Beasiswa S1 dan Beasiswa S2 Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL

By 07/02/2020 Jerman
syarat beasiswa s2 luar negeri

Beasiswa S2 Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL – Kuliah di luar negeri selalu menjadi idaman bagi banyak mahasiswa Indonesia. Apakah kamu salah satu diantaranya? Kendala yang paling sering dihadapi untuk bisa berkuliah di luar negeri adalah dana. Masalah dana kini bisa diatasi dengan mendapatkan beasiswa. Baik itu beasiswa dari pemerintah sendiri atau luar negeri tersedia untuk didapatkan.

Nah syarat utama yang seringkali sulit untuk dipenuhi adalah TOEFL. Tes TOEFL dan Test of English as a Foreign Language ini digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes sudah digunakan di lebih dari 300 negara seluruh dunia. Kendala yang banyak dihadapi mahasiswa dalam tes ini adalah biaya tes yang mahal serat persiapan yang juga tidak murah.

Jenis tes TOEFL yang biasa digunakan adalah sebagai syarat adalah TOEFL iBT dimana biayanya mencapai hampir 3 juta rupiah saja. Padahal jika gagal mendapatkan skor yang diinginkan, otomatis kamu harus mengeluarkan uang dengan jumlah sama untuk tes kembali. Selain kesulitan biaya, beberapa universitas juga tidak menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Misalnya saja universitas di Jepang, maka syarat utama yang dibutuhkan adalah kemampuan bahasa Jepang. Begitu juga beberapa universitas di Perancis dan Jerman. Penyebab-penyebab inilah yang membuat tes TOEFL sebenarnya tidak diperlukan dalam memenuhi syarat masuk perguruan tinggi di luar negeri, begitu juga dengan beasiswa.

Beasiswa S1 Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL dan Beasiswa S2

beasiswa s2 di luar negeri
Banyak sekali jenis beasiswa yang dipilih, baik itu swasta dan juga pemerintah. Beberapa beasiswa bisa dipilih berdasarkan, tujuan negara tempat kuliah, jurusan yang tersedia dan tidak menggunakan TOEFL sebagai syarat kemampuan bahasa.

Kira-kira apa saja nih beasiswa yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan S1 dan S2? Berikut ini kumpulan beasiswa S1 dan beasiswa S2 luar negeri tanpa syarat TOEFL yang bisa kamu pilih.

1. Beasiswa KGSP

Sebuah beasiswa yang diadakan oleh pemerintah Korea. Kepanjangan dari beasiswa ini adalah Korean Government Scholarship. Termasuk salah satu beasiswa full funding dimana biaya kuliah secara penuh akan diberikan sekaligus biaya hidup dan transportasi. Beasiswa ini dibuka untuk jenjang pendidikan S1 hingga S3 di Korea.

Beasiswa luar negeri tanpa TOEFL ini dibuka setiap tahunnya. Khusus untuk jenjang S1 dibuka pada bulan September dan S2/ S3 dibuka bulan Februari. Mengingat waktu pendaftaran yang berbeda, maka ingat dan catat tanggal tepatnya. Jangan lupakan juga syarat-syarat yang dibutuhkan.

2. Beasiswa Eiffel

Mendengar namanya sudah sangat jelas bahwa beasiswa ini diadakan oleh pemerintah Perancis. Sudah diadakan sejak tahun 1999 dan diperuntukan semua mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan pendidikan S1 hingga S3 di Perancis. Semua mahasiswa berkembang termasuk Indonesia bisa mengikutinya. Biaya yang dipenuhi adalah biaya kuliah, transportasi, asuransi dan tunjangan hidup.

Syarat bahasa untuk mendapatkan beasiswa ini memang tidak menggunakan TOEFL. Tetapi calon penerima harus menguasai bahasa pengantar sesuai dengan bidang studi yang dipilih. Biasanya bahasa yang digunakan adalah bahasa Perancis yang dibuktikan dengan sertifikat setelah mengikuti tes. Level yang dibutuhkan adalah Delf B2.

Baca Juga:  Pilihan Tempat dan Biaya Kursus Bahasa Perancis di Jakarta

3. Beasiswa DAAD

Beasiswa ini sudah sangat terkenal bagi mereka yang ingin menempuh pendidikan ke Jerman. Kebanyakan universitas di Jerman menggunakan bahasa pengantar bahasa Jerman, jadi syarat tes TOEFL biasanya tidak diutamakan dalam meraih beasiswa. Sedangkan untuk tes bahasa Jerman yang dibutuhkan adalah level A2 dalam tes DAF 4.

Banyak yang bisa mempersiapkan diri untuk memperoleh beasiswa ini dengan mengikuti kursus bahasa Jerman dalam kurun waktu 6 bulan hingga 1 tahun. Pastinya cara belajar yang dipilih harus intensif.

4. Beasiswa Turkiye Burslari

syarat beasiswa s2 lpdp luar negeri
Terkenal juga sebagai beasiswa ke luar negeri tanpa TOEFL YTB. Menjadi beasiswa dari pemerintah Turki yang full funding. Beasiswa ini bisa didapatkan bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan S1, S2 dan S3. Di Indonesia mahasiswa yang berminat kuliah di Turki tidak jauh berbeda tujuan Inggris atau Amerika. Jadi beasiswa ini sangat besar keuntungannya.

Biasanya beasiswa ini dibuka pada bulan Januari hingga Februari, jadi pada tahun sebelumnya harus mempersiapkan diri dengan baik. Syarat utamanya adalah memiliki minimal IPK 3.00.

5. Beasiswa Monbukagakusho

Masih dengan beasiswa full funded yang sangat menguntungkan. Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah ke Jepang. Biasa dibuka pada bulan April hingga Mei. Beasiswa tanpa syarat TOEFL digunakan sebagai syarat menempuh pendidikan S1. Tapi untuk S2 tetap membutuhkan tes TOEFL dan itu bukanlah suatu masalah.

Selama kamu bisa mendapatkan beasiswa S1 ini tidak ada tes TOEFL yang diwajibkan sebagai syarat. Cukup menyertakan ijazah dan transkrip nilai saja kamu sudah bisa mengikuti seleksi dan berhasil.

6. Beasiswa pemerintah Rusia

Walaupun terkenal sebagai negara komunis, namun Rusia membuka jalur yang luas bagi mahasiswa internasional untuk kuliah di negara mereka. Salah satu bentuk sikap mereka adalah menyediakan beasiswa bagi mahasiswa di seluruh dunia. Bahkan program ini mendapat sambutan yang besar karena 150 mahasiswa Indonesia telah mendapatkan beasiswa ini untuk studi.

Syarat mendapatkan beasiswa ini memang tidak menggunakan TOEFL, tapi minimal IPK adalah 3.20 dari skala 4. Bahkan kamu tidak perlu mengikuti tes bahasa Rusia. Setelah menerima beasiswa ini, setiap penerima akan mendapat pembekalan bahasa RUsia selama satu tahun.

Baca Juga:  Inilah 4 Keuntungan Mengikuti Kursus Bahasa Jerman Serpong

7. Beasiswa Brunei Darussalam

Satu lagi negara di Asia yang menawarkan beasiswa tanpa tes TOEFl yaitu Brunei Darussalam. Walaupun negara ini kecil namun perekonomiannya sangat maju. Disebut dengan beasiswa prestisius, dibuka pada bulan Januari hingga Februari.

Universitas yang menerima beasiswa ini adalah Universitas Brunei Darussalam, Universiti Teknologi Brunei, Politeknik Brunei, dan Universiti Islam Sultan Sharif Ali.

Jadi di antara semua beasiswa S1 dan beasiswa S2 luar negeri tanpa syarat TOEFL di atas, manakah yang akan kamu pilih?

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×