6 Cara Belajar Bahasa Jerman Secara Mandiri Dari Rumah

By 20/03/2019 Jerman
belajar bahasa jerman

Belajar Bahasa Jerman – Belajar bahasa Jerman bisa dilakukan dimana saja. Anda bisa melakukannya di kelas atau di rumah. Bagi Anda yang sangat sibuk dengan kegiatan sehari-hari dan tetap ingin belajar bahasa Jerman maka lakukanlah di rumah.

Bahasa Jerman merupakan bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari orang Indonesia. Jika Anda ingin belajar bahasa Jerman sehari-hari bisa dilakukan sendiri dari rumah. Setelah lelah bekerja manfaatkanlah waktu di malam hari dan di pagi hari sebelum berangkat.

Belajar sebelum berangkat akan membuat otak lebih cepat menyerap materi yang dipelajari. Jika Anda ingin belajar pada malam hari, pastikan diri Anda cukup segar dan tidak terlalu lelah untuk melanjutkan kegiatan.

Baca Juga:  3 Daftar Aplikasi dan Kamus Bahasa Jerman Offline

Jangan paksakan diri yang sudah lelah karena pelajaran tidak akan diingat dalam otak. Anda justru akan mengulangi pelajaran yang sama sok harinya. Belajar dengan rutin adalah kunci kesuksesan belajar sendiri dari rumah.

Lalu darimana materi yang akan Anda belajar berasal? Bagaimana Anda menemukan teman untuk belajar? Semua jawabannya akan Anda temukan dalam pembahasan kali ini.

6 Cara Belajar Bahasa Jerman Secara Mandiri Dari Rumah

cara belajar bahasa jermanAnda akan belajar dari rumah maka perlu fasilitas yang memadai untuk belajar. Fasilitas yang dibutuhkan ini mulai dari buku dan peralatan elektronik seperti handphone dan komputer yang terhubung dengan internet.

Melalui internet Anda bisa menjelajahi banyak materi untuk belajar bahasa Jerman. bagaimana Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas tersebut dan apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini tips yang perlu Anda jalani.

1. Belajar gratis melalui online

Internet kini bisa menjadi teman Anda belajar, temukan dengan mudah pelajaran dasar bahasa Inggris, menengah hingga tingkat mahir. Anda bisa menggunakan MP3, MP4 dan berbagai materi yang diprint.

Banyak sekali mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa Jerman melakukan posting materi pelajaran mereka. Berbagai website universitas yang memiliki jurusan bahasa Jerman biasanya memposting hasil karya ilmiah mahasiswa mereka. Manfaatkan semua media yang ada di internet untuk bisa mendapatkan berbagai materi.

Baca Juga:  Beasiswa Kuliah di Jerman dari Universitas Hamburg

2. Kunjungi perpustakaan daerah

Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki perpustakaan. Anda akan dengan mudah menemukan buku-buku dalam bahasa jerman serta cara mempelajarinya. Sebelum menemukan atau meminjam buku cobalah untuk mencari rekomendasi buku untuk belajar secara online.

Anda bisa dilihat berbagai macam review buku sebelum meminjam. Buku akan membuat Anda tidak terlalu tergantung dengan dunia digital. Pastikan materi yang didapatkan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

3. Unduh aplikasi online

Memudahkan Anda untuk bisa belajar dimanapun bahkan tidak hanya di rumah Anda bisa menggunakan aplikasi online. Unduh satu aplikasi online yang memiliki banyak kosakata, kata kerja dan cara membentuk kalimat dalam bahasa Jerman.

Fungsikan aplikasi tersebut sebagai kamus berjalan Anda. Manfaatkan semua fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi menawarkan banyak kuis atau permainan yang menyenangkan. Anda bisa mengisi waktu luang dengan bermain pada aplikasi.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

belajar bahasa jerman

4. Cari teman secara online

Belajar teori bahasa juga harus diimbangi dengan praktek. Bagaimana cara praktek berbicara bahasa Jerman jika Anda tidak memiliki teman yang juga sedang belajar? Anda bisa mencari teman melalui online.

Beberapa aplikasi bahasa Jerman memiliki fitur untuk bisa terhubung dengan orang lain yang sama-sama sedang belajar. Jika beruntung Anda juga akan mendapatkan native speaker.

Carilah teman yang cocok untuk diajak berbicara selain itu manfaatkanlah waktu sebanyak mungkin untuk bisa praktek. Anda bisa melakukannya melalui video call atau chatting.

5. Perbanyak menonton televisi dan film Jerman

Melalui online Anda juga dengan mudah mendapatkan channel televisi hingga beragam film Jerman. Anda bisa merekam atau mendownload semua acara yang sesuai dengan kesukaan Anda.

Sebelum tidur cobalah untuk menonton, Anda akan terbiasa mendengarkan percakapan bahasa Jerman. Jangan gunakan subtitle namun dampingilah diri dengan kamus untuk segera mengetahui artinya.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

6. Membaca bahasa Jerman

Membaca adalah salah satu cara tercepat untuk menguasai bahasa Jerman. Bukan hanya sekedar membaca secara singkat namun resapi apa yang dikatakan dalam buku tersebut. Anda bisa membaca novel, cerita pendek, atau berbagai macam berita bahasa Jerman.

Setiap hari dilakukan kegiatan membaca sama seperti menonton televisi. Jika Anda tidak mendapatkan buku asli, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk pdf di internet.

7. Ikuti idola Anda dalam sosial media

Kini ketika Anda sudah benar-benar masuk ke dalam bahasa Jerman, saatnya untuk mencari idola. Idola ini bisa aktor, penyanyi atau tokoh penting dari negara Jerman. Mereka pasti memiliki sosial media.

Ikuti sosial media dan perhatikan apa saja yang sedang mereka lakukan. Langkah ini dilakukan agar Anda benar-benar dekat dengan bahasa Jerman. Jika cukup berani, Anda bisa menulis beberapa komentar di sosial media mereka.

Apabila Anda masih kesulitan untuk belajar bahasa Jerman secara mandiri di rumah, ikutilah kursus dan kursus tidak selalu harus di dalam kelas, kami di Virtu Education selalu siap menyediakan kelas privat dan semiprivate dan untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi konsultan kami.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply