Ausbildung Perhotelan: Pengertian, Syarat, dan Gajinya

By 24/06/2021 Jerman
ausbildung perhotelan

Ausbildung Perhotelan merupakan program sekolah sambil bekerja selama 3 tahun yang dilakukan di Jerman. Perlu ditekankan bahwa program Ausbildung bukan merupakan program kerja dengan tujuan mencari uang. Namun program Ausbildung merupakan program pendidikan yang diadakan oleh pemerintah Jerman.

Peserta akan belajar secara teori dan dilatih praktik kerja langsung di perusahaan-perusahaan yang terdaftar dan memiliki program Ausbildung ini. Yang akan dibahas kali ini adalah Ausbildung Perhotelan.

Apa Itu Ausbildung Perhotelan?

Ausbildung Perhotelan merupakan program Ausbildung dengan jurusan perhotelan. Siswa atau azubis yang mengikuti program Ausbildung Perhotelan akan mempelajari semua jenis pekerjaan yang ada di hotel.

Pendidikan yang ditawarkan para program Ausbildung Perhotelan ini pada umumnya adalah tentang management perhotelan, management restaurant serta koki.

Dengan mengikuti program Ausbildung Perhotelan, para peserta akan diajarkan semua jenis pekerjaan yang berada di dalam industri hotel. Adapun hal-hal yang akan dipelajari adalah sebagai berikut:

  1. Küchenarbeiten yakni seputar menyiapkan bahan makanan yang akan digunakan di dapur.
  2.  Im Büro yakni seputar administrasi dan proses akuntansi perhotelan.
  3. Rezeption yakni seputar resepsionis, mengurus check-in dan juga memberikan informasi kepada pelanggan.
  4. Housekeeping yakni seputar membersihkan kamar, menyiapkan dan menyediakan barang-barang kebersihan di kamar.
  5. Restaurantarbeiten yakni seputar membantu para tamu untuk memesan dan menyajikan makanan.

Di awal pelatihan, peserta Ausbildung Perhotelan akan diajarkan pelajaran yang mudah dan sederhana. Para peserta akan mempelajari pekerjaan seperti room service, resepsionis, administrasi perhotelan, akuntansi, manajemen dan pekerjaan dapur.

Untuk jadwal kegiatannya, ada yang menetapkan 2 hari sekolah, 3 hari praktik kerja dan 2 hari libur. Ada pula yang menetapkan 2 minggu sekolah dan 2 minggu praktik kerja. Hal tersebut tergantung pada peraturan yang ditetapkan di masing-masing hotel.

Dengan gelar ahli perhotelan, peserta lulusan Ausbildung Perhotelan bisa bekerja di hotel, hostel, losmen, restoran, kapal pesiar sampai dengan klinik kesehatan.

Apa Saja Syarat Mengikuti Ausbildung Perhotelan?

Syarat Mengikuti Ausbildung PerhotelanDi Jerman, hotel-hotel tidak terlalu mementingkan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja calon peserta Ausbildung Perhotelan.

Mereka akan mendidik dan mengajarkan para pesertanya sendiri mulai dari nol. Hal ini dikarenakan mereka hanya mengakui kualitas didikan mereka sendiri.

Tidak ada persyaratan khusus yang dibutuhkan saat mendaftar Ausbildung Perhotelan. Siapapun dan dari jurusan apapun bisa melakukan pendaftaran Ausbildung Perhotelan.

Adapun kualifikasi yang disarankan untuk yang berminat mengikuti Ausbildung Perhotelan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan bahasa Jerman minimal level B1
  • Memiliki minat tinggi di bidang perhotelan
  • Memiliki motivasi yang kuat untuk belajar
  • Minimal usia 18 tahun
  • Minimal lulusan SMA/SMK Sederajat
  • Diploma atau Sarjana dari jurusan apapun

Tentang Akomodasi dan Biaya Ausbildung Perhotelan

Untuk Ausbildung Perhotelan, memiliki aturan akomodasi dan biaya yang ditetapkan langsung oleh pihak hotel.

Ada hotel yang akan memberikan kamar secara gratis untuk 2 sampai 3 peserta Ausbildung dalam 1 kamar. Ada juga hotel yang menetapkan biaya akomodasi mulai dari 30 sampai dengan 200 euro per bulannya.

Begitu pula tentang biaya makan. Ada hotel yang tidak memberikan biaya makan gratis dan menagih biaya makan ketika sedang praktik kerja di hotel.

Namun pemerintah Jerman telah menetapkan jumlah uang yang harus dipegang oleh para peserta Ausbildung Perhotelan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Jadi, apabila ada potongan penghasilan dari hotel, maka sisa uang peserta tidak boleh di bawah 300 euro perbulannya.

Masa Percobaan atau Probezeit

Peserta Ausbildung Perhotelan akan mendapatkan masa percobaan di Jerman selama 3 bulan. Peserta berhak dikeluarkan apabila dianggap tidak memiliki attitude yang bagus dan melanggar peraturan yang berlaku.

Adapun hal yang dapat membuat peserta Ausbildung Perhotelan diberhentikan atau di-kündigen adalah sebagai berikut:

  1. Bolos ke sekolah. Peserta Ausbildung Perhotelan bekerja selama 3x dalam seminggu selama 8 jam per harinya. Sekolah juga akan dianggap bekerja sehingga di Vertrag akan tertulis jumlah jam kerja sebanyak 40 jam. Bila bolos, maka peserta harus pergi bekerja.
  2. Kemampuan bahasa Jerman tidak ada peningkatan.
  3. Tidak disiplin, datang telat ke sekolah, datang telat saat bekerja atau bertemu dengan pihak Arbeitgeber.
  4. Performa kerja yang buruk seperti lamban, tidak memiliki inisiatif, tidak mendengarkan arahan, tidak rapi dan kotor saat di tempat kerja.

