Perbedaan Universitas dan Ausbildung di Jerman Ini Perlu Diketahui

By 11/01/2019 August 16th, 2019 Jerman
ausbildung di jerman
virtu education jakarta

Virtu Education Jakarta
Bellagio Mall Lt 1. Suite 223-224
Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Ausbildung di Jerman – Ada banyak cara ke Jerman, banyak yang mengira hingga saat ini jika untuk pergi ke Jerman membutuhkan banyak uang dan jika ingin murah harus mendapatkan beasiswa. Tentu saja untuk mendapatkan beasiswa dibutuhkan persiapan yang panjang dan biaya yang tidak murah.

Zaman telah berubah dan cara untuk bisa ke luar negeri seperti Jerman kini berbagai macam. Syarat utama kamu bisa pergi ke Jerman adalah menguasai bahasa Jerman dasar, selanjutnya kamu bisa mengasah kemampuan bahasa selama tinggal di sana.

Baca Juga:  3 Tips Menguasai Kata Kerja Bahasa Jerman dengan Cepat

Ada dua cara yang saat ini banyak dipilih pertama adalah dengan bersekolah masuk ke universitas di Jerman dengan biaya pribadi dan melalui beasiswa. Cara kedua adalah mengikuti program ausbildung. Salah satu dari kedua cara ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan rencana di masa depan.

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana kamu bisa memilih keduanya yang terbaik dan apa saja keuntungan dari masing-masing program tersebut.

ausbildungPerbedaan Universitas dan Ausbildung di Jerman

Pada saat akan memilih program manakah yang sesuai dengan keinginan kamu, ada beberapa pertanyaan yang bisa kamu tanyakan pada diri sendiri. Apakah hal terbaik yang bisa kamu lakukan? Apakah hal yang kamu sukai dan tertarik? Terakhir adalah apakah rencana yang akan kamu lakukan di masa depan.

Universitas seperti yang telah diketahui adalah tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan diberbagai macam bidang khususnya dalam teori dan penelitian. Kamu akan mendapatkan gelar S1, S2 dan S3 tergantung dengan tingkatan yang kamu ambil. Di universitas kamu hanya akan sekolah dan melakukan penelitian sesuai dengan jurusan yang diambil dan keinginan kamu.

Waktu yang ditempuh untuk mengambil S1 di Jerman maksimal 4 tahun, S2 dan S3 maksimal 2 tahun. Masing-masing tingkatan universitas ini membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan. Jika kamu adalah penerima beasiswa maka kamu harus bisa selesai sekolah tepat waktu.

Baca Juga:  Beasiswa Kuliah di Jerman dari Universitas Hamburg

Di sisi lain Ausbildung adalah sekolah yang memberikan dua hal yakni teori dan juga praktek. Ada banyak juga jurusan yang bisa kamu ambil dalam program Ausbildung namun yang paling banyak diminati adalah bidang teknik. Inilah perbedaannya dalam program ausbildung kamu cukup menempuh satu kali sekolah dan durasi yang dibutuhkan adalah 2 hingga 4 tahun.

Mempelajari teori dan juga praktek adalah hal yang sangat menguntungkan karena pada saat praktek kamu akan bekerja langsung di sebuah perusahaan. Penyelenggara dari ausbildung adalah perusahaan jadi jika kamu ingin mengikuti program ini sebaiknya rajin-rajinlah mencari informasi terbaru. Pada praktek kerja kamu akan mendapatkan uang yang merupakah upah bulanan.

Uang yang kamu dapatkan selama bekerja berkisar antara 300 hingga 500 euro tergantung jenis pekerjaan dan juga kemampuan kamu dalam bekerja. Uang tersebut bisa digunakan untuk biaya hidup selama tinggal di Jerman. Program ini memperbolehkan kamu untuk mengambil pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tambahan di yayasan lain. Asalkan kamu benar-benar pandai dalam mengatur waktu.

Keuntungan Mengikuti Ausbildung di Jerman dan Universitas

ausbildung jermanMengenal perbedaan dari program ausbildung dan sekolah di universitas pasti sudah cukup menjelaskan apa tujuan dari masing-masing program. Saat kamu memilih bandingkan keuntungan keduanya karena inilah yang menjadi bahan pertimbangan sangat penting.

Apa saja keuntungan ketika sekolah di Universitas dan apakah syaratnya mudah? Berikut penjelasannya:

Kamu bisa mendapatkan visa dengan mudah menggunakan surat penerimaan mahasiswa baru dari universitas di Jerman. Tidak membutuhkan keahlian khusus sebagai syarat dasarnya.

Bisa mengambil cuti kuliah jika diperlukan

– Mendapatkan kesempatan untuk studi banding dan juga berbagai penelitian

– Lapangan pekerjaan lebih luas tidak harus sesuai dengan jurusan yang diambil

– Bisa memperpanjang masa studi maksimal 3 semester untuk mahasiswa internasional dengan alasan yang jelas.

Melihat keuntungan dari sekolah di universitas, apakah sesuai dengan keinginan kamu? Jika tidak kamu bisa melihat keuntungan ausbildung di Jerman berikut ini:

– Lebih mudah mendapatkan visa sekolah dan bekerja tanpa harus ada jaminan uang di tabungan dan sponsor tertentu

– Mendapatkan kesempatan pekerjaan yang tinggi pada bidang yang dipelajari selama program ausbildung

Baca Juga:  Beasiswa Jerman S2 Terbaik yang Tidak Boleh Dilewatkan

Lebih banyak kerja praktek yang dilakukan dibandingkan dengan pelajaran di kelas dan teori jika kamu memiliki keluarga bisa mendapatkan kesempatan bekerja paruh waktu tambahan dan beberapa perusahaan memberikan kesempatan kursus bahasa Jerman

Masing-masing program memiliki keuntungan yang berbeda. Kini saatnya kamu memilih manakah program yang akan kamu ikuti? Apabila kamu berorientasi pada uang selama hidup di Jerman maka program ausbildung sangat cocok untuk diambil. Lebih mudah mendapatkan uang untuk biaya hidup apabila kamu tidak mendapatkan beasiswa untuk kuliah di universitas.

Bagi kamu yang lebih suka dengan penelitian dan ingin mengembangkan kemampuan di bidang tertentu maka sebaiknya kamu mengambil kesempatan untuk berkuliah di universitas di Jerman.

Virtu Education Bandung
Jalan Pajajaran No 138B
Kota Bandung, Jawa Barat

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply