendangap lanskap wilayah tengah Jerman. Di antara Frankfurt dan Jannover rentang Rothaargebirge, Vogelsberg, Rhön dan Harz melindungi hutan yang dalam seperti Hutan Thuringian.

3. Dataran Rendah

Pada dataran rendah dan garis pantai, terdapat banyak sekali sungai yang berselang-seling di bagian utara Jerman. Banyak juga sumber irigasi untuk dataran Eropa utara yang subur. Dataran rendah Jerman utara adalah wilayah pertanian utama. Sedangkan bagian garis pantai berliku-liku dipenuhi rawa-rawa dan lumpur.

4. Kepulauan dan Danau

Pulau terbesar yang ada di negara ini adalah Rugen dan Usedom berada di pantai Baltik timur laut Jerman. Pulau ini memisahkan daratan dari Teluk Pomeranian. Sepanjang pantai barat laut, Frisia berada sebagai penghalang antara Laut Utara dan perairan Wattenmeer yang lebih tenang.

Bentang Alam Jerman dan Pengaruhnya Terhadap Iklim

Letak negara Jerman sendiri membuatnya memiliki pengaruh iklim sedang yaitu dingin, berawan, basah ketika musim dingin dan musim panas tiba. Di daerah pegunungan iklimnya berangin dan sejuk. Pada saat bulan Juli suhu rata-rata bisa mencapai 21,8 derajat Celcius dan minimum 12,3 derajat.

Saat bulan Januari tiba, suhu maksimum bisa mencapai -1,8 derajat dan suhu tertingginya adalah 5 derajat Celcius. Suhu musim dingin sangat bervariasi dari arah barat ke timur. Suhu beku di barat jauh dari titik beku di Jerman bagian timur. Saat musim panas tiba curah hujan akan lebih sering muncul.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply