Apa Itu Ausbildung? Keuntungan, Syaratnya dan Jurusannya

By 25/10/2020 November 11th, 2021 Jerman
apa itu ausbildung

Apa itu Ausbildung – Banyak yang masih bertanya-tanya bagaimana cara bisa ke Jerman tanpa perlu biaya banyak? Jawabannya adalah banyak sekali cara yang bisa ditempuh.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Pertama kamu bisa belajar dan berkompetisi untuk mendapatkan beasiswa penuh dan melanjutkan kuliah di Jerman secara gratis.

Kedua kamu bisa mengikuti program kerja di Jerman, nah selama tinggal di sana kamu bisa belajar nih kebudayaan-kebudayaan masyarakat negara itu. Ada dua program yang bisa kamu ikuti yaitu Aupair Jerman dan juga FSJ Jerman.

Lalu bagaimana jika kamu ingin tinggal di Jerman untuk belajar dan bekerja? Ada program yang bisa dipilih yaitu apa itu Ausbildung Jerman.

Program ini bisa diikuti oleh masyarakat dimana saja, termasuk salah satunya Indonesia. Pemerintah Jerman menyelenggarakan program ini dan yang menjalankannya adalah perusahaan-perusahaan di sana.

Apa Itu Ausbildung Jerman? dan Apa Keuntungannya?

keuntungan ausbildung

Jadi intinya adalah kamu akan melamar ke perusahaan yang sudah terdaftar dalam program Ausbildung. Jika diterima kamu akan berangkat ke Jerman, mengikuti kelas teori dan bekerja layaknya karyawan magang. jadi, kamu akan digaji juga.

Menarik kan untuk diikuti? Pastinya gak bakalan nyesel jika kamu diterima. Oiya program ini dijalankan selama tiga tahun. Setelah lulus ada banyak keuntungannya juga bagi kamu baik dari segi akademik maupun pekerjaan. Penasaran apa itu Ausbildung lebih lengkap lagi? Simak disini.

Apa itu aubildung adalah pelatihan keahlian atau profesi dan ketika memilih program untuk pergi ke Jerman, pasti hal yang harus dilihat pertama kali adalah keuntungan apa saja yang akan diterima. Baik itu selama kehidupan di sana atau setelah lulus.

Semua keuntungan ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan kembali apakah kamu sudah siap untuk mengikutinya. Yuk langsung aja berikut ini semua keuntungan yang akan kamu dapatkan selama mengikuti program Ausbildung Jerman.

1. Tidak ada pungutan biaya apapun

Jika ada iming-iming pergi ke Jerman melalui agen dimana kamu harus membayar sejumlah uang maka segera hentikan. Ausbildung adalah program gratis yang bisa diikuti siapapun asalkan memenuhi syaratnya.

Tak ada biaya satupun yang dibutuhkan ketika kamu melamar dan berangkat ke Jerman. Bahkan semua biaya tiket pesawat pulang pergi Jerman-Indonesia akan dipotong melalui gaji selama kamu bekerja. Jadi gak ada biaya sama sekali yang harus kamu keluarkan di awal.

2. Gaji bulanan

Namanya aja anak magang kerja di Jerman, kamu akan mendapatkan gaji bulanan. Jumlah gaji ini tergantung dengan profesi apa yang ditekuni.

Selama ini gaji yang paling tinggi masih dipegang oleh jurusan keperawatan. Karena materi yang diberikan pun lebih sulit, jadi gak heran kalau gajinya pun lebih tinggi.

Gaji yang diberikan pun nantinya akan bertambah setiap tahunnya. Kenaikan ini jumlahnya 10% sesuai dengan standar.

Rata-rata gaji awal adalah 375 euro untuk saat ini dan di tahun kedua akan naik lagi. Semua gaji yang diterima adalah gaji bersih yang sudah dipotong akomodasi serta tiket pesawat.

3. Akomodasi dan Konsumsi

Ini nih yang biasanya paling menguras biaya, tapi kamu tak perlu bingung mencari apartemen yang harganya mahal. Perusahaan sudah menyiapkan tempat tinggal sekaligus konsumsi sehari-hari yang dipotong dari gaji bulanan.

Selama di Jerman kamu akan tinggal di asrama, satu kamar biasanya diisi oleh dua orang. Kamu akan memiliki roommate yang bisa menjadi teman baru.

Untuk masalah transportasi sehari-hari antara asrama dengan sekolah dan kantor juga sudah ditanggung oleh perusahaan. Asyik kan?

4. Asuransi

Jerman adalah negara yang sangat ketat untuk urusan asuransi. Biasanya ada dua jenis asuransi yang wajib dimiliki yaitu asuransi perjalanan dan juga kesehatan. Asuransi perjalanan bisa diurus di Indonesia dan biayanya nanti akan diganti oleh perusahaan.

Sedangkan untuk asuransi kesehatan, kamu akan mendapatkannya selama tiga tahun di Jerman. Semua sudah diurus jadi kamu akan langsung menerimanya apabila selama tinggal mengalami sakit.

5. Waktu liburan dan cuti

Layaknya karyawan kamu akan menikmati masa libur dalam seminggu yaitu dua hari, Sabtu dan Minggu. Selama liburan kamu bisa berjalan-jalan mengelilingi kota Jerman bahkan ke negara tetangga yang jaraknya hanya beberapa jam saja.

Enaknya lagi jika kamu sudah melewati masa satu tahun, ada waktu cuti selama 24 hari yang bisa digunakan. Kerja sambil sekolah di Jerman lebih enak kan daripada di Indonesia?

6. Pembagian waktu belajar dan bekerja

Karena Ausbildung adalah dual program maka ada pembagian waktu kerja dan juga belajar atau teori. Sebenarnya sih ada pembagian tiga jenis ausbildung yang masing-masing memiliki waktu belajar teori berbeda-beda.

Namun secara umum, Berufschule adalah program yang paling banyak dipilih.

Berufsschule sendiri memiliki jadwal belajar selama dua hari dalam satu minggu. Sedangkan waktu bekerjanya adalah tiga hari. Jadi pelajaran teori akan lebih sedikit daripada praktek kerjanya.

Lebih enak kan, kamu bisa memiliki waktu praktek yang lebih luas sehingga skill bisa lebih cepat meningkat.

Keuntungan Program Ausbildung Jerman setelah Lulus

syarat ausbildung

Nah ini nih bagian yang paling penting dari apa itu Ausbildung, yaitu apa yang bisa dilakukan setelah lulus. Secara, lulusan S1 di Indonesia aja banyak yang nganggur, masa udah capek-capek belajar sambil kerja di Jerman masih aja nganggur.

Tentu aja tidak, karena ada beberapa pilihan berikut ini yang bisa kamu ambil setelah lulus dari program Ausbildung.

1. Melanjutkan kontrak kerja

Banyak yang akhirnya melanjutkan kontrak kerja di perusahaan perekrut. Syaratnya adalah kamu harus mampu menunjukkan kinerja yang baik selama tiga tahun.

Karena perpanjangan kontrak dan diangkat sebagai karyawan maka gaji yang akan didapatkan pun semakin bertambah. So, gak ada lagi kata nganggur.

2. Melanjutkan kuliah

Lulus dari Ausbildung kamu masih bisa tetap melanjutkan kuliah kok. Jika kamu ingin menekuni bidang yang disukai maka pilihan untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi pun terbuka lebar.

Banyak universitas di Jerman yang menerima lulusan Ausbildung, bahkan kesempatan diterimanya lebih tinggi. Kamu gak perlu lagi mengikuti Studienkolleg seperti lulusan SMA yang lainnya.

3. Melamar kerja di negara lain

Tak ingin lanjut kerja di Jerman dan ingin kerja di negara lainnya? Bisa aja. Setelah lulus kamu akan mendapatkan sertifikat Ausbildung. Sertifikat ini bisa digunakan untuk melamar kerja di negara lainnya.

Kesempatan diterima pun sangat tinggi, karena lulusan Ausbildung mendapatkan dua gelar yaitu gelar keahlian dan sarjana profesional.

Gak nyesel dong setelah capek-capek belajar dan kuliah selama tiga tahun karena kamu bisa melanjutkan impian untuk bekerja dengan gaji tinggi atau melanjutkan studi. Ausbildung menjadi program yang membuatmu berkenalan dengan lebih banyak orang dan kebudayaan yang beragam.

Syarat Syarat Ausbildung Jerman yang Harus Dipenuhi

ausbildung jerman

Udah gak sabar untuk mendaftar setelah kenal apa itu Ausbildung? Eitss jangan buru-buru, karena ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebelumnya.

Semua syarat ini akan menjadi tolak ukur kemampuanmu oleh perusahaan perekrut. Penuhi semua persyaratan ini dan kamu bisa menuju ke Jerman dengan gratis.

1. Kemampuan berbahasa Jerman

Syarat yang pertama ini adalah wajib yaitu menguasai bahasa Inggris. Ada beberapa tingkatan kemampuan, khusus Ausbildung minimal kemampuan bahasa adalah level B1.

Mengapa bukan bahasa Inggris? Karena bahasa pengantar yang digunakan selama program adalah bahasa Jerman. Kemampuan ini harus dibuktikan oleh sertifikat dari Goethe Institut jadi ada tes yang harus diikuti.

Tidak perlu khawatir untuk belajar bahasa Jerman, karena untuk meraih level B1 masih banyak waktu yang bisa kamu tempuh.

Rata-rata kursus bahasa Jerman hingga level ini adalah 6 bulan dan paling lama adalah 9 bulan. Selama waktu belajar kamu juga bisa mempersiapkan persyaratan yang lainnya.

2. Pendidikan dan Usia

Berapa minimal usia bisa mendaftar Ausbildung? Kamu yang berumur 18 tahun sudah bisa mendaftar dan maksimal usianya adalah 35 tahun.

Gak perlu minder walaupun kamu baru saja lulus SMA dan belum memiliki pengalaman kerja apapun untuk mendaftar. Karena selama disana kamu nanti akan dilatih.

Syarat khusus tanpa pengalaman kerja bisa diikuti oleh kamu yang berumur 18 hingga 25 tahun. Jika diatas umur tersebut harus menyertakan surat pengalaman kerja dan sebaiknya berhubungan dengan jurusan yang ingin dipilih.

3. Syarat akademik

Walaupun kamu adalah lulusan SMA bukan berarti bisa mendaftar jurusan Ausbildung apa saja. Ada beberapa pilihan yang tepat sesuai dengan hasil nilai yang didapatkan setelah kelulusan.

Kamu perlu berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman mengikuti program ini. Bisa juga berkonsultasi dengan Virtu karena disini kami berperan menjadi penyalur yang berbeda dari agen lainnya.

Namun bagi kamu yang lulusan Diploma atau Sarjana tidak ada minimal nilai yang harus dimiliki sebelum mendaftar. Kamu bahkan bisa mendaftar ke jurusan yang sama sekali berbeda dengan bidang ilmu yang dipelajari sebelumnya.

Beberapa syarat harus dikumpulkan dalam bentuk dokumen, misalnya saja sertifikat bahasa Jerman level B1, ijazah sekaligus transkrip nilai yang sudah diterjemahkan ke bahasa Jerman. Ditambah lagi surat rekomendasi dari perusahaan jika kamu sebelumnya sudah pernah bekerja.

Daftar Jurusan Ausbildung Jerman

jurusan ausbildung

Sambil belajar bahasa Jerman sebagai syarat utamanya, kamu juga bisa nih mempertimbangkan jurusan apa yang ingin dipilih. Kamu juga bisa mencocokannya dengan minat, bakat serta nilai yang dimiliki setelah lulus SMA. Ada banyak bidang yang bisa kamu pilih.

Penasaran kan apa aja pilihan jurusan yang akan membuka gerbang karirmu di masa depan? Ini dia pilihannya:

1. Koch Ausbildung

Ausbildung Koch ini akan mendidik semua peserta menjadi seorang koki profesional dengan standar internasional. Pada tahun pertama kamu akan belajar tentang dapur persiapan makananan, SOP kerja di dapur.

Di tahun kedua dan ketiga kamu akan belajar bagaimana membuat hidangan kelas lokal dan internasional. Berbagai bahan pun digunakan dari buah hingga daging.

Selama program ini gaji yang didapatkan adalah sekitar 800 hingga 900 euro. Setelah lulus kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan yang berhubungan dengan F&B.

Baik itu menjadi koki di restoran, hotel bahkan menjadi pebisnis kuliner di Indonesia.

Apabila kamu ingin meneruskan skill, ada beberapa pendidikan yang bisa ditempuh.

Seperti Küchenmeister yaitu seorang koki profesional, ada juga Lebensmitteltechnik yaitu profesional dalam pengembangan makananan. Kamu bahkan bisa menjadi pemilik restoran dengan mengikuti pendidikan Selbstständigkeit.

2. Pfle­ge­fach­mann Aus­bil­dung

Jurusan ini adalah perawat, seperti yang telah dikatakan bahwa kamu akan mendapatkan gaji yang lebih besar. Rata-rata gaji yang didapatkan adalah 1040 hingga 1140 euro. Gaji besar sama dengan tanggung jawab yang diemban karena berhubungan dengan perawatan medis serta klinis.

Selama program kamu akan belajar tentang administrasi dalam sebuah klinik hingga rumah sakit. Semua bagian tubuh manusia yang berhubungan dengan penyakit serta pengobatannya.

Karena tanggung jawabnya yang besar maka perlu motivasi besar sebelum kamu memilih jurusan ini. Jika yakin, di masa depan setelah lulus kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik, panti jompo, atau fasilitas perawat lainnya.

Jika ingin melanjutkan pendidikan maka ada beberapa spesialisasi yang bisa dipilih. Misalnya Face Krankenpfleger für Nephrologie yaitu pendidikan untuk menjadi perawat pasien dengan penyakit akut.

Ada juga Fachwirt im Gesundheits- und Sozialwesen yaitu pendidikan spesialis kesehatan serta sosial tetapi lebih pada bidang administrasi dan akuntansi.

3. Ausbildung Mechatroniker

Jurusan Ausbildung Mechatroniker ini mendidik peserta untuk menjadi ahli mekatronika.

Kemampuan yang akan dilatih sangat luas seperti ilmu pengukuran sudut tegangan dalam rangkaian listrik.

Serta membandingkan hasilnya dengan data sebelumnya. Tugas ini sangat dasar dan wajib diketahui lulusan mekatronik.

Belajar di jurusan ini, kamu akan memperdalam soal servis serta bagaimana cara memperbaiki mesin.

Jadi bukan hanya sekedar mengecek saja tetapi mengetahui cara mengoperasikan mesin yang masih bisa berfungsi dengan baik. Disamping itu, lulusan mekatronik juga harus bisa bongkar pasang mesin.

Materi ini sebagai salah satu bagian penting dalam hal servis. Ketika bekerja pada sebuah perusahaan kemampuan ini sangat dibutuhkan.

Semakin pandai dalam memperbaiki mesin maka akan sangat dibutuhkan kemampuannya. Selain perawat, lulusan mekatronika sangat dibutuhkan di Jerman.

Jerman terkenal dengan banyak perusahaan yang bergerak dibidang permesinan. Perusahaan yang membutuhkan peserta di bidang ini adalah otomotif, pabrik, konstruksi hingga teknologi komunikasi.

Jenjang pendidikan yang lebih tinggi dalam bidang ini pun juga tersedia yaitu Techniker – Mechatronik, Industriemeister – Mechatronik dan Studium Maschinenbau.

4. Ausbildung zum Hotelfachmann

Ausbildung zum Hotelfachmann atau Ausbildung perhotelan ini akan melatih peserta untuk menjadi tenaga spesialis di bidang perhotelan.

Gaji yang diterima untuk jurusan ini adalah sekitar 850 hingga 900 euro setara dengan seorang koki.

Tenaga ahli di bidang perhotelan artinya kamu akan bekerja di bidang jasa yang memberikan layanan terbaik.

Beberapa materi yang akan diajarkan dimulai dari dasar yaitu seperti materi tentang dapur seperti menyiapkan makanan dan bahan yang digunakan.

Kemudian belajar bagaimana penyajian makanan dalam sebuah acara hingga hal-hal yang berhubungan dengan kamar hotel.

Semua materi hotel lengkap dipelajari hingga tahun ketiga mencakup pekerjaan seorang resepsionis dan manajemen hotel. Setelah lulus kamu bisa bekerja langsung di hotel atau melanjutkan pendidikan yang lebih spesifik seperti Hotelmeister, Fachwirt im Gastgewerbe dan Studium.

Apakah Jurusan yang Akan Kamu Pilih?

Apabila kamu masih merasa kesulitan untuk memilih jurusan, mempersiapkan semua syarat dan masih bingung tentang Ausbildung bisa menanyakannya kepada Virtu Education.

Disini kamu akan mendapatkan materi lengkap tentang Ausbildung dari persiapan keberangkatan hingga setahun hidup di Jerman.

Virtu Education membuka pendaftaran persiapan Ausbildung Jerman yang meliputi kursus bahasa, tips dan trik mendaftar Ausbildung hingga berhasil sampai kamu nyaman tinggal di Jerman dan untuk informasi lebih lanjut bisa isi form dibawah ini.

Jadi kamu kemungkinan besar akan diterima di jurusan Ausbildung yang diinginkan. Kesempatan untuk pergi ke Jerman secara gratis untuk belajar dan kuliah pun terbuka lebar. Ayo daftar sekarang juga.

×