4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman dan Syarat Mendaftarnya

By 01/02/2019 March 16th, 2020 Jerman
aupair jerman

Aupair Jerman Belajar bahasa Jerman dengan cepat selama masa studi seringkali terhambat, tuntutan untuk cepat dalam memahami materi yang disampaikan membuat kelancaran berbahasa Jerman seringkali tersendat. Menjadi aupair adalah salah satu solusi yang sering dimanfaatkan oleh pelajar dari Indonesia.

Apa itu aupair? Au pair arti secara harafiah adalah ‘sama dengan’, pemahamannya adalah mengindikasikan hubungan yang sama. Di Jerman hubungan yang dibangun adalah sama dengan keluarga walaupun hanya bersifat sementara. Dibandingkan pembantu rumah tangga, tugas aupair lebih ringan dan juga membantu melancarkan bahasa Jerman dengan cepat.

Status atau tipe pekerjaan ini mulai ada sejak tahun 1840 dan menjadi indikasi yang aman antara pekerja dan yang mempekerjakan. Pekerjaan ini di Eropa telah dimulai setelah Perang Dunia II. Sebelum perang berlangsung banyak pembantu rumah tangga yang dipekerjakan untuk kaum bangsawan dalam mengurus urusan anak dan rumah tangga.

Baca Juga:  Belajar Bahasa Perancis Sebagai Aupair Adalah Cara Tercepat
Namun karena meningkatnya pajak dan sosial membuat pembantu rumah tangga sulit di akses khususnya untuk keluarga menengah. Dalam waktu yang bersamaan setelah perang berakhir banyak gadis yang membutuhkan pekerjaan dan ingin menguasai bahasa asing dengan baik. Maka dimulailah pekerjaan sebagai aupair.

Kini pekerjaan ini tidak hanya untuk kaum uni Eropa saja namun seluruh dunia. Warga Asia menjadi masyarakat dalam jumlah banyak yang berminat sebagai aupair. Sesuai perkembangan zaman au pair Indonesia kini tidak hanya wanita namun ada juga yang pria. Aupair Indonesia yang merupakan wanita di Jerman disebut dengan Au Pair Mädche, sedangkan jika pria disebut dengan Au Pair Junge.

Seperti Apakah Jenis Pekerjaan Aupair?

Jenis pekerjaan yang dilakukan aupair juga berbeda dengan pembantu rumah tangga. Sebagian besar tanggung jawab adalah mengurus anak seperti membangunkan anak setiap pagi, memandikan dan mempersiapkan untuk sekolah. Membantu membuat sarapan, makan siang dan antar jemput anak sekolah.

Aupair juga bertugas untuk membantu anak untuk mengerjakan tugas sekolah dan beberapa pekerjaan bersih-bersih rumah yang ringan. Jadi kegiatan sehari-hari aupair 80% adalah untuk mengurus anak sedangkan 20% pekerjaan bersih-bersih rumah yang ringan.

Baca Juga:  Seputar Ausbildung Jerman Lengkap, Pengertian hingga FAQ
Keluarga yang membutuhkan aupair juga harus membuat au pair mereka nyaman di tempat tinggal yang baru. Pada minggu pertama biasanya au pair baru akan merasa asing dan tidak nyaman. Inilah tugas keluarga untuk memperkenalkan pekerjaan dengan sambutan yang hangat.

4 Keuntungan Mengikuti Aupair Jerman

aupairApa menariknya program aupair Jerman khususnya bagi mereka yang sedang menempuh studi? Apakah terdapat cukup waktu untuk belajar selama mengurus anak dalam keluarga?

Tentu saja program ini diciptakan bukan semata-mata hanya sebagai pembantu rumah tangga saja. Namun keuntungan juga akan diberikan baik itu waktu dan juga materi. Berikut ini keuntungan menjadi aupair Jerman:

1. Mendapatkan tempat tinggal

Setiap aupair harus mendapatkan tempat tinggal. Bisa di lingkungan dalam rumah. Jadi biaya untuk sewa rumah sudah tidak terpikirkan lagi.

2. Kontrak satu tahun

Setiap aupair akan mendapatkan kontrak selama 12 bulan lamannya. Jadi biaya tempat tinggal juga sudah terjamin selama satu tahun.

3. Mendapatkan uang saku

Pemerintah Jerman membuat peraturan bahwa setiap keluarga yang membutuhkan au pair harus memberikan uang saku per bulannya sebesar 260 atau lebih. Selain uang saku asuransi perbulannya juga sudah ditanggung.

