Bachelor Degree : Pengertian dan Gelar Pendidikan Lainnya

By 18/05/2020 Jerman
bachelor degree adalah

Bachelor Degree Adalah – Setelah lulus pendidikan S1 maka kamu akan mendapatkan gelar Sarjana sesuai dengan jurusan yang diambil. Lalu apakah gelar sarjana yang didapatkan sama dengan sarjana luar negeri? Jika ingin mengetahui sama atau tidaknya, maka kamu harus mengetahui bagaimana sistem pendidikan di Indonesia dan luar negeri contohnya Amerika.

Setiap negara memiliki kebijakan pendidikan yang berbeda-beda. Misalnya saja di Indonesia diselenggarakan sistem pendidikan wajib belajar 12 tahun dari SD sampai SMA. Jenjang pendidikan ini juga diterapkan di Amerika, hanya saja disana waktu untuk menyelesaikan hanya 11 tahun saja.

Pada tingkat pendidikan tinggi atau perkuliahan, siswa bisa memilih untuk melanjutkan ke college atau universitas yang jika di Indonesia dikenal dengan kampus diploma atau universitas.

Pada tingkat pendidikan tinggi inilah ada begitu banyak gelar yang diberikan dan seringkali membuat bingung. Ada yang disebut dengan postgraduate, graduate, bachelor, diploma dan associate degree. Sebenarnya hampir semuanya sama dengan Indonesia, hanya istilahnya berbeda.

Misalnya saja bachelor degree adalah gelar sarjana yang diberikan kepada mahasiswa setelah menyelesaikan pendidikan S1. Di tingkat pascasarjana ada gelar graduate dan postgraduate yang diberikan. Yuk kenali lebih lanjut mengenai istilah-istilah ini dan penerapannya di Indonesia.

Apa Itu Bachelor Degree?

bachelor degree
Pada pendidikan tinggi yang pertama, tepatnya setelah lulus SMA, kebanyakan siswa akan melanjutkan ke program pendidikan S1. Di Indonesia program S1 bisa diselesaikan dalam jangka waktu paling cepat 3,5 hingga 4 tahun. Berbeda dengan di negara-negara Eropa yang lebih cepat yaitu hanya 3 tahun saja.

Selesai dari pendidikan S1, maka mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi Indonesia akan mendapatkan gelar Sarjana yang dilanjutkan dengan singkatan jurusan. Misalnya saja Sarjana Pendidikan (S.Pd), Sarjana Komputer (S.Kom), Sarjana Psikologi (S.Psi), dll.

Jika kamu kuliah di luar negeri, maka gelar yang didapatkan adalah Bachelor. Bachelor degree artinya gelar sarjana. Contoh penulisannya adalah Bachelor of Arts (BA), Bachelor of Science, (BS), Bachelor of Fine Arts (BFA).

Baca Juga:  25 Daftar Universitas Terbaik di Dunia Lengkap dari 7 Negara

Mengapa mendapatkan gelar bachelor ini begitu penting? Secara umum, memiliki pendidikan yang lebih tinggi artinya akan mendapatkan pendapatan yang tinggi jika. Kebanyakan profesional dan pekerjaan yang membutuhkan kemampuan teknik membutuhkan seorang yang telah memiliki gelar bachelor.

Untuk bisa mendapatkan gelar ini, kamu harus menyelesaikan 120 credit semester dari sekitar 40 mata kuliah. Bachelor degree adalah tiket emas untuk bisa meraih karir yang lebih menjanjikan. Pada beberapa kasus juga, kamu tidak bisa menjadi seorang yang profesional dalam bidang hukum, kedokteran atau guru jika tidak memiliki bachelor degree.

Selain mendapatkan karir yang lebih baik, gelar sarjana ini juga digunakan untuk bisa melanjutkan ke pascasarjana. Karena gelar sarjana akan menentukan karir atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi lagi maka penting untuk diperhatikan adalah memilih program jurusannya.

Sebelum mendaftar ke sebuah jurusan di universitas, cobalah untuk tanyakan kepada diri sendiri beberapa pertanyaan berikut:

– Apakah gelar khusus ini akan dibutuhkan dalam meraih profesi yang diinginkan di masa depan?

– Apakah bachelor degree bisa digunakan untuk melanjutkan ke program pascasarjana?

– Berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan gelar tersebut?

– Apakah terdapat bantuan biaya kuliah?

– Apakah perkuliahan online yang diselenggarakan masih membutuhkan kehadiran atau absensi tatap muka atau tidak?