Untuk proses pemberhentiannya sendiri ada proses yang harus dijalani. Jadi tidak semena-mena secara tiba-tiba siswa diberhentikan.

Berapa Gaji Ausbildung Perhotelan?

Gaji Ausbildung PerhotelanJika peserta Ausbildung Perhotelan yang sudah lulus dan pernah memiliki pengalaman profesional dalam beberapa tahun serta memiliki tanggung jawab pada manajemen hotel maka gaji yang diperoleh bisa mencapai 3 ribu euro lebih.

Secara umum, gaji Ausbildung Perhotelan umumnya adalah tidak akan kurang dari 1500 euro dan sudah diatur sebagai upah minimum pada udang-undang.

Pemerintah Jerman menetapkan jumlah gaji Ausbildung Perhotelan adalah 650 euro perbulan. Jumlah gaji tersebut sudah dianggap cukup untuk akomodasi, biaya makan, transportasi, pajak, asuransi kesehatan, dan lain-lainnya.

Untuk mendapatkan gaji yang besar tentunya harus sesuai dengan kemampuan profesional yang dimiliki. Maka, untuk mendapatkan gaji yang maksimal, peserta yang lulus Ausbildung Perhotelan bisa melanjutkan pelatihan lainnya.

Jenjang Pendidikan Ausbildung Perhotelan

Untuk mendapatkan penghasilan atau gaji yang tinggi, tentunya diperlukan kemampuan yang profesional dan jenjang pendidikan yang mumpuni.

Setelah lulus dari program Ausbildung Perhotelan, peserta bisa meningkatkan keahlian profesi spesialis dengan jenjang pelatihan selanjutnya seperti di bawah ini.

1. Hotelmeister

Pelatihan ini merupakan pendidikan lebih lanjut untuk master hotel bersertifikat. Pendidikan hotelmeister bisa dilakukan dan diselesaikan dengan penuh maupun paruh waktu.

Pelatihan yang dilakukan pada pendidikan master ini mencakup topik seputar akuntansi, kepemimpinan dan perencanaan proses kerja. Pelatihan ini akan membawa banyak tanggung jawab dan tentunya gaji yang lebih tinggi.

2. Fachwirt im Gastgewerbe

Jika peserta telah melaksanakan magang, maka dapat mengikuti program spesialis dalam industri perhotelan. Pelatihan ini lebih berorientasi seputar ekonomi.

Setelah mengambil pelatihan ini, peserta dapat mengelola departemen perhotelan. Untuk waktu pelatihan yang dibutuhkan adalah sekitar 18 bulan dengan pembelajaran jarak jauh dan 5 bulan untuk penuh waktu.


  1. Studium

Jenjang pendidikan selanjutnya yang bisa diambil oleh peserta Ausbildung Perhotelan adalah masuk universitas. peserta dapat belajar terkait pariwisata. Sehingga peserta bisa bekerja pada bidang manajemen dan membuka pekerjaan yang lebih luas.

4. Langsung Kerja di Jerman

Untuk para peserta Ausbildung Perhotelan yang sudah menyelesaikan studi selama 3 tahun di Jerman, biasanya akan diharapkan untuk bekerja di tempat praktik oleh pihak hotelnya.

Namun, peserta yang sudah lulus Ausbildung Perhotelan tidak diwajibkan untuk bekerja di hotel tempat mereka praktik.

Peserta bisa melamar kerja di hotel Jerman lainnya. Jerman merupakan negara yang cukup krisis di bidang tenaga kerja khususnya pada bidang keperawatan dan perhotelan. Maka dari itu, program Ausbildung Perhotelan ini banyak ditawarkan ke negara-negara lain.

Daftar Ausbildung Perhotelan Mudah di Virtu Education

Daftar Ausbildung Perhotelan Mudah di Virtu EducationVirtu Education memiliki program untuk para masyarakat Indonesia yang ingin daftar Ausbildung ke Jerman. Anda akan diajarkan kemampuan bahasa Jerman untuk mendapatkan sertifikat bahasa Jerman pada level B1.

Untuk mengikuti program Ausbildung Perhotelan di Jerman, hal utama dan terpenting yang harus dimiliki oleh calon peserta adalah kemampuan bahasa Jerman yang baik dan benar.

Anda bisa mengikuti pelatihan bahasa bersama tutor-tutor terbaik di Virtu Education. Karena Virtu Education melakukan pelatihan yang ketat untuk para tenaga pengajarnya yang luar biasa.

Daftar Ausbildung Perhotelan bisa Anda lakukan di sini. Virtu Education akan membantu Anda menyiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk melaksanakan program Ausbildung di Jerman.

Anda bisa berkonsultasi langsung secara gratis dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program Ausbildung melalui kontak kami.  

Selain Ausbildung, Virtu Education juga memiliki program lainnya seperti FSJ di Jerman, kerja di Jepang, kuliah di negara Eropa, peningkatan kemampuan bahasa asing dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Segera konsultasikan cita-cita bekerja di Jerman bersama Virtu Education.

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×