Yuk Daftar Beasiswa Turki Segera, Ini 3 Persyaratannya

By 20/07/2020 Turki
Beasiswa Turki

Beasiswa Turki – Beasiswa adalah solusi terbaik bagi siapa saja yang hendak melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Baik itu di dalam negeri atau luar negeri, mengingat tingginya biaya kuliah yang bukan hanya belasan juta tetapi bisa sampai ratusan juta.

Ada berbagai macam jenis beasiswa yaitu beasiswa dari pemerintah, swasta hingga dari pihak universitas sendiri. Jika kamu berhasil mendapatkannya, impian kuliah di Turki pun bisa terwujud.

Turki bukan hanya menjadi negara destinasi utama untuk para pelancong tetapi juga pelajar. Banyak mahasiswa dari negara lain seperti Indonesia yang memiliki cita-cita untuk kuliah di Turki. Ada segudang alasan mengapa Turki sangat terkenal sebagai tempat untuk belajar.

Pertama adalah kebudayaan Turki yang beragam karena negaranya yang terletak di antara Asia dan Eropa, bahkan dekat dengan Timur Tengah.

Kedua, walaupun banyak universitas di sana yang tergolong mudah tetapi banyak perguruan tinggi yang masuk ke jajaran universitas terbaik di dunia. Contohnya saja Universitas Hacettepe yang terkenal dengan jurusan kedokterannya. Bagi kamu yang ingin belajar tentang teknik bisa memilih Middle East Technology University yang masuk peringkat 85 terbaik di dunia.

Cara mewujudkan supaya dapat masuk ke universitas tersebut tentu saja melalui beasiswa Turki. Jika rajin mencari informasi pastinya kamu bisa berhasil mendapatkan salah satu beasiswa. Baik itu beasiswa S1, S2 atau S3 tersedia cukup banyak dan kamu tinggal memenuhi semua syarat-syaratnya.

7 Macam Beasiswa Turki yang Perlu Kamu Ikuti

Beasiswa kuliah Turki

Image: en.wikipedia.org

Paling menguntungkan jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa secara penuh. Artinya semua biaya mulai dari biaya kuliah, tiket pulang pergi, akomodasi, hingga transportasi dan makan akan terpenuhi. Tapi tentu saja untuk mendapatkannya kamu harus belajar dengan disiplin tinggi. Jangan lupa untuk memilih bidang ilmu yang disukai supaya bisa lebih fokus lagi.

Sama seperti Jerman, pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di sana. Beasiswa ini terbuka untuk umum, tetapi ada juga beasiswa yang dibuka khusus untuk jurusan tertentu saja. Untuk lebih lengkapnya, simak daftar dari beasiswa Turki berikut ini.

1. Türkiye Scholarships

Beasiswa ini diadakan oleh pemerintah Turki dan tujuan universitasnya adalah perguruan tinggi ternama baik itu untuk program belajar jangka pendek atau panjang. Beasiswa ini terbuka untuk program S1 hingga S3.

Untuk mahasiswa yang menempuh S1 akan mendapatkan 800 Lira per bulan, untuk S2 1.100 Lira per bulan dan S3 mendapatkan 1.600 Lira per bulan.

Semua peserta yang berhasil meraih beasiswa Turki ini akan mendapatkan kursus tambahan bahasa Turki selama satu tahun sebelum melanjutkan ke perkuliahan. Selain itu biaya tiket, asuransi kesehatan dan akomodasi telah ditanggung. Jadi tak perlu bingung lagi untuk menyiapkan uang untuk kuliah.

Baca Juga:  10 Universitas Terbaik di Turki, Mana Pilihanmu?

2. İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program

Beasiswa ini diselenggarakan oleh lembaga pemerintah Turkiye Burslari YTB yang ditujukan bagi kamu untuk kuliah kedokteran.

Beasiswa S1 ini bisa diikuti oleh siapa saja yang sudah berumur di bawah 21 tahun. Ada beberapa pilihan jurusan yaitu kedokteran gigi, farmasi serta kedokteran hewan. Kamu bisa belajar kedokteran dengan beasiswa penuh yang diberikan sebesar 50.400 Lira untuk empat tahun.

3. Bosphorus Undergraduate Scholarship Program

Masih dari lembaga yang sama, beasiswa pemerintah ini diberikan bagi kamu yang ingin belajar di Universitas Turki. Jika mendapatkan beasiswa ini, kamu hanya boleh mendaftar kuliah di selain jurusan seperti agama, sastra, kedokteran dan bahasa Turki. Beasiswa S1 ini akan diberikan untuk menempuh pendidikan selama 60 bulan dengan biaya sebesar 36.000 Lira.

4. Anatolian Undergraduate Scholarship Program

Beasiswa ini juga diberikan bagi kamu yang ingin menempuh S1 di Turki. Bedanya dengan beasiswa Bosphorus adalah semua jurusan yang menjadi pengecualian bisa diikuti di sini. Jadi kamu bisa mendaftar jurusan kedokteran, agama serta sastra dan bahasa. Beasiswa ini dibuka setiap tahunnya pada bulan April.

5. Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship

Beasiswa kuliah di Turki selanjutnya juga diselenggarakan oleh pemerintah Turki. Bedanya adalah diberikan untuk kamu yang ingin melanjutkan S3. Bidang studi yang dipelajari antara lain, teknik sipil, arsitektur, biologi, matematika, teknik listrik dan jurusan teknik lainnya. Jumlah yang diberikan adalah 72.000 Lira untuk 60 bulan masa kuliah.

6. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program

Kalau beasiswa Turki yang satu ini bisa diperoleh bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S3. Biasanya dibuka pada bulan Februari dan bidang studi yang bisa dipelajari adalah bahasa dan literasi Turki. Kamu bisa belajar di Turki selama 60 bulan dengan sokongan dana sebesar 59.600 Lira.

7. İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship

Beasiswa S2 dan S3 ini ditujukan untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan social science, agama islam dan bahasa Turki hingga sastra Turki. Beasiswa ini dibuka pada bulan Maret dan merupakan beasiswa full funded.

Jadi manakah beasiswa kuliah di Turki yang ingin kamu pilih? Jika sudah menemukan beasiswa yang tepat, saatnya untuk mempersiapkan diri.

Syarat untuk Mendaftar Beasiswa Kuliah di Turki

dokumen kuliah di turki

Tak ada beasiswa yang dicapai tanpa perjuangan dan usaha keras. Kamu harus melengkapi semua persyaratannya supaya dapat mendaftar.

Banyak sekali yang gagal pada tahapan pertama yaitu pendaftaran karena syarat-syarat tidak lengkap. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk memantau syarat beasiswa bukan hanya syarat masuk ke universitas Turki saja.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa mendaftar beasiswa kuliah di Turki yaitu sebagai berikut ini.

1. Persyaratan Umum

Bagi pendaftar S1 maksimal berumur 21 tahun, untuk S2 berumur maksimal 30 tahun dan S3 berumur 35 tahun. Sedangkan untuk program penelitian umur maksimal adalah 45 tahun.

2. Persyaratan Akademik

Syarat akademik untuk jenjang S1 adalah memiliki nilai minimal 70 dari 100 dan dibuktikan dengan ijazah. Sedangkan untuk jenjang S2 dan S3 adalah memiliki nilai 75 dari 100, namun untuk jurusan kedokteran harus memiliki nilai 90 dari 100.

Baca Juga:  Mengintip Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Turki, Mahalkah?

3. Dokumen

Dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar adalah ijazah dari pendidikan sebelumnya, transkrip nilai, hasil ujian masuk di universitas Turki jika pada, hasil ujian kelulusan apabila ada.

Ditambah lagi dengan sertifikat bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS dengan nilai sesuai kebutuhan masing-masing beasiswa. Kamu juga perlu menyertakan piagam penghargaan yang pernah didapatkan.

Semua persyaratan beasiswa Turki tersebut harus dipenuhi dan untuk dokumen harus dikumpulkan sebelum batas akhir pendaftaran.

Semua dokumen akan masuk ke seleksi administrasi dan jika lulus akan berlanjut ke tahapan wawancara. Hasilnya biasanya akan muncul sekitar 1 hingga 1,5 bulan jadi kamu perlu bersabar.

Bagi kamu yang ingin mengikuti program beasiswa untuk kuliah di Turki atau ingin kuliah dengan biaya diri tetap harus mempersiapkannya dengan baik. Dalam persiapan ini kamu bisa mengikuti program khusus yang dibuka oleh Virtu Education.

Di sana kamu bisa belajar bahasa hingga mengetahui tips dan trik lengkap supaya lulus mendapatkan beasiswa. Selamat berjuang kawan.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×