Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula

By 01/02/2019 Jerman
belajar bahasa jerman untuk pemula

Belajar Bahasa Jerman Untuk Pemula – Negara Eropa kini benar-benar menjadi wilayah yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara, baik itu hanya untuk berlibur semata atau pun untuk berbagai keperluan seperti bisnis dan pendidikan. Salah satu negara yang banyak didatangi adalah Negara Federal Jerman.

Selain yang sudah benar-benar sampai di Jerman, banyak juga orang yang kini sedang mempersiapkan untuk pindah ke Jerman dalam beberapa waktu. Tidak kemudian jika kursus bahasa Jerman semakin diminati.

Baca Juga:  3 Daftar Aplikasi dan Kamus Bahasa Jerman Offline

Hal tersebut didukung fakta bahwa bahasa Jerman memang menjadi salah satu bahasa yang paling berkembang penggunanya. Hal itu tentu dipengaruhi oleh kemajuan Jerman di berbagai bidang sehingga menarik banyak orang untuk mengetahuinya.

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Bagi Pemula

belajar bahasa jerman untuk pemulaUntuk Anda yang berniat mempelajari bahasa Jerman, Anda bisa menentukan apakah akan mengikuti kursus atau pun belajar secara mandiri. Namun, sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pembelajaran menjadi lebih efektif nantinya. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dicermati dalam mempelajari bahasa Jerman.

1. Pelafalan yang Cukup Unik dan Sulit

Salah satu bahasa yang memiliki tingkat kerumitan dalam pengucapan adalah bahasa Jerman. Untuk itu, belajar bahasa Jerman untuk pemula Anda memerlukan referensi audio supaya dapat mendengar bagaimana pengucapan kata dalam bahasa Jerman secara benar.

2. Susunan Gramatikal dalam Bahasa Jerman

Yang paling penting dalam menggunakan sebuah bahasa adalah apakah makna yang disampaikan tepat atau tidak. Nah, untuk itu Anda harus mengetahui bagaimana aturan sebuah kata disusun dalam bahasa Jerman. Untuk itu menghafalkan kata tanpa memahami perbedaannya apabila dimasukan ke dalam sebuah kalimat.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Jerman Dasar Saat Berbelanja di Toko Berikut Artinya

Nah, setelah memahami setidaknya dua hal tersebut, selanjutnya Anda bisa memetakan bagaimana cara belajar bahasa Jerman untuk pemula nantinya. Anda juga dapat menakar manakah yang diprioritaskan dalam belajar bahasa Jerman. Ingat, pencapaian belajar bahasa hanya akan didapat apabila sudah digunakan secara langsung dan bukannya hanya setelah keluar dari lembaga kursus.

3. Belajar bahasa Jerman secara Otodidak

Masalah pengaturan jadwal yang bertabrakan dengan kesibukan atau pun karena masalah budged adalah hal yang biasanya membuat seseorang memilih untuk belajar bahasa Jerman untuk pemula secara otodidak. Terlebih lagi bagi seseorang yang memang dapat berkonsentrasi penuh belajar tanpa mentor.

Untungnya, kini banyak juga peralatan yang menunjang untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Jerman. Melalui perangkat lunak yang terpasang di smartphone, kita dapat mendapatkan bantuan dengan mudah, seperti kamus dan aplikasi.

Salah satu aplikasi yang populer digunakan adalah aplikasi dualingo. Aplikasi ini menggunakan metode seperti game dan juga chat sehingga sangat interaktif. Selain itu ada juga beberapa aplikasi kamus yang menyediakan fitur suara, yang berguna untuk Anda mempelajari cara pelafalan sebuah kata.

belajar bahasa jerman untuk pemula
Belajar Bahasa Jerman melalui Lembaga Kursus

Untuk Anda yang terbiasa belajar dengan bantuan mentor, memilih lembaga kursus untuk belajar bahasa Jerman adalah pilihan yang tepat. Makin mudah karena kini juga semakin banyak tempat kursus yang menyediakan materi bahasa Jerman.

Jika bukan melalui lembaga kursus, kini juga sudah banyak perorangan yang menyediakan jasa belajar bahasa Jerman secara privat. Hal tersebut dapat dipilih untuk menghemat waktu dan tidak kerepotan mengatur jadwal kursus.

Kelebihan apabila Anda memilih belajar bersama lembaga kursus adalah Anda dapat dimasukan ke dalam kelas-kelas tertentu sesuai kemampuan dan perkembangan. Untuk awal-awal, Anda akan masuk A1 yang mempelajari bahasa Jerman dasar, seperti bahasa-bahasa penting di rumah makan, bandara, dsb.

Baca Juga:  Pilihan Terbaik Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

Setelah lulus dari kelas A1 tersebut, sebenarnya Anda sudah cukup bisa berkomunikasi. Namun, untuk keperluan pendidikan, sebaiknya Anda menyelesaikan jenjang hingga B2 atau bahkan C. Hal itu akan mempermudah penerimaan selama pendidikan karena kebanyakan universitas di sana menggunakan bahasa pengentar Jerman.

Sahabat, selain belajar dengan cara seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa mengonsultasikan hal seputar bahasa atau perencanaan tinggal di Jerman kepada beberapa pihak. Salah satu tempat konsultasi yang terpercaya dan akurat hanya ada di virtueducation.org.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply