Beasiswa Turki S2: Syarat dan Cara Masuknya

By 10/08/2020 Turki
Beasiswa Turki S2

Beasiswa Turki S2 – Kuliah di Turki memang tidak se-ngetren ketika kamu berhasil masuk ke universitas di Inggris, Amerika atau Jerman yang masuk ke jajaran ivy league. Tapi bukan berarti Turki bukan negara yang bagus untuk mengenyam pendidikan. Buktinya sampai saat ini banyak juga mahasiswa Indonesia yang mengincar supaya bisa kuliah di Turki.

Itu artinya universitas di negara Turki gak kalah bagusnya seperti negara maju lainnya. Memang benar bahwa Turki adalah salah satu negara di perbatasan Asia dan Eropa yang menjadi jujukan mahasiswa internasional. Pasalnya di negara ini ada beragam kebudayaan hingga bidang ilmu yang bisa dipelajari. Dijamin deh, kamu gak bakalan nyesel bisa kuliah di Turki.

Beasiswa Turki S2

Beasiswa Turki S2Bagi kamu yang barusan menyelesaikan kuliah jenjang sarjana bisa loh untuk merencanakan untuk melanjutkan pendidikan di Turki. Kuliah S2 di Turki juga bisa kamu dapatkan melalui beasiswa.

Ada banyak sekali beasiswa turki S2 yang bisa dilamar. Apa beasiswanya lengkap dengan persyaratannya? Yuk simak selengkapnya di sini.

Türkiye Scholarships, Beasiswa Turki S2 untuk Mahasiswa Indonesia

Türkiye Scholarship adalah salah satu beasiswa yang terkenal diselenggarakan oleh pemerintah Turki. Beasiswa sama seperti beasiswa LPDP yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Nah ngomong-ngomong soal beasiswa Turki ini ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Baca Juga:  Mengintip 5 Jurusan Kuliah di Turki Paling Favorit di Dunia

Pertama beasiswa ini diadakan tahunan, jadi kamu bisa mendaftar di tahun berikutnya apabila gagal di tahun pertama.

Deadlinenya biasanya tanggal 20 Februari, tapi kamu tetap harus up to date terhadap infonya. Biasanya pendaftaran dibuka tanggal 15 januari, karena sudah jelas kapan batas akhir pendaftaran, kamu bisa mempersiapkan diri dari tahun sebelumnya.

Kedua, beasiswa ini juga dibuka untuk program S1 dan S3 di segala bidang. Tak ada batasan ilmu apa saja yang harus dipelajari. Jadi kamu bisa tetap belajar dengan beasiswa sesuai passion. Beasiswa ini juga bisa digunakan untuk mengikuti program kuliah di berbagai universitas di Turki. Kamu bisa memilih secara leluasa universitas mana yang diminati.

Ketiga, jika biasanya kamu apply beasiswa ke pemerintah kemudian harus mendaftar lagi ke universitas, melalui Türkiye Scholarships kamu tidak perlu melakukannya. Cukup dengan mendaftar ke beasiswa dan jika diterima kamu akan otomatis masuk ke universitas juga. Jadi tak perlu dua kali ujian, cukup praktis kan?

Keuntungan keempat adalah beasiswa S2 Turki ini full funded, artinya semua biaya kuliah di Turki, akomodasi hingga transportasi akan terpenuhi. Beasiswa ini juga memberikan kursus bahasa Turki bagi penerimanya selama 1 tahun. Adapun biaya yang diberikan untuk mahasiswa S2 adalah sebesar 1.100 TL per bulannya atau setara dengan 2,3 juta rupiah.

Khusus untuk mahasiswa S1 akan mendapatkan biaya sebesar 800 TL atau setara dengan 1,7 juta rupiah per bulan. Bagi mahasiswa S3 akan mendapatkan 1.600 TL dan 3,3 juta rupiah per bulan. Semua biaya ini akan digunakan untuk biaya kuliah, tiket pulang ke Indonesia, asuransi kesehatan, akomodasi dan kursus bahasa Turki.

Kriteria yang Harus Dipenuhi untuk Mendaftar Beasiswa Turki S2

Mendaftar Beasiswa Turki S2Supaya kamu tahu apakah memenuhi persyaratan untuk mendaftar maka perlu mengetahui apa saja kriteria yang perlu dipenuhi dari Türkiye Scholarship ini. Kriteria pertama adalah mahasiswa dari negara selain Turki bisa mendaftar termasuk Indonesia. Jadi kesempatan diterima masih sangat besar.

Selain sebagai WNI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi lainnya sebagai berikut:

1. Pendidikan

Jika ingin mendaftar beasiswa Turki S2 maka kamu perlu menunjukkan telah menyelesaikan pendidikan S1 dengan ijazah.

Jika ingin mendaftar ke S3 maka perlu menyelesaikan pendidikan S2 yang juga dibuktikan dengan ijazah. Sedangkan untuk kamu yang ingin mendaftar ke pendidikan sarjana perlu menunjukan bukti telah menyelesaikan sekolah menengah atas. Semua harus menyelesaikan pendidikannya sebelum bulan September 2020.

2. Usia

Batas usia untuk mendaftar beasiswa S1 adalah berumur 21, sedangkan untuk S2 setidaknya harus di bawah umur 30. Terakhir untuk jenjang pendidikan S3 harus berumur di bawah 35 tahun.

Baca Juga:  Yuk Daftar Beasiswa Turki Segera, Ini 3 Persyaratannya

3. Belum diterima di universitas Turki manapun

Karena proses pendaftaran hanya satu yaitu melalui jalur beasiswa, kamu sebelumnya tidak boleh diterima di universitas Turki lainnya. Khususnya untuk jenjang studi yang ingin diikuti. Apabila kamu sudah diterima di universitas Turki tetapi tetap mendaftar maka akan otomatis gugur.

Apabila kamu telah memenuhi semua kriteria ini, maka tinggal melanjutkan ke proses pendaftaran. Tanggal pendaftaran sudah jelas, tapi masih ada berkas-berkas lain yang harus dipenuhi. Oleh karena itu sebaiknya persiapkan dari sekarang.

Persyaratan untuk Mendaftar Beasiswa S2 di Turki

Persyaratan untuk Mendaftar Beasiswa S2 di Turki
Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui www.turkiyeburslari.gov.tr, di sana kamu juga akan mendapatkan informasi lengkap dan terbaru soal Türkiye Scholarship. Untuk mendaftar kamu perlu mengunduh formulir pendaftaran dan mengisi semua data sesuai informasi asli. Kemudian formulir harus di submit dengan dokumen yang merupakan persyaratan mendaftar lainnya.

berikut ini dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa S2 di Turki.

1. Scan KTP dan Paspor Asli

2. Pas foto yang terbaru

3. Transkrip nilai ujian nasional bagi pendaftar lulusan SMA

4. Ijazah pendidikan sebelumya

5. Transkrip nilai S1 atau S2 bagi pendaftar S2 dan S3

6. Nilai ujian GRE, GMAT, YÖS, TOEFL, IELTS sesuai dengan syarat dari universitas dan bidang studi yang dipilih.

7. Khusus untuk mendaftar S2 dan S3 perlu menyertakan proposal tesis atau penelitian.

Apabila semua dokumen tersebut telah terkumpul maka kamu bisa langsung mendaftar melalui website secara langsung.

Caranya adalah masuk ke laman website kemudian buatlah akun melalui menu ‘register’. Kemudian isi formulir pendaftaran beasiswa Turki S2 dengan sebenar-benarnya. Lampirkan semua scan dokumen yang telah dikumpulkan tadi. Cek kembali dan sudah yakin klik submit.

Baca Juga:  Informasi Terbaru Biaya Kuliah di Turki dengan Jalur Mandiri

Selesai mendaftar, semua data pelamar akan melalui proses seleksi administrasi dari bulan Februari hingga Mei 2020. Setelah seleksi berakhir dan kamu dinyatakan diterima akan masuk ke tahapan wawancara di bulan Maret sampai Juni 2020. Pengumuman hasil diterima atau tidaknya diumumkan bukan Juli 2020.

Memantapkan langkahmu untuk bisa berhasil ke semua tahapan pendaftaran Türkiye Scholarship ini, maka persiapan pun perlu dilaksanakan. Kamu bisa mempersiapkan diri dibantu dengan Virtu Education yang akan memudahkan jalan supaya berhasil diterima. Virtu Education akan membantu dalam hal belajar bahasa Inggris, mempersiapkan dokumen, persiapan wawancara hingga kesiapan untuk kuliah.

Melalui Virtu Education, kamu tak perlu lagi takut gagal dalam seleksi beasiswa. Karena ada banyak tips dan trik yang akan di share secara khusus. Kamu juga bisa belajar kebudayaan-kebudayaan Turki sehingga mudah untuk beradaptasi nantinya.

Sudah tak sabar untuk mau segera mendaftar? Yuk segera bergabung sekarang juga di Virtu Education karena peluang ini cuma datang setahun sekali. Jadikan diri kamu sebagai orang yang berhasil menerima beasiswa Turki ini.

×