Tips Mendapatkan Beasiswa S1 Jerman Full dan Keuntungannya

By 27/11/2018 December 8th, 2018 Jerman
beasiswa sekolah

Beasiswa S1 Jerman Full – Terpikirkan untuk berangkat kuliah ke Jerman? Namun jurusan apa yang harus diambil dan berapa biaya yang harus ditanggung untuk menempuh S1 di Jerman? Jika kamu masih kelas 2 SMA atau bahkan kelas 1 SMA persiapkan diri dengan matang agar setelah lulus SMA kamu bisa mendapatkan biaya gratis untuk kuliah di Jerman.

Untuk bisa mendapatkan kesempatan kuliah di Jerman sebenarnya tidak sulit ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk kuliah di sana. Alasannya adalah pemerintah Jerman membuka kesempatan besar untuk siswa asing menempuh pendidikan di sana. Bahkan masalah biaya tidak perlu diambil pusing ada banyak universitas S1 Jerman yang menyiapkan beasiswa atau biaya kuliah per semesternya sangat murah.

Tidak seperti di Indonesia yang harga masuk universitas saja bisa mencapai puluhan juta rupiah. Apalagi jika kamu memiliki bakat di bidang penelitian. Pemerintah dan beberapa perusahaan swasta di Jerman selalu memberikan banyak dana untuk berbagai macam penelitian. Jika memang penelitian adalah bidang yang ingin kamu geluti jangan sampai melewatkan kesempatan yang sangat besar ini.

beasiswa s1 jerman fullJika kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa maka keuntungan yang akan didapatkan akan lebih besar lagi. Seorang penerima beasiswa untuk kuliah S1 di Jerman akan bebas dari biaya kuliah dan hanya sedikit uang yang dikeluarkan untuk biaya hidup.

Baca Juga:  Les Bahasa Jerman di Jakarta

Nah berikut ini apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika kamu mendapatkan beasiswa dan biaya apa saja yang akan tercover dari mendapatkan beasiswa.

  1. Biaya kuliah 4 tahun, dalam menempuh S1 maka kamu akan mendapatkan beasiswa penuh alias biaya kuliah selama menempuh pendidikan 4 tahun di sana. Kamu tidak perlu bingung memikirkan biaya SPP, uang gedung dan lain sebagainya. Fokus belajar adalah tujuan utamamu.
  2. Biaya tempat tinggal, bagi penerima beasiswa s1 jerman full maka tempat tinggal bukan menjadi hambatan. Beberapa beasiswa akan menawarkan asrama atau apartemen yang sudah tidak perlu dipikirkan kembali.Seringkali satu apartemen kamu akan bertemu dengan penerima beasiswa dari negara lainnya.
  3. Biaya transportasi, penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya transportasi. Tapi tentu saja biaya transportasi ini sebatas untuk kamu keliling kampus dan bukan ke luar kota ya. Biasanya kamu akan diberikan kartu transportasi untuk bus khusus.
  4. Uang saku, terakhir kamu juga akan mendapatkan uang saku. Jumlah uang saku berbeda-beda tergantung dengan jenis beasiswa yang didapatkan. Uang saku ini bisa kamu pergunakan untuk biaya makan selama tinggal di sana. Jika masih kurang kamu bisa mengambil kerja part time untuk mendapatkan uang tambahan, tapi atur baik-baik dengan jadwal kuliah jangan sampai tanggal lulus kamu molor.

sekolah di jermanTips Mendapatkan Beasiswa S1 Jerman

Biaya yang tercover selama kuliah di Jerman memang hampir semuanya hingga kamu tidak akan mengeluarkan uang lebih. Nah bagaimana cara untuk mendapatkan beasiswa S1 Jerman? Kuota memang terbatas namun jika sudah niat tentu saja kamu bisa menjadi salah satu yang beruntung.

Baca Juga:  Mengenang Sejarah Jerman Singkat Pada Abad ke 18

Tips pertama adalah mencari jurusan kuliah di Jerman sesuai dengan yang diinginkan. Jika mempelajari sains adalah kesukaanmu maka ambil jurusan ini. Namun jika kamu suka dengan bisnis ambillah jurusan management. Jika memilih jurusan yang kamu senangi tentu kamu akan lebih mudah menguasai materi yang diajarkan nantinya.

Tips kedua adalah memilih beasiswa, memilih beasiswa tentu saja beragam kamu bisa memilih jurusan umum atau sesuai dengan jurusan yang diambil. Jangan lupa penuhi semua syarat dan ketentuannya. Perhatikan biaya apa saja yang akan diberikan oleh beasiswa s1 jerman full tersebut.

Tips ketiga adalah belajar, jangan lupa belajar untuk mempersiapkan tes penerimaan beasiswa dan jadikan diri kamu salah satu yang beruntung.

Virtu Education

Author Virtu Education

More posts by Virtu Education

Leave a Reply

×