Jika semua peraturan yang diselenggarakan di universitas untuk mendapatkan gelar bachelor dan setelahnya memang dibutuhkan untuk masa depanmu, maka pilih jurusan tersebut. Jika tidak dan kamu ingin segera bekerja setelah lulus SMA, ada beberapa pilihan lainnya.

Apa itu Graduate dan Postgraduate?


Apabila setelah lulus program bachelor kamu masih ingin meneruskan untuk belajar, maka masuk ke program pascasarjana adalah pilihannya. Ada dua tingkatan dalam program ini yaitu S2 dan S3. Jika arti bachelor degree adalah gelar sarjana dalam tingkatan pendidikan S1, maka di tingkat lanjutannya adalah S2 atau graduate degree.

Graduate degree akan memberikan pemahaman lanjutnya mengenai topik dalam bidang tertentu. Menyelesaikan graduate degree artinya kamu telah menunjukkan komitmen untuk pembelajaran seumur hidup yang dihargai oleh banyak pengusaha. Setelah menyelesaikan nantinya kamu akan mendapatkan gelar master.

Baca Juga:  Ketahui, Inilah 5 Perbedaan Institut dan Universitas

Ada begitu banyak jenis gelar yang diberikan seperti Master of Arts (M.A.), Master of Science (M.S.), Master of Professional Studies (M.P.S.), dll. Jika dilihat sekilas, gelar Master yang diberikan mirip dengan bachelor. Hanya saja bachelor degree adalah menggunakan kata bachelor namun untuk program studi yang dipilih memiliki nama yang sama.

Postgraduate termasuk dalam program pascasarjana yang tingkatannya paling tinggi. Setelah menyelesaikan S2 maka kamu bisa melanjutkan ke tingkat S3, yang menjadi postgraduate. Fokusnya adalah untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan secara lebih tinggi lagi. Pengetahuan digunakan untuk menyelesaikan permasalahan baru. Gelar yang didapatkan adalah doctoral degree (Ph.d).

Seseorang bisa mendapatkan Phd jika mempelajari bidang ilmu seperti teknologi, sastra, social science dan ilmu sejenisnya. Baik itu graduate degree dan postgraduate memiliki opsi pembelajaran yang fleksibel tetapi belajar dalam kurikulum yang lebih fokus lagi.

Apa Itu Undergraduate, Diploma dan Associate Degree?

apa itu bachelor
Setelah memahami apa itu bachelor degree, graduate degree dan postgraduate maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semua gelar tersebut didapatkan jika kamu menyelesaikan kuliah di universitas atau institusi sejenis. Tapi tingkat pendidikan bukan hanya itu saja.

Masih ada istilah undergraduate, diploma dan juga associate degree. Undergraduate adalah sebuah program yang dipenuhi sebelum masuk ke tingkat graduate atau S1.

Maka di dalamnya termasuk tingkat Diploma, Associate Degree hingga Bachelor. Di Indonesia setelah lulus SMA tak ada gelar yang diberikan dan siswa bisa melanjutkan ke universitas, institut, akademi, sekolah tinggi atau politeknik.

Berbeda dengan di luar negeri, seorang siswa yang lulus SMA mendapatkan gelar Diploma, Sedangkan di Indonesia gelar Diploma didapatkan jika berhasil menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi yang dibagi menjadi empat yaitu program D1, D2, D3 dan D4. Program ini disebut dengan sekolah vokasi jika di Indonesia.

Baca Juga:  12 Nama Nama Gelar S2 di Luar Negeri Setelah Lulus

Tingkat yang sama seperti sekolah vokasi juga diterapkan di luar negeri namun disebut dengan collage yang diselenggarakan selama satu tahun dan dua tahun saja. Orang yang berhasil menyelesaikan collage dalam satu tahun akan mendapatkan gelar certificate, sedangkan jika melanjutkan lagi dua tahun akan mendapatkan associate degree.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa mendapatkan certificate selama satu tahun setara dengan D2. Apabila menyelesaikan associate degree maka setara dengan D4. Baru setelah itu jika ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat S1 akan mendapatkan bachelor degree.

Dari semua pengertian mengenai gelar ini, maka bachelor degree adalah berada dalam posisi yang sangat penting. Bagi mereka yang lulus SMA maupun Collage atau Diploma harus menyelesaikan pendidikan bachelor jika ingin menjadi seorang profesional di bidangnya.

aldy

Author aldy

More posts by aldy

Leave a Reply

×