4. Jam kerja

Jam kerja yang diberlakukan sama seperti jam kerja part time. Au pair harus bekerja senin sampai jumat selama 30 jam per minggunya. Apabila keluarga membutuhkan jam tambahan di hari minggu maka au pair harus diberikan libur hari senin berikutnya. Sisanya dapat digunakan untuk belajar.

aupairworld

Syarat-Syarat Mendaftar di Aupairworld

Program Au pair tidak hanya digunakan di JermProgram Au pair tidak hanya digunakan di Jerman saja, namun di seluruh dunia seperti negara Australia, China, New Zealand, Turki, Belgia, Austria, Amerika, Perancis dan Finlandia. Setiap negara memiliki kebijakan masing-masing namun keuntungan dan syarat untuk mendaftar kurang lebih sama.

Baca Juga:  Biaya Hidup di Jerman Dalam Euro dan 2 Hal yang Perlu Diperhatikan

Di mana agen aupair Indonesia? Bila berminat mendaftarkan diri menjadi aupair cukup daftarkan diri di Aupairworld yang merupakan website penyedia informasi mengenai aupair di seluruh dunia. Cukup tentukan mana negara yang ingin kamu datangi dan penuhi syarat-syaratnya.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi yakni sebagai berikut ini:

1. Berumur minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun.

2. Tidak memiliki anak, namun berpengalaman mengurus anak

3. Memiliki kesehatan yang baik rohani dan jasmani

4. Tidak memiliki catatan kriminal

5. Apabila negara yang dituju adalah Jerman maka harus memiliki sertifikat penguasaan bahasa Jerman dasar

6. Memiliki surat izin mengemudi atau bersedia mengikuti tes mengemudi

7. Mau mengikuti kontrak selama satu tahun yang telah disediakan

Apabila memenuhi semua syarat yang diajukan oleh agen au pair di Jakarta ini maka cukup menunggu informasi selanjutnya. Setelah apply maka informasi yang kamu miliki akan disampaikan kepada kelurga pencari au pair. Tinggal menunggu keberuntungan apakah kamu akan menjadi yang terpilih dengan cepat.

Pertukaran Budaya Melalui Program Aupair

WHAT IS AUPAIR?

Sebuah program pertukaran budaya yang memberikan kesempatan kepada muda-mudi dari seluruh negara untuk dapat tinggal sementara dalam kurun waktu tertentu dan belajar kebudayaan dari negara tujuan mereka serta dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing. Aupair sendiri merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti “sama dengan”. Makna dari kata “sama dengan” adalah seorang Aupair dan keluarga angkat memiliki kedudukan yang sama atau dengan kata lain Aupair akan dianggap dan diperlakukan sama seperti anggota keluarga lainnya. Disini mereka akan tinggal bersama dengan keluarga angkat dalam satu rumah atau bisa juga tinggal di tempat terpisah seperti apartemen asalkan tempat tersebut milik keluarga angkat. Mereka tinggal tanpa harus membayar sejumlah uang karena keluarga angkat diharuskan untuk memberikan akomodasi, makanan sehari-hari dan tentu saja uang saku. Durasi tinggal dalam menjalani program ini akan disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak, biasanya 6-12 bulan.

Learn More

WHO IS AUPAIR?

                Mereka yang berusia 18-26 tahun (tergantung kebijakan negara tujuan) baik laki-laki atau perempuan yang belum menikah dan belum mempunyai anak. Tujuan utama diadakannya program ini adalah untuk belajar kebudayaan dan bahasa dari negara tempat mereka tinggal, namun mereka juga memiliki tanggung jawab lain sebagai timbal baliknya yaitu menolong orang tua angkat untuk menjaga dan mengasuh anak mereka serta mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan.

Perlu ditekankan bahwa Aupair bukan lah Nanny. Meskipun pekerjaan yang dilakukan hampir sama dengan pekerjaan seorang Nanny, tetapi keduanya berbeda. Lain halnya dengan Nanny, seorang Aupair memiliki kedudukan yang sama dalam suatu keluarga. Nanny merupakan pekerja profesional yang dibayar seperti pekerjaan lainnya. Mereka juga bekerja secara penuh waktu, sedangkan Aupair hanya diperbolehkan bekerja 20-30 jam per minggu (tergantung regulasi negara masing-masing).

Learn More

WHAT IS THE DUTIES OF AUPAIR?

                Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengasuh anak dari orang tua angkat mereka atau yang bisa disebut sebagai “adik asuh/angkat” (karena mereka akan berperan seperti seorang kakak). Namun, tidak hanya menjaga dan mengasuh belaka, mereka juga harus ikut aktif bersama adik asuh seperti mengajak mereka bermain, melakukan hal-hal yang kreatif, membuat mereka merasa senang dan nyaman, serta banyak hal lainnya. Selain itu, mereka juga menolong orang tua angkat dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga ringan seperti membantu membereskan kamar adik asuh, menyiapkan keperluan sekolah mereka, membuatkan adik asuh sarapan; bekal makan siang; camilan, merapikan  meja makan, dan mencuci peralatan makan. Perannya sendiri, sama seperti kita di rumah dengan peran sebagai kakak.

Learn More

BENEFITS OF JOIN AUPAIR PROGRAM

                Program ini akan membuat seseorang menjadi sosok yang mandiri karena seorang Aupair akan tinggal jauh dari keluarga dan hidup bersama dengan orang asing yang sama sekali belum dikenal. Secara otomatis kemandirian tersebut akan tumbuh karena tuntutan untuk melakukan segalanya seorang diri. Hal lainnya yakni, membuka wawasan dan pemikiran karena mereka akan berada di sebuah negara baru yang memiliki kebudayaan serta kehidupan yang sangat berbeda dari negara asal mereka. Selanjutnya, dengan mengikuti program ini, berarti seseorang sudah berjalan satu langkah lebih maju dan berani bertindak untuk keluar dari zona nyamannya. Semua hal tersebut adalah pengalaman berharga yang tidak semua orang bisa mendapatkannya dan melakukannya.

Learn More

Selama program

Cobalah untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga ( baik dalam hal sekecilapapun ), tanyakan jika memang masihada hal yang kurang jelas untuk menghindari salah paham, Belajarlah bahasa dan budaya setempat Ikutilah kursus bahasa Jerman sesuai level dan kebutuhan Kerjakan tugas-tugas kalian dirumah dengan baik Jangan lupa ambil cuti dan berlibur selama menjadi Aupair. Kunjungilah berbagai tempat di Jerman atau negara eropa lainnya Terbukalah dengan budaya asing ( baik budaya Jerman maupun budaya asing lainnya ) tanpa meninggalkan budaya sendiri
Rencanakan apa yang akan kalian lakukan
sesudah Aupair, kemudian carilah
informasi tentang rencana tersebut

Tahapan Mengikuti Program Aupair di Jerman

Aupair

Sebuah program komunikasi
internasional, yang memberikan
kesempatan bagi para pemuda untuk
memperdalam kemampuan bahasa asing
dan mengenal budaya asing di luar
negeri.
Aupair akan tinggal di sebuah keluarga
pengundang ( salah satu orang tua harus
warga negara asli )
Program ini berlangsung 1 tahun untuk 1
negara

Learn More

Kewajiban Aupair

              Mengurus anak-anak dari keluarga
pengundang dan bertanggung jawab atas
anak-anak selama orang tua tidak ada.
Membantu menyelesaikan pekerjaan
rumah tangga sesuai kesepakatan antara
dua belah pihak

Learn More

Langkah-langkah yang harus dilakukan

  1. Membuat akun & profil di Website Au-Pair
    https://www.aupairworld.com/de atau https://www.newaupair.com/
  2. Mencari calon keluarga yang sesuai dengan kriteria
  3. Kirim aplikasi melalui sistem pesan di Website Au-Pair
  4. Sesudah mendapat jawaban dari calon keluarga, maka kontak
    dilanjutkan melalui email, skype, whatsapp dll.
  5. Setelah mendapatkan keluarga, persiapkan berkas untuk apply
    Visa di Kedubes Jerman
  6. Buatlah janji dengan kedutaan ( lihat website kedutaan Jerman di Jakarta )
    Datang sendiri ke kedutaan ( persiapkan diri kalian juga untuk wawancara )
    Pertanyaan yang mungkin diajukan: Informasi tentang keluarga, motivasi ke Jerman,
    rencana sesudah Aupair dll )
    Menunggu visa hingga kedutaan menelpon atau mengirimkan email
    Mengambil visa di kedutaan Jerman Jakarta ( tidak diwakilkan )
    Memesan tiket pesawat ke Jerman
    Berangkat ke Jerman dan memulai petualangan sebagai Aupair
virtu education jakarta

Virtu Education melayani pendaftaran program Ausbildung, Aupair, Bekerja dan Kuliah S1, S2, S3 di Jerman, Prancis, Norwegia, dan negara Eropa lainnya..

Daftar Layanan Konsultasi Gratis

Yohana

Author Yohana

Alumni lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Jerman, aktif dan turut serta dalam menggalakkan pendidikan yang baik dan berkualitas.

More posts by Yohana

Leave a Reply

×