Beasiswa Jerman DAAD Yang Mudah Didapatkan

By 27/12/2018 Jerman
beasiswa jerman daad indonesia

Beasiswa Jerman – Jika ingin kuliah negara manakah yang ingin kamu datangi? Ada banyak negara di dunia yang menyediakan fasilitas perguruan tinggi berkualitas baik dengan harga murah. Kamu bisa pergi ke Amerika, Australia atau wilayah Asia seperti Jepang dan China. Beberapa negara tersebut akan memberikan banyak ilmu pengetahuan yang lebih luas.

Tak ketinggalan negara-negara yang ada di Eropa juga menjadi pelopor pendidikan terbaik di dunia. Italia, Perancis, Inggris dan Jerman. Dari semua negara di Eropa Jerman adalah menyediakan paling banyak universitas dengan berbagai macam jurusan. Bagaimana dengan biaya kuliah?

Tenang saja tidak seperti di Indonesia yang membutuhkan biaya tinggi untuk menyelesaikan kuliah S1 atau S2. Jerman adalah negara yang menjunjung tinggi pendidikan, bagi mereka pendidikan sangat penting dibandingkan dengan faktor lainnya bahkan sangat terbuka bagi masyarakat di seluruh dunia.

beasiswa jerman daad

Banyak universitas yang gratis atau menyediakan layanan biaya rendah sehingga siapa saja bisa kuliah di sana dengan mudah. Tertarik untuk kulah di Jerman? Maka beasiswa adalah salah satu cara yang bisa ditempuh lhoh dan jangan salah ada banyak sekali jenis beasiswa yang ditawarkan baik dari pemerintah maupun swasta.

Banyak sekali beasiswa s1 Jerman full atau beasiswa Jerman s2 hingga s3 yang bisa diambil. Kesempatan pun terbuka lebar hinga ratusan kursi. Jika kamu merasa menjadi orang terpilih teruslah berusaha karena banyak cara yang perlu dilakukan mulai dari sekarang untuk mendapatkan beasiswa ini.

Baca Juga:  Menguasai Percakapan Bahasa Jerman dan Artinya

Mengenal Beasiswa DAAD Jerman

Banyaknya jenis beasiswa yang ditawarkan pemerintah Jerman atau swasta membuat para peserta akan bingung mana beasiswa yang seharusnya diambil? Nah kali ini kamu bisa mendapatkan beasiswa yang paling mudah untuk diraih. Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jerman adalah yang bisa kamu raih dengan mudah.

Beasiswa ini bernama DAAD atau Deutscher Akademische Austauschdienst german Academic Exchange Service. Beasiswa ini sudah ada sejak lama lhoh yakni tahun 1925. Sebenarnya DAAD adalah sebuah organisasi yang mengumpulkan dana dari berbagai sumber seperti pemerintah Jerman langsung, negara lain yang akan mengirimkan siswa untuk sekolah di Jerman seperti Indonesia, serta beberapa perusahaan swasta.

Jadi akan lebih mudah mendapatkan satu kursi beasiswa melalui penyedia beasiswa dari berbagai sumber ini. Hingga tahun 2016 kemarin beasiswa DAAD ini telah mendanai sebesar lebih dari 131.000 penerima dalam negeri dan internasional. Bisa dibayangkan seberapa besar kesempatan kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa DAAD ini bukan?

Kantor organisasi DAAD di Indonesia berada di Jakarta jadi dapat dipastikan jika kamu menerima beasiswa ini kehidupan di sana dan keberlangsungan akademik di sana akan terjamin. Biaya yang didapatkan dari beasiswa DAAD bervariasi tergantung dengan jurusan yang akan diambil.

Mulai dari asuransi kesehatan, biaya tempat tinggal, biaya kuliah tentu saja hingga biaya kehidupan di sana akan ditanggung penuh oleh beasiswa ini. Jadi jangan sampai kamu telat lulus kuliah atau nilai prestasi kamu turun karena akan mempengaruhi keberlanjutan mendapatkan beasiswa DAAD ini.

Baca Juga:  5 Keuntungan Kursus Bahasa Jerman di Bandung

Satu bocoran nih yang perlu kamu cermati untuk bisa lolos mendapatkan beasiswa DAAD yaitu kamu harus menulis surat motivasi yang menyatakan keinginan melanjutkan studi di Jerman. Surat ini adalah salah satu syarat yang penting bagi kamu untuk bisa lolos jadi pelajari baik-baik materi penilaian berikut ini:

  1. Alasan mengapa kamu mendaftarkan diri untuk beasiswa DAAD. Alasan yang dikemukakan harus singkat namun mencakup apa yang kamu harapkan dari beasiswa ini dan bagaimana kamu akan meraih cita-cita secara detil.
  2. Ceritakan motivasi detil tentang jurusan yang akan kamu ambil. Penilaian akademik akan berpengaruh dan pilihan universitas beserta alasannya. Kamu juga perlu menjelaskan kemampuan kamu di bidang tersebut terutama kemampuan berbahasa Jerman yang baik.
  3. Ceritakan pengalaman kamu diluar akademik. Semakin banyak kegiatan di luar akademik yang diambil tentu pemberi beasiswa akan semakin tertarik dengan diri kamu. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Jerman DAAD akan semakin tinggi.

Biasanya surat motivasi ini akan menjadi penentu utama disamping nilai tes bahasa Jerman dan tes akademik lainnya. Jadi persiapkan diri kamu dengan baik dari sekarang.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply