Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ

By 25/07/2020 August 11th, 2020 Jerman
ausbildung di jerman
Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ
Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ
Ausbildung di Jerman

Belajar dan bekerja bahkan mendapatkan gaji, ikuti Ausbildung di Jerman. Seperti apakah program Ausbildung? Pelajari manfaat hingga cara mendaftarnya

Ekonomi Jerman yang maju ditunjang juga oleh sumber daya manusia yang berkualitas. Jerman mengedepankan pendidikan masyarakatnya agar mereka mampu meningkatkan perekonomian negara. Bagaimana Jerman mendidik masyarakat agar bisa memiliki kualitas yang dibutuhkan? Pemerintah Jerman menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan yang bukan hanya sebatas pendidikan tinggi di universitas saja.

Program Ausbildung menjadi salah satu sarana yang mampu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Bahkan tidak hanya dibuka khusus untuk masyarakat Jerman atau uni Eropa tetapi secara internasional. Ausbildung bisa dimanfaatkan bagi siapa saja bahkan di Indonesia untuk menimba ilmu selain duduk di bangku perkuliahan.

Seperti apa program Ausbildung Jerman? Bagaimana seseorang bisa mengikuti program ini dan bidang apa saja yang diselenggarakan? Bagi kamu yang masih banyak pertanyaan seputar Ausbildung semuanya akan dijawab pada artikel ini.

Apa Itu Ausbildung?

Sebenarnya apakah program Ausbildung? Bagaimana program ini akhirnya bisa meningkatkan kemampuan kerja seseorang? Konsep dari program ini adalah sekolah yang bisa diikuti dalam bentuk training. Siapa saja yang mengikutinya akan bersekolah dan juga bekerja. Materi secara teori akan didapatkan di dalam kelas dan pengetahuan tentang praktek akan didapatkan di tempat kerja. Keduanya didapatkan secara langsung, bisa dibilang program ini belum diterapkan di Indonesia.

Apabila sekolah lain hanya mendapatkan materi di kelas, program Ausbildung memberikan praktek bahkan juga mendapatkan gaji. Program ini disebut sebagai Duale Ausbildung. Program akan dimulai pada awal bulan September setiap tahunnya. Kemanakah seseorang harus melamar untuk mengikuti program ini? Karena diadakan baik secara teori dan juga praktek maka pelamar harus mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan.

Bukan sembarang perusahaan tetapi yang memiliki sertifikasi dari IHK (Industrie und Handelskammer) untuk bisa melatih Azubis (siswa). Durasi mengikuti Ausbildung adalah sekitar 3 hingga 4 tahun. Gaji yang akan didapatkan adalah sekitar 500 hingga 1.100 euro, jumlah ini tergantung jenis profesi yang diambil.

Sekilas dijelaskan bahwa siswa yang mengikuti program Duale Ausbildung atau Duale Berufsausbildung bisa belajar, bekerja dan mendapatkan gaji. Ini merupakan salah satu jenis program dari tiga program yang dicanangkan. Dua program lainnya adalah Schulische Ausbildung dan Ausbildung Sorientiertes duales Studium.

Schulische Ausbildung merupakan jenis pendidikan reguler dimana teori dan juga praktek diajarkan namun hanya bagian dasar saja. Selain itu siswa yang melakukan praktek kerja tidak mendapatkan gaji. Ausbildung Sorientiertes duales Studium adalah teori diajarkan, dan praktek kerja juga mendapatkan gaji. Bedanya adalah program ini juga mempersiapkan siswa untuk bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu universitas. Durasinya bisa lebih lama yaitu 3 hingga 5 tahun.

Manfaat Ausbildung Jerman
dan Berbagai Fasilitasnya

Sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah Jerman ini tentu saja memberikan banyak sekali manfaat. Baik itu manfaat untuk negara Jerman atau pribadi seseorang. Bagi negara tentu saja keuntungannya adalah memajukan tingkat perekonomian masyarakat. Tingkat pengangguran yang cukup rendah di Jerman juga salah satunya berkat diadakannya program ini.
Manfaat yang diberikan program Ausbildung ini untuk pribadi juga cukup banyak. Apalagi setelah program ini dapat diikuti oleh semua masyarakat di berbagai belahan dunia. Apa saja manfaatnya?

Belajar dan Bekerja

1. Belajar dan Bekerja Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ

Dua pengetahuan sekaligus diberikan dan inilah yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Perbandingan teori dan juga praktek yang diberikan sebesar 30% dan 70 %. Pada minggu-minggu awal siswa akan belajar di dalam kelas secara teori sebelum akhirnya terjun ke dunia kerja. Semua teori yang didapatkan tentu akan dipraktekkan selama bekerja.

Mendapatkan Gaji

2. Mendapatkan Gaji 2. Mendapatkan Gaji

Bagi kamu yang mengikuti program Duale Ausbildung dan Ausbildung Sorientiertes duales Studium selama bekerja kamu akan mendapatkan gaji. Semua gaji ini bisa digunakan untuk biaya operasional selama tinggal di Jerman.

Gaji yang didapatkan disesuaikan dengan bidang yang dipilih dan jumlahnya meningkat secara bertahap. Pada tahun pertama siswa akan mendapatkan 700 euro per bulannya dan di tahun kedua naik menjadi 770 euro sedangkan tahun ketiga menjadi 840 euro. Jumlah yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mendapatkan Asrama

3. Mendapatkan Asrama 3. Mendapatkan Asrama

Tempat tinggal tidak perlu menjadi hal yang memusingkan. Siapa saja yang berhasil mengikuti program ini akan mendapatkan tempat tinggal secara gratis di dalam asrama. Kamu akan tinggal bersama 2 hingga 3 orang lainnya, otomatis kamu mendapatkan kenalan baru.

Fasilitas yang diberikan di asrama cukup lengkap seperti peralatan memasak, mesin cuci dan juga dapur umum. Semua kebutuhan tempat tinggal telah tercukupi, jadi kamu hanya membutuhkan uang untuk konsumsi dan transport bila mengikuti program.

Bisa Langsung Bekerja

4. Bisa Langsung Bekerja 4. Bisa Langsung Bekerja

Selesai mengikuti program Ausbildung kamu bisa langsung bekerja karena sudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang dipelajari. Setidaknya setelah lulus kamu akan mendapatkan minimal gaji 1.800 euro. Tidak sedikit juga siswa lulusan program ini yang langsung direkrut oleh perusahaan yang sama.

Melanjutkan Pendidikan

5. Melanjutkan Pendidikan 5. Melanjutkan Pendidikan

Bagi kamu yang masih ingin melanjutkan pendidikan jangan takut, karena Ausbildung bukan hanya dibuka untuk langsung bekerja. Kamu masih bisa melanjutkan ke sekolah vokasi untuk meraih gelar yang lebih tinggi. Mulai dari gelar sarjana profesional dan keahlian. Setelah itu masih bisa lagi melanjutkan ke jenjang master profesional dan Berufs Master. Menarik bukan program ausbildung ini?

Syarat-Syarat Ausbildung
Yang Harus Dipenuhi

Tertarik mengikuti program ini setelah mengenali penjelasannya? Proses pendaftaran orang Indonesia untuk mengikuti Ausbildung Jerman tidaklah sulit. Siapa saja bisa mendaftar setelah sesuai dengan syarat-syarat yang berlaku. Apa saja persyaratannya? Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan.

Pendidikan yang Dimiliki

1. Pendidikan Yang Dimiliki

Bagi kamu yang ingin mendaftar sebelumnya harus menyelesaikan pendidikan minimal SMA sederajat, misalnya saja SMK atau MAN. Jika kamu belum tamat SMA bisa mempersiapkan diri dan bisa langsung mendaftar setelah lulus.

Selain SMA, pendidikan terakhir seperti diploma dan sarjana juga bisa mendaftar. Tentu saja jika dibandingkan lulusan SMA, peluang diterima akan lebih tinggi. Lulusan diploma atau sarjana biasanya memiliki kesiapan mental yang lebih tinggi. Tapi bagi kamu yang lulusan SMA jangan berkecil hati karena juga masih bisa mendaftar.

Usia

2. Usia

Ada dua kategori usia yang bisa mendaftar. Pertama adalah usia 18 hingga 25 tahun bisa mendaftar tanpa harus menyertakan surat keterangan pengalaman kerja. Jadi hanya ijazah dan transkrip nilai saja bisa menjadi modal.

Namun bagi kamu yang sudah berusia 25 tahun dan maksimal 35 tahun wajib menyertakan surat pengalaman kerja sebelumnya. Pengalaman kerja ini sebaiknya sesuai dengan bidang Ausbildung yang diambil karena menandakan bahwa kamu serius untuk menekuni bidang tersebut. Selain itu kamu juga sudah memiliki bekal untuk mempelajari lebih dalam.

Kemampuan Bahasa Jerman

3. Kemampuan Bahasa Jerman

Syarat yang satu ini sangat penting dan wajib. Selama di Jerman kamu akan belajar menggunakan bahasa Jerman, maka kemampuan berbahasa sangat diutamakan. Pada saat interview penerimaan, kamu juga akan melakukan percakapan dengan bahasa Jerman.

Tingkatan bahasa yang dibutuhkan bukan sekedar level dasar saja. Setidaknya level berbahasa yang dimiliki adalah B1. Sertifikat bahasa Jerman dari Goethe Institut juga harus ditunjukan sebagai bukti yang sangat pentin. Sertifikat ini nantinya juga digunakan untuk pembuatan visa Jerman.

Nilai

4. Nilai

Ada dua jenis nilai yang akan menjadi bahan pertimbangan. Nilai pertama adalah secara akademik yaitu ijazah SMA dan diploma hingga sarjana. Nilai-nilai yang dibutuhkan akan berhubungan dengan bidang yang akan kamu ambil. Jadi sebaiknya bagi kamu yang saat ini masuk duduk di bangku SMA, pilih bidang yang ingin ditekuni dan tingkatkan nilai di mata pelajaran yang berkaitan.

Memahami Minat dan Motivasi Tinggi

5. Melanjutkan Pendidikan

Sebelum melamar, kamu harus mengetahui dengan jelas bidang apakah yang ingin dipelajari di Ausbildung Jerman. Begitu banyak bidang kamu harus memilih salah satu diantaranya yang akan ditekuni selama hidup. Minat ini akan terlihat jelas dan mampu memberikan motivasi yang besar nantinya. Ingatlah bahwa selama 3 tahun kamu akan belajar di negeri orang. Bisa dibilang menjadi hal yang tidak mudah, maka minat yang jelas dan motivasi yang tinggi harus dimiliki. Sehingga ketika melamar, pihak perusahaan bisa melihat keseriusan kamu.

Bidang Bidang Ausbildung Jerman

Lalu, apa sajakah bidang Ausbildung Jerman yang banyak dipilih bisa menjadi pilihanmu? Berikut ini daftarnya.

1

Tenaga Ahli Mekatronik

Bidang ini mempelajari tentang pengukuran sudut dan tegangan rangkaian listrik, Semua hasil ukuran akan dibandingkan dengan data sebelumnya. Mempelajari juga cara memperbaiki mesin dan servisnya, bongkar pasang mesin, pemrograman sistem yang rumit. Ada banyak industri yang membutuhkan SDM ini seperti pabrik, konstruksi kendaraan hingga teknologi komunikasi.
2

Perawat

Satu hal yang menarik dari bidang ini adalah gaji yang sangat tinggi yaitu untuk siswa Ausbildung bisa mendapatkan 1140 euro. Semua hal tentang bagian tubuh manusia akan dipelajari. Enaknya pada bidang ini adalah kamu bisa bekerja di rumah sakit langsung untuk memberikan pelayanan kepada anak-anak dan orang tua. Tidak hanya pekerjaan yang berkaitan dengan klinis atau medis saja, tetapi juga tentang administrasi dan organisasi.
3

Koki

Ingin menjadi seorang chef yang handal? Kamu juga bisa mempelajarinya di jurusan Ausbildung Koch. Apa saja yang dipelajari sebagai seorang koki? Mulai dari persiapan varian menu baik untuk umum dan pelanggan khusus.

Tanggung jawab untuk mempersiapkan dan menempatkan bahan serat kebersihan. Mempersiapkan alat masak yang layak hingga menyajikan makanan semenarik mungkin. Tidak perlu takut untuk mempelajari langsung menu yang sulit, karena semua akan dimulai dari menu yang sangat mudah.

4

Ahli Restoran

Pekerjaan ini mungkin terdengar asing, namun ternyata banyak peminatnya. Jurusan ini disebut sebagai Restaurantfachfrau/-mann. Materi yang diberikan sangatlah luas seperti cara mempersiapkan acara, mengambil dan penyajian makanan yang tepat, serta menjelaskan kepada tamu tentang menu sedetail mungkin. Seorang ahli restoran juga akan memberikan rekomendasi menu kepada pelanggan sesuai selera mereka. Segala informasi tentang alergi yang dimiliki tampu juga akan disampaikan kepada koki agar tidak salah memasak.
5

Perhotelan

Jurusan ini pasti sudah tidak asing lagi, karena sudah banyak akademik di Indonesia yang menyediakannya. Program ini disebut sebagai Ausbildung zum Hotelfachmann/-frau. Materi yang diberikan pun kurang lebih sama seperti resepsionis, housekeeping, proses administrasi dan akuntansi perhotelan. Juga ada materi tentang persiapan bahan makanan hingga penyajiannya yang tepat kepada tamu.
Sehingga akhirnya setelah lulus seseorang bisa menjadi manajer hotel yang berstandar internasional.

FAQ Seputar Ausbildung

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Ausbildung.

T : Bagaimana legalitas program Ausbildung?
J : Apabila dilihat dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Jerman maka belum pada. Namun legalitas dari program ini dinaungi langsung oleh pemerintah Jerman. Jadi program ini sah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Untuk melihat kelegalannya bisa langsung masuk ke situs kedutaan Jerman di Indonesia.
T : Siapa saja yang dapat mengikuti program Ausbildung jerman?
J : Semua orang bisa mengikutinya, khususnya mereka yang memiliki mimpi untuk meninggalkan Indonesia demi jenjang karir yang lebih baik. Jika kamu memiliki mimpi untuk bisa masuk ke dalam dunia internasional atau negara maju maka program ini sangat tepat.
T : Bagaimana legalitas program Ausbildung?
J : Apabila dilihat dari kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Jerman maka belum pada. Namun legalitas dari program ini dinaungi langsung oleh pemerintah Jerman. Jadi program ini sah dan bisa diikuti oleh siapa saja. Untuk melihat kelegalannya bisa langsung masuk ke situs kedutaan Jerman di Indonesia.
T : Siapa saja yang dapat mengikuti program Ausbildung jerman?
J : Semua orang bisa mengikutinya, khususnya mereka yang memiliki mimpi untuk meninggalkan Indonesia demi jenjang karir yang lebih baik. Jika kamu memiliki mimpi untuk bisa masuk ke dalam dunia internasional atau negara maju maka program ini sangat tepat.
T : Saya tidak pandai berbahasa Jerman, apakah bisa mengikuti Ausbildung?
J : Apabila kamu belum pandai masih banyak waktu untuk belajar. Bahkan hanya dalam 4 bulan di tempat kursus kami, kamu bisa berbahasa Jerman lebih lancar. Semua materi dari dasar hingga mahir sesuai dengan jurusan yang dituju di Ausbildung akan diajarkan.
Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana
×