8 Beasiswa Kuliah di Jerman S2 yang Bisa Kamu Coba

By 16/08/2021 Jerman
beasiswa kuliah di jerman s2

Beasiswa kuliah di Jerman S2 — Tidak dapat dipungkiri bahwa antusiasme masyarakat Indonesia untuk mengejar pendidikan setinggi-tingginya semakin meningkat. 

Salah satu buktinya terlihat dari Indonesia yang sekarang menduduki peringkat lima sebagai negara dengan jumlah sarjana terbanyak di dunia. 

Grafik yang terus meningkat ini diikuti dengan penambahan pola pikir masyarakat bahwa mereka ingin mendapatkan ilmu di lembaga pendidikan yang terbaik. 

Tentu saja hal ini disambut baik dan banyak dari lembaga pendidikan, baik dari dalam maupun luar Indonesia yang menyelenggarakan beasiswa-beasiswa untuk meningkatkan semangat belajar dari generasi ini. 

Oleh karena itu, peluang untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik semakin luas dan bahkan sekarang banyak kesempatan untuk bisa kuliah tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri berkat kehadiran beasiswa ini. 

Salah satu negara yang membuka beasiswa untuk pelajar asing adalah Jerman. Negara ini memang terkenal dengan kualitas pendidikannya yang terbaik di Eropa sehingga tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk belajar di sana. 

Selain itu, sekarang Jerman telah menetapkan peraturan untuk menggratiskan biaya pendidikan di tingkat undergraduate (sarjana S1) yang juga berlaku untuk pelajar internasional. 

Lalu bagaimana dengan tingkat S2? Walaupun belum digratiskan, masih ada jalan jika kamu terkendala dengan masalah dana dengan mendaftar beasiswa kuliah di Jerman S2.

Daftar Beasiswa Kuliah di Jerman S2 dari Pemerintah

Ada banyak beasiswa untuk program pascasarjana di Jerman yang bersumber dari pemerintah, non-pemerintah maupun dari universitas langsung. Berikut ini rangkuman penjelasan dari masing-masing beasiswa. 

  • Erasmus Mundus

Beasiswa kuliah di Jerman S2 pertama dari pemerintah adalah Erasmus Mundus. Program beasiswa ini diadakan oleh Komisi Uni Eropa untuk pelajar dari luar Uni Eropa. 

Erasmus Mundus adalah beasiswa yang fully funded yang artinya didanai penuh hingga menyelesaikan program pendidikan yang ditempuh. Selain itu penerima beasiswa juga mendapatkan tunjangan sebesar 24 – 48 ribu Euro tiap tahun untuk biaya hidup selama kuliah di Jerman. 

untuk tingkat pascasarjana, program  yang tersedia adalah Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD). program kuliah ini berlangsung selama dua tahun.

Peraih kelulusan akan mendapatkan joint degree (gelar tunggal yang dikeluarkan dari gabungan dua lembaga pendidikan) atau multiple degrees (setidaknya dua gelar sertifikat dari dua lembaga pendidikan). 

Cakupan bidang studi dari beasiswa ini pun cukup luas yaitu meliputi bidang humaniora, seni, ilmu sosial, STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dan kesehatan. 

Untuk mendapat informasi lebih lengkap dari beasiswa ini, kamu bisa mengunjungi website resminya di eacea.ec.europa.eu

  • Beasiswa DAAD

DAAD atau Deutscher Akademischer Austausch Dienst adalah dinas pertukaran antara Jerman dengan Indonesia di bidang akademik. Lembaga ini juga menawarkan beasiswa kuliah di Jerman S2 serta S3. 

Jumlah tunjangan yang diterima bisa berupa subsidi penuh maupun parsial, tergantung dari program dan bidang studi yang dipilih.

Beberapa beasiswa yang masuk ke dalam Skema DAAD yaitu Scholarships for Development-Related Postgraduate Courses (EPOS) dan juga Helmut-Schmidt Programme atau dikenal juga sebagai Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance (PPGG). 

Untuk beasiswa EPOS, bentuk bantuan yang diberikan adalah uang tunai sebesar 750 Euro/bulan. Kelebihannya yaitu kamu tetap bisa mengajukan diri untuk menjadi penerima beasiswa ini meskipun telah terdaftar di beasiswa lain.

Jurusan yang bisa mengikuti EPOS meliputi:

  • Development Co-operation
  • Business Administration/Economic Sciences/Political Economics
  • Regional Planning
  • Agriculture and Forest Sciences
  • Environmental Sciences
  • Engineering and Related Sciences
  • Mathematics
  • Social Sciences and Education
  • Media Studies
  • Medicine and Public Health
  • Veterinary Medicine

Sementara untuk Program Master PPGG, bidang yang tersedia berhubungan dengan kebijakan publik dan pemerintahan. Gelar yang ditawarkan untuk program ini yaitu:

  • Master of Analysis and Design of Social Protection Systems di Hochschule Bonn-Rhein-Sieg
  • Master of Development and Governance di University of Duisburg-Essen
  • Master of Public Policy (MPP) di University of Erfurt
  • Peace and Conflict Studies (PACS) di Otto Von Guericke University Magdeburg
  • Master of Management di Nonprofit-Organisation di University of Applied Science Osnabrück
  • Master of Governance and Public Policy di University of Passau 
  • Development Studies di University of Passau
  • Master of Public Management (MPM) di University of Potsdam

jika kamu berminat dan ingin menelusuri info beasiswa DAAD lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi ke situs resmi mereka di https://www.daad.de/en.

  • Deutschlandstipendium

Deutschlandstipendium adalah bantuan dana yang berasal dari kerja sama Kementerian Pendidikan dan Penelitian Federal Jerman dan sponsor sebesar 300 Euro/bulan. 

Pendanaan ini berlangsung selama dua semester dengan catatan pelajar yang terdaftar bisa terus mendapatkan tunjangan tersebut di periode berikutnya jika prestasi yang dicapai masih memuaskan.

Untuk mendaftar, kamu bisa mencari informasi dari perguruan tinggi masing-masing karena persyaratan dan kualifikasinya berbeda-beda untuk tiap jurusan. Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengunjungi situs resminya di www.deutschlandstipendium.de.

Daftar Beasiswa Kuliah di Jerman S2 dari Non-pemerintah

  • Daftar Beasiswa Kuliah di Jerman S2 dari Non-pemerintahHeinrich Böll Scholarships

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Heinrich Böll Stiftung yang pendaftarannya rutin dibuka setiap tahun. Kategori beasiswa yang diberikan tidak hanya untuk tingkat pascasarjana tapi juga untuk sarjana dan magister.

Yayasan Heinrich Böll akan membantu mendanai pelajar yang sedang studi di Jerman di ranah sains (Fachhochschulen) dan seni (Kunst-/Musikhochschulen). 

Persyaratannya selain mempunyai catatan prestasi akademik yang sangat baik, pendaftar juga harus memiliki ketertarikan terhadap subjek-subjek yang menjadi perhatian yayasan yaitu ekologi, peremajaan lingkungan, demokrasi, hak asasi manusia dan keadilan.

Cara untuk mendaftar bisa secara online di https://www.boell.de/en/foundation/scholarships. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai beasiswa ini di halaman tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Beasiswa S1 Jerman Untuk Mahasiswa Indonesia

  • Katholischer Akademischer Ausländer-Dienst (KAAD)

KAAD adalah institusi berbasis agama Katolik yang membuka beasiswa kuliah di Jerman S2 dan S3 untuk pelajar yang berasal dari negara berkembang, termasuk Indonesia. Selain jenjang pendidikan sarjana, institusi ini juga membiayai mereka yang sedang melakukan penelitian post-doktoral di Jerman.

Penerima beasiswa ini diutamakan untuk pelajar yang beragama Katolik akan tetapi tidak menutup kemungkinan pelajar yang menganut agama lain mendapatkannya, asalkan bidang studi yang dipelajari berorientasi kepada pembangunan bangsa.  

Cara mendaftar beasiswa ini  lewat Katholische Hochschulgemeinde (KHG) yang beroperasi di universitas kamu. Untuk mempelajari lebih detail mengenai persyaratannya bisa dilihat di situsnya di www.kaad.de/en/stipendien.

  • Friedrich Ebert Stiftung Scholarships

Yayasan lainnya yang memberikan beasiswa kuliah di Jerman S2 adalah Friedrich Ebert. Beasiswa ini diperuntukkan bagi pelajar berkebangsaan Jerman maupun non Jerman dari jurusan manapun. 

Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini kandidat harus meraih nilai akademis di atas rata-rata dan juga memiliki karakteristik yang kritis, penuh pemikiran politik dan peka akan nilai-nilai sosial dan demokrasi.

Bantuan yang diberikan berupa sejumlah uang sebesar 744 Euro dengan tambahan 300 Euro untuk kebutuhan pribadi penerima beasiswa. Selain itu ada pula peluang untuk mendapatkan asuransi kesehatan untuk kandidat yang masuk ke dalam kualifikasi tertentu.

Info lebih lengkap dari beasiswa ini bisa dilihat di www.fes.de/studienfoerderung/bewerbung

Beasiswa Kuliah di Jerman S2 dari Universitas

  • Beasiswa Kuliah di Jerman S2 dari UniversitasFrankfurt School of Finance and Management Tuition Programme

Jika kamu memiliki minat di bidang Finance and Management maka beasiswa ini adalah pilihan yang tepat. Frankfurt school menawarkan scholarships kepada pelajar terbaik untuk program studi:

  • Master of Finance
  • Master of Management
  • Master in Applied Data Science

Performa pelajar di universitas akan menjadi bahan pertimbangan sebagai kandidat penerima beasiswa. Selain itu kegiatan dan pencapaian kandidat juga berpengaruh seperti kegiatan ekskul yang diikuti, kemampuan interkultural, pengalaman internasional dan yang lainnya.

Penerima beasiswa akan mendapat bantuan pembiayaan pendidikan secara sebagian untuk program yang bersangkutan. Kamu bisa mengunjungi halaman situs mereka di www.frankfurt-school.de untuk mengetahui cara pendaftarannya. 

  • Jacobs University Msc Data Science for Society and Business Scholarship

Universitas kedua yang menyediakan beasiswa kuliah di Jerman S2 adalah Jacobs University yang bekerja sama dengan yayasan HANSA-FLEX dengan program studi Data Science for Society and Business (DSSSB). 

Biaya pendidikan sebesar 20 ribu Euro akan dibayarkan penuh untuk penerima beasiswa ini dan tidak hanya itu, kandidat juga berpeluang mendapat tunjangan tambahan hingga 12 ribu Euro per tahun untuk keperluan hidup dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

Jika kamu tertarik mendalami jurusan ini, kamu bisa mencoba mendaftarkan diri melalui situs mereka di  www.jacobs-university.de/dssb-scholarship.

Sekianlah pembahasan singkat mengenai daftar beasiswa kuliah di Jerman S2 dan untuk melancarkan hal tersebut ada baiknya Kamu mengikuti Kursus Bahasa Jerman di Virtu Education terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×