4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya

By 01/02/2019 November 25th, 2019 Jerman
aupair jerman

Aupair Jerman Belajar bahasa Jerman dengan cepat selama masa studi seringkali terhambat, tuntutan untuk cepat dalam memahami materi yang disampaikan membuat kelancaran berbahasa Jerman seringkali tersendat. Menjadi aupair adalah salah satu solusi yang sering dimanfaatkan oleh pelajar dari Indonesia.

Apa itu aupair? Au pair arti secara harafiah adalah ‘sama dengan’, pemahamannya adalah mengindikasikan hubungan yang sama. Di Jerman hubungan yang dibangun adalah sama dengan keluarga walaupun hanya bersifat sementara. Dibandingkan pembantu rumah tangga, tugas aupair lebih ringan dan juga membantu melancarkan bahasa Jerman dengan cepat.

Status atau tipe pekerjaan ini mulai ada sejak tahun 1840 dan menjadi indikasi yang aman antara pekerja dan yang mempekerjakan. Pekerjaan ini di Eropa telah dimulai setelah Perang Dunia II. Sebelum perang berlangsung banyak pembantu rumah tangga yang dipekerjakan untuk kaum bangsawan dalam mengurus urusan anak dan rumah tangga.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis Sebagai Aupair Adalah Cara Tercepat
Namun karena meningkatnya pajak dan sosial membuat pembantu rumah tangga sulit di akses khususnya untuk keluarga menengah. Dalam waktu yang bersamaan setelah perang berakhir banyak gadis yang membutuhkan pekerjaan dan ingin menguasai bahasa asing dengan baik. Maka dimulailah pekerjaan sebagai aupair.

Kini pekerjaan ini tidak hanya untuk kaum uni Eropa saja namun seluruh dunia. Warga Asia menjadi masyarakat dalam jumlah banyak yang berminat sebagai aupair. Sesuai perkembangan zaman au pair Indonesia kini tidak hanya wanita namun ada juga yang pria. Aupair Indonesia yang merupakan wanita di Jerman disebut dengan Au Pair Mädche, sedangkan jika pria disebut dengan Au Pair Junge.

Seperti Apakah Jenis Pekerjaan Aupair?

Jenis pekerjaan yang dilakukan aupair juga berbeda dengan pembantu rumah tangga. Sebagian besar tanggung jawab adalah mengurus anak seperti membangunkan anak setiap pagi, memandikan dan mempersiapkan untuk sekolah. Membantu membuat sarapan, makan siang dan antar jemput anak sekolah.

Aupair juga bertugas untuk membantu anak untuk mengerjakan tugas sekolah dan beberapa pekerjaan bersih-bersih rumah yang ringan. Jadi kegiatan sehari-hari aupair 80% adalah untuk mengurus anak sedangkan 20% pekerjaan bersih-bersih rumah yang ringan.

Baca Juga:  Program Ausbildung di Jerman Yang Cocok untuk Kamu
Keluarga yang membutuhkan aupair juga harus membuat au pair mereka nyaman di tempat tinggal yang baru. Pada minggu pertama biasanya au pair baru akan merasa asing dan tidak nyaman. Inilah tugas keluarga untuk memperkenalkan pekerjaan dengan sambutan yang hangat.

4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman

aupairApa menariknya program aupair Jerman khususnya bagi mereka yang sedang menempuh studi? Apakah terdapat cukup waktu untuk belajar selama mengurus anak dalam keluarga?

Tentu saja program ini diciptakan bukan semata-mata hanya sebagai pembantu rumah tangga saja. Namun keuntungan juga akan diberikan baik itu waktu dan juga materi. Berikut ini keuntungan menjadi aupair Jerman:

1. Mendapatkan tempat tinggal

Setiap aupair harus mendapatkan tempat tinggal. Bisa di lingkungan dalam rumah. Jadi biaya untuk sewa rumah sudah tidak terpikirkan lagi.

2. Kontrak satu tahun

Setiap aupair akan mendapatkan kontrak selama 12 bulan lamannya. Jadi biaya tempat tinggal juga sudah terjamin selama satu tahun.

3. Mendapatkan uang saku

Pemerintah Jerman membuat peraturan bahwa setiap keluarga yang membutuhkan au pair harus memberikan uang saku per bulannya sebesar 260 atau lebih. Selain uang saku asuransi perbulannya juga sudah ditanggung.

4. Jam kerja

Jam kerja yang diberlakukan sama seperti jam kerja part time. Au pair harus bekerja senin sampai jumat selama 30 jam per minggunya. Apabila keluarga membutuhkan jam tambahan di hari minggu maka au pair harus diberikan libur hari senin berikutnya. Sisanya dapat digunakan untuk belajar.

aupairworld

Syarat-Syarat Mendaftar di Aupairworld

Program Au pair tidak hanya digunakan di JermProgram Au pair tidak hanya digunakan di Jerman saja, namun di seluruh dunia seperti negara Australia, China, New Zealand, Turki, Belgia, Austria, Amerika, Perancis dan Finlandia. Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing namun keuntungan dan syarat untuk mendaftar kurang lebih sama.

Baca Juga:  Biaya Hidup di Jerman Dalam Euro dan 2 Hal yang Perlu Diperhatikan

Di mana agen aupair Indonesia? Bila berminat mendaftarkan diri menjadi aupair cukup daftarkan diri di Aupairworld yang merupakan website penyedia informasi mengenai aupair di seluruh dunia. Cukup tentukan mana negara yang ingin kamu datangi dan penuhi syarat-syaratnya.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi yakni sebagai berikut ini:

1. Berumur minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.

2. Tidak memiliki anak, namun berpengalaman mengurus anak

3. Memiliki kesehatan yang baik rohani dan jasmani

4. Tidak memiliki catatan kriminal

5. Apabila negara yang dituju adalah Jerman maka harus memiliki sertifikat penguasaan bahasa Jerman dasar

6. Memiliki surat izin mengemudi atau bersedia mengikuti tes mengemudi

7. Mau mengikuti kontrak selama satu tahun yang telah disediakan

Apabila memenuhi semua syarat yang diajukan oleh agen au pair di Jakarta ini maka cukup menunggu informasi selanjutnya. Setelah apply maka informasi yang kamu miliki akan disampaikan kepada kelurga pencari au pair. Tinggal menunggu keberuntungan apakah kamu akan menjadi yang terpilih dengan cepat.

virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×