Daftar 5 Beasiswa ke Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan

By 11/02/2019 May 6th, 2019 Jerman
beasiswa ke jerman

Beasiswa ke Jerman – Mendapatkan beasiswa untuk bisa melanjutkan kuliah di Jerman? Siapa yang menyangka jika kamu ternyata adalah salah satu diantara yang beruntung. Mendapatkan beasiswa tentu perlu usaha keras dan mendapatkan informasi mengenai beasiswa sangat penting.

Kapan beasiswa diselenggarakan, berapa biaya yang akan ditanggung oleh beasiswa dan universitas manakah yang akan kamu masuki. Negara Jerman sangat mendukung kebutuhan pendidikan negara berkembang di Asia seperti Indonesia. Mereka selalu menyediakan ratusan beasiswa yang bisa diambil setiap tahunnya.

daftar beasiswa ke jerman
Daftar 5 Beasiswa ke Jerman yang Tidak Boleh Dilewatkan

Lalu, apa saja jenis beasiswa ke Jerman S2 dan S3 yang bisa kamu ambil? Berikut ini daftarnya dan jangan sampai ketinggalan.

1. Heinrich Böll

Beasiswa yang pertama dan selalu diadakan di bulan awal Maret ini diselenggarakan oleh The Heinrich Böll Foundation. Ditujukan kepada semua mahasiswa internasional yang bercita-cita untuk meraih prestasi di bidang semua subjek. Tentu saja banyak peminat dari negara yang berkembang selain Indonesia.

Baca Juga:  Semangat, 4 Beasiswa di Jerman Ini Untuk Orang Indonesia

Jika kamu berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu bisa memilih untuk melanjutkan sekolah di universitas Jerman manapun.

Target dari beasiswa ini sendiri tidak hanya di Asia namun juga di Eropa. Bagi mahasiswa Eropa, mereka bisa memilih untuk berkuliah di Jerman atau Swiss. Berapa biaya yang didapatkan? Untuk program Master Degree biaya yang diperoleh adalah 850 euro per bulan. Sedangkan untuk program PhD akan mendapatkan 1.200 euro per bulannya ditambah 100 euro untuk akomodasi.

2. Beasiswa KAAD

Tidak ada jurusan spesifik yang harus diambil jika ingin mendapatkan beasiswa ini. Namun seleksi akan dilihat dari latar belakang negara pelamar. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa negara berkembang seperti di Asia, Afrika dan Timur tengah.

Syarat utamanya adalah kamu memiliki agama katolik karena penyelenggara beasiswa ini adalah yayasan katolik. Bagi kamu yang belum berusia 30 tahun masih bisa mengikuti program S2 sedangkan untuk S3 dibatasi hingga maksimal umur 35 tahun. Beasiswa ini diselenggarakan setiap tahunnya di bulan Januari dan Juni.

cara mendapatkan beasiswa ke jerman3. Beasiswa GeT MA (German Turkish Masters Program in Social Sciences)

Beasiswa ini khusus untuk program S2, dan hanya diselenggarakan untuk kamu yang berminat di bidang social science. Syarat utama yang harus dipenuhi adalah kamu mahasiswa internasional yang telah lulus S1 dengan jurusan seperti social science, politik, sosiologi, sejarah, admin umum, hukum dan ekonomi.

Baca Juga:  Berapakah Biaya Hidup di Perancis Tanpa Beasiswa?

Bagi kamu yang mendapatkan beasiswa ini, universitas yang akan kamu masuki adalah Humboldt-Universität zu Berlin (Berlin, Jerman) dan Middle East Technical University (Ankara, Turki).

4. Beasiswa DAAD untuk Peneliti Muda

Bagi kamu yang merupakan peneliti muda dan ingin melanjutkan ke tingkat doctoral research jangan sampai ketinggalan beasiswa DAAD yang satu ini. Beasiswa diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Agustus and Oktober. Kamu bisa bersekolah di university negeri di Jerman selama 2 tahun dan melakukan penelitian di bidang yang disukai.

Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, maka biaya yang diberikan adalah 750 euro hingga 1000 euro. Jumlah tersebut sudah termasuk asuransi selama tinggal di jerman. Selain itu DAAD akan memberikan kamu biaya untuk penelitian ke luar kota kecuali biaya tersebut sudah diberikan oleh negara asal penerima beasiswa atau lembaga lainnya.

5. Beasiswa DAAD untuk Tata Kelola Negara

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan S2 jurusan tata kelola negara, jangan lewatkan beasiswa DAAD ini. Beasiswa yang diselenggarakan setiap tahun di bulan September Oktober diperuntukan kepada mahasiswa internasional.

Baca Juga:  Beasiswa Jerman DAAD Yang Mudah Didapatkan

Banyak sekali sekolah yang termasuk di dalamnya menjadi tujuan belajar seperti Hertie School of Governance, University of Duisburg-Essen, Leuphana University of Lüneburg, dll.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan per bulannya sebesar 850 euro. Bagi kamu yang ingin mendapatkan beasiswa ini harus mengikuti kursus bahasa Jerman mulai April hingga September.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply